Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat Sifat Tercela

Sifat Sifat Tercela


Sifat Sifat Tercela

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah swt, sehat selalu dan untuk yang sedang sakit semoga cepat sembuh Amiin. Sifat-sifat tercela itu pasti banyak banget tapi disini aku ingin menyebutkan dan menjelaskan beberapa saja. Dan tentu saja teman-teman semua menentang sifat-sifat berikut:

Terlalu Mencintai Dunia/Keduniaan

Adalah sifat yang terlalu mementingkan keduniaan pasti sebabnya adalah nafsu dan bisa menyebabkan kejahatan.
Sabda Rasullullah ''cinta dunia bisa mengarah kepada kejahatan (HR.Baihaqi dan Ibn Abi al-Dunya).'' Jadi harusnya bagaimana? Untuk menikmati pangkat, harta atau kepopuleran itu bukan untuk dicintai saja tapi harus dimanfaatkan untuk ibadah, beramal bagi manusia lain tujuannya agar semakin dekat  dengan Allah.swt.
Agar hidup menjadi tenang dan damai keduniaan harusnya dijadikan sebagai alat, bukan dijadikan sebagai tujuan. Kadang orang rela mengorbankan dan menggadaikan persahabatan, persaudaraan hanya demi mencapai/mencari tujuan keduniaan. Jarang ada orang yang iri hati kalau melihat seseorang yang tinggi akhlak dan amal ibadahnya, ini lebih menjurus ke akhirat. Dan malah sebaliknya kebanyakan orang iri kalau melihat orang yang rumahnya bagus, orang yang berpangkat lebih tinggi, orang terkenal dll inilah yang namanya keduniaan.

Sifat Sombong

Tahu tidak orang sombong itu prinsipnya ''ana khairun minhu'' artinya aku lebih baik darinya. Sombong adalah  orang yang selalu merasa dirinya lebih baik, dan akhirnya menghina orang lain dan menentang suatu kebenaran.

Sifat ini terjadi juga kepada zaman Nabi Adam as ''iblis merasa lebih hebat dari Nabi Adam hanya karena diciptakan dari api, dan iblis merasa seharusnya kelebihan yang ada pada diri Nabi Adam diberikan kepadanya tetapi Allah swt memutuskan sebaliknya. Dan itu menimbulkan rasa iri, dengki walau memang iblis tidak mungkin mendapatkan kelebihan dari Allah swt.''

Sifat seperti iblis di atas juga sering terjadi dalam kehidupan ini. Sifat sombong manusia menyebabkan orang merasa bahwa orang lain tidak pantas mendapat/mempunyai kelebihan, merasa dirinya lebih baik dan lebih pantas.

Sifat sombong bisa berakibat negatif juga misalnya terjadinya fitnah, umpatan yang keji, bicara kasar, menyebarkan gosip yang tidak benar hanya untuk menjatuhkan orang yang dibencinya karena mempunyai kelebihan. Jadi lebih baik kita menjauhkan sifat ini dari hati kita yang paling dalam.

Bersaing tidak sehat

Bersaing yang sehat itu harusnya bagaimana? Persaingan yang sehat sangat dianjurkan dalam Islam dan juga agama lain itu pasti. Dengan cara menggali sumber yang ada pada diri untuk mencapai tujuan yang berkah, halal dan damai hasil akhirnya. Apa yang harus diperhatikan dalam suatu persaingan yang sehat itu? akhlak, nilai syariat agama, aqidah harus diperhatikan juga. Persaingan yang tidak sehat disebut juga ''main kotor'' tapi apapun hasilnya pasti tidak akan memberikan berkah.

Yang penting sudah berusaha, kadang Allah juga yang menentukan. Walaupun sudah berusaha tapi kadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kalau dapat ya bersyukur, kalau tidak bersabarlah. Kalau dalam hati manusia ada sifat sabar dan syukur pasti hati akan tenang.

Jangan hanya karena persaingan yang tidak sehat akan menimbulkan rasa kecewa, marah apalagi sampai dendam. Jadi lebih baik instropeksi diri saja tentang hasil usaha kita, sudah maksimum kah? gitu hehehe...So sekian dulu entri kali ini, kalau ada kekurangan atau tambahan silahkan tuliskan di komen saja, salam. Sifat Sifat Tercela.

26 comments for "Sifat Sifat Tercela"

  1. subhanallah terkadang kita tidak tau apa yang kita lakukan apa baik atau tidak dan sombong atau tidak tapi kebanyakan sifat diaatas posting ini seper tinya kita memiliki juga hehehe ....
    btw jangan lupa mampir balik form n4tamp3

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting selalu instropeksi diri dan memperbaiki kekurangan,thanks xD

      Delete
  2. Kita tak perlu sombong dgn spe2 krn kita bkn punya apa-apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar kawan,segala yang ada di dunia ini hanya titipan Allah swt xD

      Delete
  3. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya kekuatan untuk mensucikan hati agar terbebas dari sifat2 tercela seperti di atas Amiin xD

      Delete
  4. Ass...semoga kita bukan termasuk orang yang sombong,,kita tunggu post selanjutnya..semangat

    ReplyDelete
  5. ehm, renunggan yang sayang dahsayat. memang seperti itu ya, apalai yang awal ya. kenapa kita ga pernah iri ma orang yang ibadahnya lebih rajin ya, tapi irinya dengan yang banyak harta. kenapa ya? harusnya kebalik ya.. trimakasih nie renungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar,untuk renungan bersama,semoga kita semua menjadi lebih baik lagi

      Delete
  6. ibarat benda, kita hanyalah setitik debu didunia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu berusaha untuk lebih baik dengan hati yang suci tanpa putus asa mencari petunjuk-NYA

      Delete
  7. tiga hal ini yang justru sering menjadi batu sandungan dalam hidup kita.. :)

    assalamualaikum wr wb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr wb semoga kita semua selalu diberi pertunjuk oleh-Nya dan selalu bisa mengendalikan diri dari hal negatif :D

      Delete
  8. semoga kita di jauhkan dengan sifat-sifat tercela...

    ReplyDelete
  9. semoga kita bukan orang orang yang termasuk di dalamnya
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin tak pernah putus asa untuk selalu berusaha agar tidak termasuk di dalamnya xD

      Delete
  10. dalam hal in susah sekali untuk menghindarinya,karena manusia bisa melakukanya kapan saja walaupun itu tidak disengaja
    semoga artikel anda bisa menjadikan diri kita untuk lebih bersikap lebih baik lagi
    i like it

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita selalu diberi-NYA petunjuk, kalaupun tidak sengaja berbuat salah semoga cepet menyadarinya dan merubah menjadi lebih baik lagi xD thanks

      Delete
  11. mmm nauzubillah...cinta dunia takut mati...semoga Allah terus pelihara kita semua insyaAllah :)

    ReplyDelete
  12. Fitnah, menggunjing, ngerumpi, menghina orang lain, dan masih banyak lagi.

    Sifat tercela memang harus di buang jauh-jauh, kalau bisa jangan sampai anak cucu kita mengenal yang namanya sifat tercela. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tetap mensucikan hati dan menjauhi sifat2 tersebut sampai generasi penerus kita nantinya,semoga Allah selalu memberi hodayah dan petunjuk untuk kita semua, amiin...

      Delete
  13. ASTAGHFIRULLOHAL ADZIM!!!
    Na'udzu billahi min dzalik!!!


    Semoga Kita dijauhkan Alloh dari sifat yang demikian itu.
    Agar Hati bisa tenang dalam menjalankan semua Perintah-NYA!!
    Amin Ya Robbal Alamin
    ^_^

    ReplyDelete
  14. postingan yang bagus tentang sifat-sifat tercela

    ReplyDelete