Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Arti Dibalik Kode Plastik?

arti dibalik kode plastik

Kalau kita melihat botol plastik pasti akan melihat angka di bagian bawah sendiri ada tanda segitiga yang dalam segitiga itu ada angkanya, maka itulah yang dinamakan kode plastik. Misalnya botol minuman mineral seperti aqua, soft drink, botol susu bayi, juga botol shampo atau semua berkas peralatan yang terbuat dari plastik. Ini sangat penting sekali kita perhatikan karena plastik juga ada unsur bahayanya juga yang bisa menyebabkan penyakit dan berbahaya untuk kesehatan. Dibawah ini saya akan menuliskan apakah arti dibalik kode plastik? 

Jenis kode no 1 Polyethylene Terephthalate (PET/PETE) adalah jenis plastik yang keras dan mempunyai gas yang bagus serta sifat penghalang kelembapan. Biasa digunakan untuk menaruh minuman ringan, atau untuk menaruh jenis makanan atau bukan. Jenis ini termasuk jenis polyester. Plaktik jenis yang ber kode 1 ini sesuai digunakan untuk tempat minuman ringan, air, obat kumur, tempat saus, salad, selai, tolpes, atau buat mampan/tempat makanan ringan. 

PET/PETE mempunyai potensi masalah yaitu degrades/degradasi terhadap penggunaan, permukaannya bisa keriput dan menyebabkan kuman. Juga terdapat bahan kimia yang namanya bisphenol A (BPA) sintesis yang dapat mengganggu sistim hormon alami tubuh. BPA selalu dikaitkan dengan kanker rahim, kanker payudara, peningkatan resiko keguguran, dan penurunan kadar tostesterone. Masalahnya terjadi apabila jenis plastik ini diisi dengan cairan panas atau terkena panas dalam suhu tinggi termasuk misalnya saat plastik jenis ini ditinggalkan di dalam mobil.


Jenis kode no 2 atau High Density Polyethylene (HDPE). Jenis plastik HDPE sesuai digunakanuntuk botol susu, jus, juga tempat air/produk laundry. Termasuk jenis plastik yang tidak berpigmen dan jenis transparan, mempunyai kekakuan yang baik, dan sifat penghalang/pengaman yang baik juga. Sangat cocok digunakan untuk menaruh kemasan yang tidak bisa disimpan lama/waktu terbatas seperti susu. 

Karena jenis plastik HDPE mempunyai sifat ketahanan kimia yang bagus maka sering digunakan untuk packing atau menaruh bahan kebutuhan rumah atau industri seperti untuk tempat menaruh sabun/deterjen atau cairan pemutih. Botol plastik HDPE yang berpigmen mempunyai sifat ketahanan yang lebih baik daripada botol HDPE yang tidak berpigmen. Plastik jenis kode no 2 ini sesuai digunakan untuk botol susu, air, deterjen, jus, kosmetik, shampo, botol sabun pencuci piring, tempat yogurt, margarin, kotak/box cereal, tempat sampah dan juga tas plastik yang praktis.

Plastik kode no 3 namanya Vinyl (Polyvinyl Chloride atau PVC) mempunyai sifat dan ciri yang stabil, ketahanan kimia yang sangat bagus, ketahanan terhadap cuaca yang baik, punya karakteristik aliran listrik yang stabil. Bahan plastik vinyl juga selalu dipilih untuk digunakan sebagai bahan yang flesibel dan juga untuk membuat botol kemasan yang kaku yang dijual di pasaran. Juga selalu digunakan untuk bahan material seperti pipa dan alat perlengkapan dinding, karpet, dan juga jendela. Vinyl yang fleksibel juga digunakan sebagai isolasi kawat kabel, dan juga lembaran film, produk penutup lantai, produk kulit sintesis, sebagai pelapis, tubing medis dan aplikasi yang lainnya. 

Potensi masalahnya adalah, terdapat berbagai bahan kimia beracun yang namanya adipates dan phthalates/plasticizer. Bahan kimia itu digunakan untuk melunakkan pvc yang rapuh menjadi lebih fleksibel. PVC ini biasa digunakan untuk plastik mainan, meletakkan makanan dan apabila bahan kimia itu keluar dari plastik itulah bahayanya. Jadi kadang ada larangan untuk menggunakan plastik jenis HPDE atau PVC, mungkin kita tetap boleh menggunakannya cuma harus lebih berhati-hati lagi.

Kode plastik no 4 namanya Low Density Polyethylene (LDPE) dengan ciri dan kekuatan plastik jenis ini selalu digunakan untuk aplikasi film karena fleksibilitasnya dan ciri transparannya yang relatif. Penggunaanya banyak juga dengan melalui penyegelan jenis kepanasannya. Selalu digunakan dalam aplikasi kawat dan kabel juga sebagai tutup botol. Sebagai tempat madu, roti, frozen, atau tempat makanan yang kering. 

Jenis plastik kode no 5 namanya adalah Polypropylene (PP). Jenis plastik ini mempunyai ketahanan kimia yang kuat dan baik, karena tahan titik lelehnya yang tinggi jadi cocok digunakan untuk menaruh air/cairan panas misalnya dan sejenisnya. Plastik jenis PP cirinya keras dan fleksibel, bisa dibentuk besar dan juga digunakan untuk tempat yogurt, margarin dan botol obat.

Kode plastik no 6 atau Polystyrene (PS). Plastik jenis 6 ini mempunyai titik leleh yang relatif rendah, cirinya kaku, keras dan rapuh yang selalu digunakan sebagai plastik serbaguna juga. Sebagai kegunaan untuk membuat piring, sendok, nampan, tutup, tempat telur, botol obat juga dan sejenisnya.

Yang terakhir adalah kode plastik no 7 atau Other atinya jenis yang lain. Maksudnya adalah jenis lain selain keenam jenis yang diatas dan digunakan sebagai multi-layer termasuk polikarbonat. Dapat digunakan sebagai botol air, susu, jus atau botol saus, dll. Bahaya dari penggunaan plastik ini adalah kalau plastik ini diisi dengan cairan yang panas atau tertinggal di mobil, dan juga berpotensi terhadap bahaya bisphenol A (BPA) seperti penjelasan saya di kode plastik no 1 di atas.

Tentang apakah arti dibalik kode plastik? saya sudah jelaskan di atas. Ada negara tertentu yang memang dilarang menggunakan plastik, karena mengingat bahayanya. Semoga dengan penjelasan di atas anda akan lebih tau dan jelas bagaimana memakai plastik yang benar agar terhindar dari bahaya yang bisa menjejaskan kesehatan kita dan lebih berhati-hati dalam menggunakan plastik. Untuk lebih jelasnya lagi ke wikipedia disana juga ada penjelasannya yang lebih lengkap.

6 comments for "Apakah Arti Dibalik Kode Plastik?"

  1. wah bru tw ada jenis2nya plastik hehhe nambah ilmunya komen back yaw

    ReplyDelete
  2. Sangat bagus, soale qt puny bdn hrs d jg

    ReplyDelete
  3. maaf mau nanya supaya lebih jelas. kalau botol aqua gelas dan kantong kresek hitam dan putih tergolong yang mana ? hdpe atau ldpe trimz . d tunggu jawabnya

    ReplyDelete
  4. botol aqua gelas selalunya dibawah tertilis kode/angka juga itu termasuk jenis kode no 1 Polyethylene Terephthalate (PET/PETE) juga tas kresek, dan nasehat saya kalau memakai plastik lebih baik jangan yang berwarna2 apalagi sampai kena panas hingga meleleh dan buat membungkus makanan (yang akhirnya makanannya dimakan), itu bahaya buat kesehatan

    ReplyDelete