Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Seringnya kalau orang-orang yang tinggal di kota tidak akan mengenal tempat wisata yang ada di desa. Seperti juga mungkin penduduk kota Yogyakarta yang terdiri dari 5 kabupaten diantaranya Kabupaten Kulon Progo. Terdapat tempat wisata yang agak jauh dari kota Yogya seperti di daerah Kecamatan Pengasih, Girimulyo, Temon dan Samigaluh. Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta, aku akan tuliskan seperti di bawah ini:

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta
Pemandian Clereng Pengasih

Pemandian Clereng Pengasih

Pemandian Clereng letaknya di desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo yang tidak jauh juga dari kota Wates (ibu kota Kulon Progo). Adalah tempat pemandian yang berbentuk kolam seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang bersih, jadi setiap wisatawan/pengunjung yang datang kesitu diperbolehkan untuk mandi. Malah menurut kepercayaan dari orang disitu bahwa kalau mandi di pemandian clereng akan memberikan keselamatan, dan terdapat kebaikan-kebaikan yang lain.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Curug/air terjun Sidoharjo Samigaluh Kulon Progo

Curug atau air terjun Sidoharjo juga merupakan tempat wisata menarik dan cantik yang sekarang ini banyak orang berkunjung kesana. Letaknya di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo yang merupakan air terjun di pegunungan, hawanya adem kalau berkunjung kesitu. Kalau mau kesana ambil saja arah dari Dekso yang menuju ke daerah Samigaluh atau arah ke barat.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Wisata Goa Kiskendo Kulon Progo

Ini adalah wisata goa yang terkenal di Kulon Progo walau sebenarnya di daerah Kulon Progo mungkin terdapat goa lain yang jarang orang mengenalnya. Penduduk Yogyakarta pasti sudah banyak yang mengenalnya. Atau mungkin ada tenam-teman mahasiswa yang datang dari kota lain dan belum mengenal goa cantik dan indah ini, bisa saja berwisata ke sana. Untuk lebih jelasnya tentang Goa Kiskendo ini silahkan baca saja si posting saya tentang GOA KISKENDO KULON PROGO di entri itu aku sudah menjelaskan sejelas-jelasnya tentang goa itu.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta
Wisata pantai Glagah Indah, Kulon Progo

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Pantai Glagah Indah Kulon Progo

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di DIY/Yogyakarta yang seperti kita ketahui bahwa di Yogyakarta terdapat banyak pantai-pantai wisata terkenal seperti Parangtritis, dll. Pantai Glagah Indah juga merupakan pantai terkenal (pantai selatan) dengan keindahan pantainya, merupakan tempat wisata pantai terkenal di Kulon Progo. Pantai Glagah Indah memang sudah lama dibangun dengan indah dan cantik, tempatnya mudah dijangkau dan banyak orang yang mempergunakannya untuk kegiatan seperti motor cross, lomba layang-layang, heking, kemah, dll. Dan pastinya banyak orang yang berwisata kesitu pada waktu hari libur, letaknya tidak jauh dari Kota Wates, Kulon Progo.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta

Puncak Suroloyo Samigaluh Kulon Progo

Puncak suroloyo atau gunung suroloyo juga merupakan tempat wisata terkenal di Kulon Progo yang letaknya di daerah pegunungan menoreh Kecamatan Samigaluh. Banyak juga pecinta wisata pegunungan berkunjung kesana yang suka dengan tantangan mendaki gunung hehehe. Pada tanggal 1 Suro juga tempat ini  selalu dijadikan tempat ritual oleh penduduk setempat atau penduduk Yogyakarta yang ingin mencapai suatu hajat tertentu, untuk yang mempercayainya. Di artikel sebelumnya aku pernah menuliskan tentang SUROLOYO SAMIGALUH dan dari puncak suroloyo juga terlihat Candi Borobudur Magelang dengan pemandangannya yang cantik dan indah.

Tempat Wisata Di Kulon Progo Yogyakarta
Makam Astana Girigondo

Makam Astana Girigondo

Tahu tidak bahwa di Kulon Progo juga terdapat makam tekenal yang namanya Makam Astana Girigondo yang terletak di Desa Girigondo, Kaligintung, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Makam ini tentu saja ada sejarahnya yaitu merupakan makam keluarga Paku Alam yang letaknya di pegunungan menoreh dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan yang indah. Di makam Girigondo orang berkunjung kesana selain berwisata juga ber-ziarah terutama pada bulan Ruwah dan Syawal. Untuk yang ingin berkunjung ke Makam Astana Girigondo dan ingin tahu tentang sejarahnya, disana juga terdapat juru kunci yang bersedia untuk menjelaskannya.

Itulah beberapa tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta, dan sebenarnya masih ada lagi tempat wisata yang lain yang aku belum bisa tuliskan semuanya. Semoga Kulon Progo akan menjadi semakin maju, dan Bandara Adisucipto Yogyakarta juga rencananya akan pindah ke daerah Brosot, Kulon Progo walau mungkin masih banyak kontra, dan entah kapan jadinya. Tapi walaupun banyak kontra pasti sebenarnya banyak pertimbangan-pertimbangan tertentu yang positif yang menyebabkan bandara ingin dipindahkan ke Kecamatan Brosot, Kulon Progo.

Image sebagian aku ambil dari: Google.