Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baik Dan Buruknya Sosial Media

Baik Dan Buruknya Sosial Media


Baik Dan Buruknya Sosial Media

Kata lain dari sosial media adalah sosmed atau jejaring sosial. Jadi ingat waktu pertama gabung Facebook, dulu sempat ketagihan juga, misalnya kalau seharian tidak update status kayak ada yang kurang saja, kalau sehari saja tidak membuka FB seperti ada yang kurang juga. Hmmm jaman dan teknologi sekarang ini sudah semakin maju, kalau gak ngikutin kemajuan jaman ntar dibilang kuper pula atau ketinggalan jaman.

Yang penting adalah pengendalian diri dari masing-masing orang. Sebelum FB dulu kayaknya ada friendster terus berkembang twitter, FB, my space, dll banyak banget sampai aku gak apal hehehe....Jadi apa ya baik dan buruknya sosial media itu? 

Kebaikan sosial media

Kebaikannya kita mudah untuk mendapatkan informasi di seluruh dunia misalnya informasi tentang olah raga, berita juga bisa belajar, dll. Kita juga bisa menamabah teman dari mana saja yang penting dalam menerima teman juga harus selektif artinya jangan sampai memberi pengaruh yang tidak baik terhadap kita ''bertambah teman berarti bertambah saudara.'' Teman yang kenal di sosial media bahkan kadang bisa diajak bisnis yang penting bisa dipercaya.

Selain itu sosial media juga bisa digunakan untuk memudahkan informasi yang penting dengan cepat misalnya dengan teman, rekan kerja, keluarga/famili yang jauh bisa lewat FB atau aplikasi android/BB yang banyak banget seperti Skype, Yahoo Messenger, WA, Fiber, dll. Sebenarnya dalam sosial media seperti FB, Twitter, Google Plus, dll andai kita joint disitu kita juga bisa saling berbagi/mendapatkan informasi yang penting.

Juga bisa mendapatkan informasi/bertukar informasi berita yang seharusnya kita tidak tahu menjadi cepat tahu. Dari situ juga kita bisa mendapatkan artikel yang bagus dari orang-orang yang sharing sehingga pengetahuan/ilmu kita bertambah. Selain itu sosial media juga bisa digunakan untuk bisnis online.

Keburukan sosial media

Mungkin kalau kita sudah dewasa sudah bisa untuk mengontrol/mengendalikan diri dari pengaruh buruknya sosial media atau orang bilang dumay/dunia maya. Jangan umurnya sudah tua tapi sifatnya kekanak-kanakan, adakah yang seperti itu?

Mungkin teman-teman atau anda semua juga pernah membaca tentang artikel penyakit dunia maya/jejaring sosial/sosial media hmm....Keburukannya mungkin kalau yang lagi suka-sukanya FB-an tangan jadi gatel, misalnya bentar-bentar update status, apa yang ada di pikiran di update sampai sehari entah update status berulang kali.

Sebenarnya update status kalau itu berguna juga it's ok, atau sekedar ingin menyapa teman lakukan saja asal jangan sering-sering itu namanya menyampah, ya nggak? Keburukan yang lain adalah ber-dumay an sampai lupa waktu dan tidak bisa membedakan dalam dumay-an itu penting atau tidak. Mungkin ada juga yang mencari uang online via sosial media it's ok saja.

Bisa kena pengaruh buruk dari teman yang kenal lewat sosial media kadang malah kita tidak sengaja mendapatkan teman seperti itu. Ya maaf saja setiap orang punya sifat dan karakter yang berbeda-beda, jangankan di sosial media bahkan teman di real saja kadang membawa pengaruh buruk. Bahasa alay dan lebay juga tuh, heran juga kadang aku melihat orang yang berpendidikan bahkan belajar sampai University tapi dalam menulis di  memakai bahasa yang susah difahami, orang bilang bahasa/tulisan alay yang ribet banget dibacanya.

Ya memang dalam ber-sosial media itu tidak ada aturan harus nulis pakai bahasa atau huruf apapun bebas deh, tapi kan lebih baik menulis yang mudah dibaca dan difahami. Dalam media sosial memang banyak kebebasan melakukan apapun, searching apapun misalnya video ini itu macam-macam deh bebas. Tapi semoga kita termasuk orang yang waras yang bisa membedakan mana yang baik, mana yang buruk (yang harus dilakukan) dalam memilih teman dan ber sosmed/sosial media.

Baik Dan Buruknya Sosial Media

Ini pesan khusus buat remaja tapi sebaiknya baca disini saja ya tentang remaja dan tantangannya. Btw, mungkin tidak mudah menjadi anak/remaja di jaman sekarang yang semakin maju dan modern. Anak TK aja pegangannya handphone, tab, bisa mengoperasikan komputer, hp tapi semoga saja hal itu bisa mengarah ke hal-hal yang positif dalam menggunakan alat-alat canggih seperti itu.

Nah itulah kewajiban orang tua untuk mendidik dan mengajar anak-anaknya ''pendidikan pertama dimulai dari keluarga.'' Selain itu juga pendidikan agama memegang peranan yang penting banget karena itu juga berhubungan dengan baik dan buruknya sosial media ''though I think all it's not easy but you should never despair of educating the children of now.'' 

Akhir kata, semoga kita semua selalu diberi petunjuk yang baik oleh Allah swt, dan marilah kita selalu mendoakan yang baik-baik, dan saling mengingatkan kalau salah, karena kewajiban sesama teman, saudara adalah saling mendoakan yang terbaik, Amiin.

1 comment for "Baik Dan Buruknya Sosial Media"