Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan
Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan

Banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa telur burung puyuh punya manfaat yang signifikan untuk kesehatan. Telur burung puyuh cara mendapatkannya adalah sangat mudah karena terlihat dijual dimana-mana seperti di pasar, warung, toko, supermarket atau mungkin juga bisa didapatkan di restoran/warung makan dengan harga yang tidak begitu mahal dan terjangkau untuk semua orang.

Khasiat telur burung puyuh untuk kesehatan akan tuliskan di bawah nanti dan pasti bisa memberikan kebaikan untuk yang suka makan telur puyuh. Seperti halnya telur ayam yang selalu dikonsumsi untuk makanan harian dan dalam beberapa dekade para ilmuwan/ahli kesehatan telah menemukan tentang kandungan gizi dan manfaatnya. Demikian juga telur burung puyuh sebenarnya juga banyak terdapat kandungan gizinya.

Nilai kandungan vitamin dan gizi pada telur burung puyuh


Telur ini bentuknya kecil dan mengandung vitamin dan juga mineral. Telur burung puyuh menyediakan kebutuhan yang signifikan untuk seluruh manfaat bagi kesehatan bisa menambahkan kalsium dalam tubuh kita. Juga kaya dengan kandungan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan bukan LDL (jenis kolesterol yang buruk.).

Kandungan protein pada telur burung puyuh terdiri dari sekitar 13% dan sekitar 2% lebih dari telur ayam, dan juga mengandung sejumlah besar kandungan vitamin A dan B2. Dengan mengkonsumsi telur burung puyuh lebih dari 10 butir telur dalam sehari seseorang bisa overdosis terhadap vitamin A jadi lebih bagus kalau setiap hari mengkonsumsi 3-5 butir untuk sarapan misalnya.

Pengaruh positif dari telur burung puyuh terhadap tubuh


Ada beberapa manfaat telur burung puyuh terhadap tubuh manusia. Beberapa hal itu  termasuk bisa menyediakan tubuh kita dengan kalsium yang mudah berasimilasi, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai sumber kalsium, dan juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin bagi tubuh kita.

Untuk penderita sakit asma dan TBC juga bisa dibantu dengan telur puyuh karena secara alami mengandung protein ovomucoid yang merupakan jenis protein yang juga bisa ditemukan/terdapat dalam obat antiallery. Telur burung puyuh juga mengandung lebih banyak kalsium dan fosfor daripada telur yang lainnya.
Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan
Selain itu telur burung puyuh juga bisa untuk membantu  merangsang kecekapan seksual dengan memberi kebutuhan yang diperlukan oleh kelenjar prostat dengan zat yang dibutuhkan seperti protein, fosfor, dan vitamin. Telur burung puyuh juga dapat membantu untuk mengembalikan potensi seksual kembali seperti masa muda.

Dengan mengkonsumsi telur burung puyuh kita bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk tubuh kita. Telur burung puyuh sangat bagus untuk menghilangkan logam berat atau toxin dari tubuh dan juga bisa mengambil racun dari darah, bisa membersihkan tubuh dari batu hati, batu kandung kemih dan batu ginjal.

Telur burung puyuh tidak akan menimbulkan alergi


Selain menjadi dasar dari hypoallergenic, telur ini juga tidak menyebabkan diatesis. Pada kenyataannya, kebanyakan orang menggunakannya untuk melawan gejala alergi. Ovomucoid adalah jenis protein sebagai bahan utama yang bisa ditemukan pada obat-obat anti-alergi yang bisa langsung didapatkan dari alami seperti telur burung puyuh.

Konsistensinya bahwa dengan mengkonsumsi telur burung puyuh berarti juga  dapat membantu anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, membuat kulit jauh terlihat lebih sehat/lebih baik, bagus untuk manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apabila tubuh kita dijaga dari dalam, juga akan kelihatan bercahaya dari luarnya.

Membantu menyembuhkan beberapa penyakit


Para ahli percaya bahwa telur burung puyuh dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan setelah seseorang menderita stroke darah dan juga dapat membantu menjaga otot-otot jantung agar bertambah kuat. Beberapa pasien mengalami penyembuhan luka dan gastritis setelah mengambil telur puyuh dan beberapa ahli percaya bahwa telur ini dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker dan mengobati diabetes. Telur burung puyuh bisa dikonsumsi secara mentah dan tidak ada risiko salmonella karena suhu burung puyuh jauh lebih tinggi daripada ayam.

Selain itu, burung puyuh tidak bisa menjadi terkontaminasi dan terinfeksi karena mengandung zat yang disebut lysozyme. Lisozim bisa membunuh bakteri, dan banyak ahli menyarankan agar mengkonsumsi telur mentah, atau merebus mereka sebentar selama kurang dari 30 detik sehingga kuning telur tetap mentah. Kadang-kadang panas dari proses memasak dapat menghancurkan/menghilangkan kandungan nutrisi yang sangat berharga. Itulah beberapa Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber: Selfgrowth.

10 comments for "Khasiat Telur Burung Puyuh Untuk Kesehatan"

  1. info menarik nih..klu boleh tau kulon progonya mana, soalnya aq jg asli kulon progo je

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanggulan sebelah jembatan kali progo ngapak bro :D

      Delete
  2. aku suka telur puyuh. waktu kecil malah jadi favorit kalo lagi naek bus. hehehe

    ReplyDelete
  3. praktis, murah, ngirit juga sangat besar manfaate

    ReplyDelete
  4. nice info gan..sangat brmanpaat..thanx..infox.

    ReplyDelete
  5. tapi katanya kandungan kolestrolya paling banyak. Bener g' boz.? Ada efek sampingnya buat penderita sakit jantung g'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang tertulis diatas bahwa telur burung puyuh kaya dengan kandungan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan bukan LDL (jenis kolesterol yang buruk) untuk penderita sakit jantuh boleh saja makan asal jangan terlalu banyak :D

      Delete
  6. Meluruskan dan menjelaskan informasi kandungan kolesterol yg selama ini telor burung puyuh dianggap sebagai sumber makanan dgn kolesterol jahat (LDL). Jadi hampir sama dengan buah alpukat yg kaya kolesterol HDL-nya

    ReplyDelete
  7. info yg meluruskan akan kandungan kolesterol tinggi pd telor burung puyuh yg selama ini kesannya mengandung kolesterol jahat namun yg dimaksud adalah kolesterol baik (HDL) ..trims.

    ReplyDelete