Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah

Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah

Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah

Kalau melihat judul yang aku tulis seperti di atas, ini sebenarnya panduan untuk wanita solehah yaitu adab wanita keluar dari rumah. Sebelumnya aku pernah menuliskan entri yang berbentuk puisi berhubungan dengan wanita yaitu berjudul lembut bukan berarti lemah. Mungkin banyak diantara saudara muslimah kita yang belum melaksanakannya, jadi mari kita sama-sama belajar termasuk diri aku sendiri. Penyebab wanita boleh keluar rumah beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah
  • Menuntut ilmu wajib, bisa juga misalnya sekolah atau memuntut ilmu yang lain dengan alasan karena orang tua tidak mempunyai waktu dan kemampuan untuk mengajarnya.
  • Bersilaturahmi atau berkunjung ke rumah saudara/kerabat, tetangga atau sahabat.
  • Keluar rumah mencari nafkah yang halal disebabkan karena kebutuhan hidup, karena miskin atau ditinggalkan suaminya (untuk yang sudah menikah) baik karena cerai atau suami yang sudah meninggal.
  • Apabila wanita itu melakukan perjalanan yang jauh hendaknya lebih baik ditemani oleh muhrimnya, dan apabila hanya melakukan perjalanan yang dekat, bisa juga ditemani oleh kanak-kanak.
  • Sebaiknya menghindari berjalan di jalan yang besar dan penuh dengan keramaian.
  • Jangan terlalu menampakkan perhiasan yang menyolok baik itu kalung, gelang, dsb.
  • Berjalan dengan cara yang sopan dengan menghindarkan senda gurau yang berlebihan saat berada dijalan/diluar rumah.
  • Jangan memakai minyak wangi seperti parfum berlebihan yang bisa membangkitkan nafsu lelaki. Kalau memakai wangi-wangian sebaiknya secukupnya saja sekedar untuk menghindari bau badan yang tidak sedap.
  • Menutup aurat dan selalu meminta ampun kepada Allah swt di sepanjang perjalanan/saat di luar rumah.
  • Dengan menjaga atau menundukkan pandangan terutama dengan lelaki yang bukan muhrim nya.
Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah

Sebenarnya point-point yang aku tuliskan di atas juga merupakan aturan atau adab wanita yang ingin bepergian/keluar rumah. Dan pasti masih banyak penyebab dan adab wanita yang diperbolehkan keluar rumah tapi aku tidak bisa untuk menuliskan semuanya, hanya berharap walau entri ini singkat tapi semoga bermanfaat. 

Selain entri penyebab wanita boleh keluar rumah, sebelumnya aku pernah juga menuliskan  artikel yang berjudul wanita idaman menurut lelaki.

2 comments for "Penyabab Wanita Boleh Keluar Rumah"