Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadikan Roti Gandum Sarapan Pilihan


Jadikan Roti Gandum Sarapan Pilihan


Jadikan Roti Gandum Sarapan Pilihan

Sesuai dengan piramid yang dianjurkan kita harus mengkonsumsi kurang lebih 8 sampai 12 hidangan yang terdiri dari roti, nasi, mi dan produk bijirin yang lain. Itu juga tergantung kepada umur seseorang, jenis kelamin dan aktivitas harian setiap orang. Pengambilan sarapan setiap orang berbeda-beda tergantung dimana tempatnya juga.

Contohnya orang yang hidup di desa sarapannya beda dengan orang yang di kota. Seperti saya juga lebih suka sarapan ala makanan desa tapi karena kadang di tempat saya berada ini tidak ada, maka sarapannya yang praktis adalah roti gandum. So saya ingin menuliskan khasiat dan kandungan yang terdapat pada roti gandum seperti di bawah ini :

Khasiat roti gandum

Roti gandum kaya dengan kandungan vitamin B kompleks. Roti gandum yang belum diproses kaya kandungan serat/fiber, zat besi, zink, vitamin E, asam folat dan antioksida. Untuk yang sedang menjalankan diet, kandungan karbohidrat yang terdapat dalam roti gandum efeknya memberi rasa kenyang yang lama. Jadi untuk mendapatkan diet yang seimbang roti gandum sesuai untuk sarapan pilihan.

Rahasia dibalik roti gandum

  • Warna coklat pada kebanyakan roti gandum dihasilkan dari campuran gandum dan tepung putih so bukan sepenuhnya berasal dari biji-bijian. Untuk setiap sajian biasanya roti gandum mengandung 3 gram serat. Jadi bacalah dulu label kandungan pada bungkusan roti yang akan dibeli.
  • Sekarang ini roti gandum bukan hanya roti tawar yang tidak enak, tapi sudah banyak disajikan dengan berbagai macam rasa tambahan. Misalnya dicampur dengan buah-buahan kering, kismis, biji bunga matahari atau dicampur dengan tepung jenis yang lain.
  • Semakin rendah kalori yang ditambahkan pada roti gandum manfaatnya akan semakin baik. Untuk menambah rasa enak, roti gandum bisa diolesi margarin, selai, potongan keju, daging, ikan tuna, telur goreng, madu atau yogurt rendah lemak/low fat.
Dua jenis karbohidrat

● Karbohidrat yang kompleks
Karbohidrat komplek adalah tepung kanji seperti yang ditemukan dalam produk bijian dan sebagian jenis sayur-sayuran seperti ubi, kentang, singkong dan jagung. Karbohidrat komplek diceraikan dengan perlahan pada waktu pencernaan dan memberikan tenaga secara bertahap terhadap tubuh kita.

● Karbohidrat yang ringkas
Karbohidrat yang ringkas bisa kita temukan didalam gula seperti gula pasir, gula merah, madu dan laktosa yang terdapat dalam susu. Gula akan diceraikan secara otomatis pada waktu pencernaan dan akan memberikan tenaga ke dalam tubuh dengan cepat.

4 comments for "Jadikan Roti Gandum Sarapan Pilihan"

  1. hahaha... singgah petang yer

    ReplyDelete
  2. postingan yang bagus tentang jadikan roti gandum sarapan pilihan

    ReplyDelete
  3. Untuk Pencinta Roti Gandum, Kami menawarkan rotigandum dengan berbagai rasa. Ada Coklat, Blueberry, Kelapa, Kacang merah, tuna, ayam dan keju. Tanpa pengawet, tanpa telur dan tanpa terigu. whole wheat bread. Jika berminat silahkan kontak ke 08179969359(rosa)

    ReplyDelete
  4. Makasie ya info nya..
    Jadi g bingung lagi deh .

    ReplyDelete