Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Yang Sehat Untuk Kita Semua

Makanan Yang Sehat Untuk Kita Semua

Makanan yang sehat untuk kita semua adalah judul simple tulisanku ini. Kita perlu mengambil pemakanan yang seimbang untuk mendapatkan semua zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Nah disini aku ingin menulis tentang beberapa makanan yang penting dalam hidup seharian kita seperti di bawah ini :

Makanan pokok
Nasi merupakan makanan pokok di Negara kita dan juga khususnya orang Asia. Nasi adalah makanan sumber karbohidrat. Selain nasi, sumber karbohidrat yang lain adalah seperti mi, gandum, juga roti. Makanan-makanan ini adalah merupakan sumber tenaga utama untuk kita. Maka jelaslah makanan harian kita membutuhkan makanan pokok seperti ini.

Daging Dan Juga Protein
Daging merupakan sumber utama protein untuk tubuh kita. Vitamin B dan juga mineral seperti zat besi terutama dari jenis daging merah misalnya (daging sapi, daging kambing) didapatkan dari daging tersebut. Tetapi daging selalu saja mengandung lemak yang tinggi. Jadi kita perlu membuang lemak-lemak yang ada pada daging seperti kulit nya kalau itu terdapat pada daging ayam. 

Apabila anda mempunyai masalah kegemukan, kolesterol yang ada dalam tubuh tinggi, harusnya mengurangi pengambilan makanan daging yang banyak. Selain daging, protein dihasilkan dari hasil tumbuhan misalnya kacang, kacang-kacangan mempunyai kandungan protein yang tinggi. Makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol tetapi tetap mengandung lemak. Walau mengandung lemak, tetapi kandungan lemaknya tidak setinggi  yang didapat dari sumber hewan.

Susu
Susu segar dan jenis susu yang lain seperti keju, dsb merupakan sumber kalsium yang penting untuk tubuh kita. Selain kaya dengan kalsium susu juga merupakan bekal vitamin A dan D. Untuk yang ingin menjaga berat badan agar tidak naik/gemuk seharusnya mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium dan rendah lemak dan laktosa/low fat.

Lemak
Makanan yang mengandung lemak harusnya diambil secara minimum. Sebenarnya makanan yang berminyak penting juga karena memberi bekal vitamin A, D dan E juga essential fatty acids (asam lemak esensial). Vitamin A, D, E dan K disebut juga vitamin yang larut dalam lemak (fat soluble vitamins).

Sayur-sayuran Dan Buah-buahan
Sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Diantara vitamin yang penting sekali ialah beta karotena (untuk pembentukan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh kita) juga vitamin B, C dan E. Zat mineral yang didapat dari sayur dan buah adalah magnesium dan kalsium. Kandungan zat yang terdapat dalam sayur-sayuran itu berbeda-beda. Misalnya sayur bayam dan kangkung itu kaya dengan kandungan zat besi yang penting untuk tubuh kita. 

Kalau masak sayuran sebaiknya jangan terlalu lama agar kandungan zat-zat nya tidak hilang. Sedangkan buah-buahan banyak kandungan vitamin C nya. Vitamin C disamping baik untuk imunitas tubuh kita juga banyak manfaat yang lain. Selain vitamin, buah dan sayuran juga banyak kandungan seratnya yang tinggi, itu baik untuk sistim pencarnaan usus kita.

Hadis Nabi menyarankan agar 
kita makan dengan cara sederhana :
 ''Kami adalah kaum yang tidak akan makan kecuali lapar.
 Apabila kami makan, 
kami akan berhenti sebelum kekenyangan.''

Sekian dulu tulisanku kali ini, kalau ada kekurangan atau tambahan, silahkan tuliskan di komen. Semoga kita semua selalu sehat dan sukses, salam dan take care.

13 comments for "Makanan Yang Sehat Untuk Kita Semua"

  1. postingan yang sangat berguna sobat...
    saya akan coba makan semua yg mengandung vitamin biar sehat dan kuat.........hehee...
    terima kasih sahabatku
    mampir yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mw bulan puasa tapi postinganya tentang makanan semua,..weew...jadi bkin laper...wkwwkwkwk

      Delete
    2. hehehehe...yang penting tahan godaan makan walau puasa tuh,kan udah niat,nanti ane posting makanan lagi hihi...joking,thx ya xD

      Delete
    3. Mumpung belum puasa makan sepuasnya sobat ...
      entar kalau sudah puasa gak ingat makanan lagi, tinggal tiduran aja....kalau gak mancing...hehee...

      Delete
    4. hehehe...maybe that's good ide,jangan lupa tetap menjaga kesehatan ya xD

      Delete
  2. Wah menarik juga nih, saya suka minum susu kedelai :))))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu kedelai saya suka juga dan dicampur sama es batu baru manteb,soya bean high protein so good for health hehe...siippp brother xD

      Delete
  3. Kalau daging saya kurang begitu suka. Padahal ini juga penting ya. Tapi, kalau sayur dan buah-buahan, ga nolak deh. Sungguh saya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi malah bagus kalau kurang mengkonsumsi daging menurut saya,yang penting makan buah sama sayur2an yang banyak,ikan bagus juga tuh gan daripada daging,atau mengkonsumsi daging ala kadarnya saja gak harus sering,sippp deh xD dan yang penting lagi tetap menjaga badan agar tetap fit hehe...THX ya xD

      Delete
  4. manteb menunya, jadi laper ni kak, lom maem lg hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....jadi laper ya,kalau begitu cepetan makan deh,makan yang banyak sayurnya hehehe...bisa aja xD tq

      Delete