Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KHASIAT JERUK NIPIS DAN MANFAATNYA


Jeruk nipis nama botaninya adalah  x citrofortunella atau jeruk nipis/limau nipis. Kalau di Malaysia desebut limau kasturi. Bentunya bulat dan kecil dan kalau sudah matang warnanya berubah jadi kekuningan tapi masih saja rasanya asam. Disini aku ingin menulis tentang beberapa  khasiat jeruk nipis dan manfaatnya. Tapi sebelumnya biar aku tuliskan kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis dulu adalah seperti berikut:
linalyl acetate
aldehydes sesquiterpenes
beta-pinene
linalool
tannin
glucoside
cyanogenetic

Tapi sebelum aku menuliskan khasiat jeruk nipis dan manfaatnya aku juga ingin tuliskan kandungannya. Kandungan dalam kurang lebih 100 gram jeruk nipis adalah:
3.27 karbohidrat
0.14% kalsium
0.07% fosforus
0.003% zat besi
173% kalori
87% air
2.81% asid sitrik 
0.86 protein
0.54% abu
2.41% lemak

KHASIAT JERUK NIPIS DAN MANFAATNYA

◆ Untuk makanan
Jeruk nipis bisa digunakan untuk minuman, bisa dicampurkan di teh manis juga. Juga bisa dicampurkan buat makanan misalnya dalam sambal atau masakan yang lain untuk membuat makanan lebih sedap, wangi dan enak.
◆ Untuk rambut
Bisa digunakan juga untuk mencuci rambut dengan cara dipotong dan mengusapkannya pada kulit kepala bisa menghilangkan gatal di kulit kepala, disamping itu juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut.
◆ Untuk kulit
Jeruk nipis bisa untuk menghilangkan sakit setelah digigit serangga karena mampu menghilangkan rasa gatal pada bekas gigitan serangga. Bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat.
◆ Untuk menghilangkan sakit batuk
Kebiasaan praktis orang kita juga kalau jeruk nipis yang dicampurkan dengan kicap manis bisa untuk menghilangkan sakit batuk dan itu malah sangat berkesan sekali. Selain itu juga bisa dengan cara direbus dengan air dan dicampurkan lada hitam kemudian airnya diminum, itu juga bisa untuk menyembuhkan sakit batuk/ menghilangkan dahak.

Nah aku sudah menuliskan kandungan dan manfaat jeruk nipis yang sangat bagus digunakan untuk kesehatan. Ternyata menang jeruk nipis banyak khasiatnya untuk kesehatan. Mungkin ada manfaat lain yang aku belum tuliskan silahkan berbagi dan tuliskan di komen saja.

3 comments for "KHASIAT JERUK NIPIS DAN MANFAATNYA"