Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Di Luar Negeri

TIPS BELAJAR DI LUAR NEGERI

Tips Belajar Di Luar Negeri

Untuk yang ingin sekali belajar atau kuliah di luar negeri mungkin awalnya bukan sesuatu yang mudah. Awalnya pasti belum punya pengalaman tinggal di luar negeri. Belajar di luar negeri juga memerlukan panduan dulu tentang universiti atau kolej yang ingin dimasuki atau dituju untuk belajar. First time tentu saja memerlukan berbagai persiapan sebelum pergi menuju kampus idola yang dicita-citakan. Nah aku punya tips untuk yang ingin belajar di luar negeri seperti berikut ini:

▶ PERSIAPAN FISIK DAN MENTAL

Belajar di luar negeri juga sama Saja seperti kost yang jauh dari rumah yang memerlukan kemandirian, jiwa mandiri. Itu memerlukan persiapan dari segi fisik dan mental, belajar berdikari. Belajar membuat keputusan sendiri walau anda berada di antara teman-teman yang banyak. Apapun keputusan harus dilakukan sendiri, jadi itu memerlukan persiapan fisik dan mental dalam semua hal. Semangat belajar juga penting, itulah yang bisa memotivasi diri agar tidak tergoda oleh pengaruh yang tidak baik.

▶ DUKUNGAN KELUARGA

Pasti kalau sudah niat, belajar di luar negeri merupakan suatu kebanggaan tersendiri cuma sayangnya jauh dari keluarga. Sebelum anda memilih university yang diinginkan, mintalah persetujuan dan pendapat keluarga dulu, kebaikan dan keburukannya juga harus dipertimbangkan bersama. Apabila keluarga sudah mendukung pasti kalian akan menjadi tambah bersemangat dalam belajar juga, untuk meraih ijazah dan ilmu, ketrampilan seperti yang kalian inginkan.
tips belajar di luar negeri
▶ BEASISWA

Biaya untuk belajar ke luar negeri pasti banyak. Apabila university tujuan ada pelayanan beasiswa itu lebih bagus. Carilah beasiswa apabila memungkinkan sehingga selesai belajar karena itu bisa meringankan biaya pendidikan/belajar.

▶ PILIHLAH UNIVERSITY DAN JURUSAN YANG TEPAT DAN SESUAI

Jurusan dan university harus sesuai dengan keinginan belajar, sesuai dengan kemampuan dan kemauanmu selama ini. Apabila kalian mendapat petunjuk dari orang lain, carilah dan pelajarilah dulu tentang jurusan itu. Apabila jurusan yang kamu inginkan sudah benar-benar sesuai dengan keinginan dan kemampuan pasti nantinya tidak akan menyesal karena sudah memilihnya. Sekarang ini semua informasi bisa diperoleh melalui internet, so sebelumnya carilah informasi tentang jurusan yang kalian pilih, cara belajarnya juga jadi setelah benar-benar belajar nantinya sudah mengetahui atau tau gambarannya.

▶ KENALILAH ADAT DAN BUDAYA NEGARA TUJUAN

Mengenali adat dan budaya negara tujuan itu penting juga sebelum anda pergi belajar. Kalau sudah mencari informasi dan mengenali adat dan budaya negara tujuan, nanti sudah tidak kaget lagi setelah tinggal disitu. Pelajari juga adat istiadat disitu agar nantinya bisa cepat untuk menyesuaikan diri dengan baik. Dengan begitu pasti kalian akan mudah diterima oleh masyarakat dan lingkungan negara tujuan. Inilah tips belajar di luar negeri dariku, semoga berguna buat anda semua, greeting and take care.

6 comments for "Tips Belajar Di Luar Negeri"

  1. insya Alloh :)
    makasih share, alice :)

    ReplyDelete
  2. aku juga ingin belajar ke luar negeri, kunjungan balik sob,,,, salam kenal

    ReplyDelete
  3. satu lagi sob, pengalaman ane... putusin dulu ceweknya, byar gak galau.. mending nyari cewek dsna di banding LDR hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe....ide bagus juga tuh kayaknya,gak harus putus juga gpp asal bisa saling memahami,memotivasi LDR kadang sukanya berantem melulu,ya gak semua sih hehehe....

      Delete