Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Khasiat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Labu kuning juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengandung Vitamin C, Vitamin A dan beta karoten sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, labu juga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor kalium, dan kalsium. Kadar air dan serat yang tinggi dalam labu juga memiliki manfaat untuk pencernaan, demam, diare dan mengatasi peradangan. Khasiat labu kuning untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Khasiat labu kuning untuk kesehatan:

Labu juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan jantung dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan. untuk mengobati bisul dan sebagai pencahar urin telah dikenal lama, isi buah labu  mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker. Khasiat buah labu untuk perawatan kulit, mencegah tulang keropos, dan meningkatkan kekebalan/daya tahan tubuh.

Kandungan labu kuning, manfaat dan khasiatnya:
  • Mengandung vitamin dan pectin, pectin memiliki adsorpsi yang baik, mengikan dan menghapus racun bakteri dalam tubuh dan zat berbahaya lainnya, seperti timah, merkuri, logam berat dan unsur radioaktif, dapat memainkan peranan detoksifikasi.
  • Untuk melindungi mukosa lambung dan membantu pencernaan
  • Labu yang terkandung dalam pectin juga dapat melindungi lem lambung saluran mukosa, dari stimulasi makanan kasar, mempromosikan penyembuhan ulkus, cocok untuk pasien sakit perut. Bahan-bahan labu dapat meningkatkan sekresi empedu, meningkatkan peristaltik lambung, membantu pencernaan makanan.
  • Pencegahan dan pengobatan diabetes dan gula darah rendah.
  • Labu kaya dengan kobalt, kobalt bisa aktif dalam metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi hematopoietik, dan untuk berpartisipasi dalam sintesis vitamin B12. Vitamin B12 dalam tubuh adalah elemen penting dalam sel islet manusia. Labu kuning bisa digunakan untuk pencegahan dan pengobatan diabetes dan efek khusus gula darah yang rendah. 
  • Menghilangkan karsinogen.
  • Labu dapat menghilangkan efek mutagenik nitrosamin karsinogenik, efektivitas anti kanker, dan untuk membantu pemulihan fungsi hati dan ginjal, meningkatkan kapasitas regeneratif sel-sel hati dan ginjal.
  • Untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
  • Labu kaya akan zinc, untuk berpartisipasi dalam tubuh manusia, sintesis asam nukleat, protein, komponen yang melekat hormon korteks adrenal zat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Khasiat Labu Kuning Untuk Kesehatan
Cara mengkonsumsi labu:

Pada umumnya labu bisa dikonsumsi dan cocok untuk orang gemuk, penderita diabetes dan orang tua. Mengkonsumsinya bisa dengan cara dikukus, dimasak, atau direbus. Untuk penderita diabetes labu bisa dikonsumsi dengan cara memakannya dalam jumlah yang kecil  untuk jangka panjang. Untuk kecantikan pula, labu juga dapat mengurangi munculnya pigmentasi wajah, pencegahan dan pengobatan jerawat.

Tips menyimpan labu:
  • Labu kuning dan hijau sangat mudah untuk disimpan, pada umumnya labu dapat disimpan dalam kulkas selama 2 sampai 3 bulan, sehingga di jaman dahulu apabila kekurangan sayuran pada musim dingin, orang menggunakan labu sebagai sumber penting penyimpanan vitamin.
  • Labu yang sudah dipotong dan kemudian disimpan nutrisi pentingnya akan mudah hilang, jadi yang terbaik  adalah dengan menyimpan dengan bungkus plastik internal sehingga saat disimpan dalam kulkas bisa tahan selama 5 sampai 6 hari.
  • Kulit labu kaya dengan karoten dan vitamin yang bagus untuk kulit. Dengan cara memasak jantung labu  itu mengandung setara dengan 5 kali karoten pulp, jadi kulit, biji atau labunya semua bisa digunakan/dikonsumsi.
Itulah entri aku tentang khasiat labu kuning untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

8 comments for "Khasiat Labu Kuning Untuk Kesehatan"

  1. Labu Hijau Lebih enak kayaknya...!!!
    Postingannya bagus,, terus berkarya..!!!

    ReplyDelete
  2. Subhanallaah... Baru tau ternyata si labu ini kaya akan manfaat...
    Berarti kalau d olah menjadi cake atau semacmnya tak akan merubah khasiatnya ya?
    Wajib d konsumsi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya gak akan merubah khasiatnya kalau dibuat resep cake misalnya,bisa membayangkan rasanya pasti sedap itu, begitulah rahasia khasiat labu yang sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan

      Delete
  3. Ternyata labu banyak manfaatnya juga ya...
    sayangnya ane gak suka makan labu :(

    ReplyDelete
  4. kalau labu atu di campur sama gula, boleh kh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dibikin kluwo/kolak terus ditambah sedikit jahe,asal gulanya jangan banyak2/manis sederhana,saya juga sering memesak labu dengan gula merah xD

      Delete
  5. Gan' link yg dikiri mengganggu

    ReplyDelete
  6. dulu sy ga suka mkn labu kuning krn ga mo nyoba tp bgtu merasakn enk juga drebus enk djus apa lagi... sangat enk dan ternyata bnyk skli mnfaatnya ...

    ReplyDelete