Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Praktis

Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Praktis

Kalau orang Jawa atau orang Indonesia pada umumnya pasti tahu tentang tempe mendoan yaitu tempe yang digoreng dengan adonan tepung dan dibumbui. Tadi sore aku membuat tempe mendoan tapi tepung gandumnya habis, hanya ada tepung beras sama tepung kanji/tapioka jadi aku membuatnya memakai adonan tepung beras dan hasilnya enak juga. 

Tempe dibuat dari kacang kedelai atau soya bean yang punya banyak kandungan gizinya seperti yang pernah aku tuliskan dalam entri yang berjudul rahasia dibalik kedelai, susu kedelai/soya beans. Cara membuat tempe mendoan paling praktis aku akan tuliskan caranya seperti di bawah ini:
Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Praktis
Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Praktis

Bumbu-bumbunya:

Aku menggunakan 5 bungkus tempe, dan untuk lebih jelasnya aku menggunakan metode gambar seperti di atas bumbunya cuma bawang putih dan ketumbar disertai dengan 1 butir telur dan beberapa helai daun seledri atau bisa juga dengan menggunakan daun bawang.


Cara membuatnya:

Cara membuat adonannya adalah dengan membuat adonan tepung gandum atau tepung beras dengan menggunakan air dan ditambah satu butir telur, irisan daun seledri atau daun bawang yang dipotong/dicincang halus dengan mencampurkan tumbukan bumbunya (bawang putih dan ketumbar ditumbuk halus) tambahkan garam secukupnya, masako secukupnya aduk hingga rata kemudian potong tempe secara tipis-tipis sesuai selera. 

Cara menggorengnya:

Kalau adonan tepung beserta bumbunya sudah siap, masukkan tempe yang sudah dipotong tipis sesuai selera kedalam adonan tepung tadi, siapkan kuali atau teflon, masukkan minyak goreng secukupnya, panaskan api, kalau minyak sudah panas maka adonan tempe mendoan siap untuk digoreng, jangan lupa untuk mengontrol apinya jangan terlalu besar (yang sedang saja agar tidak gosong) kalau sudah kuning balik, dan kalau gorengan tempe mendoan sudah rata warnanya/kekuningan angkat dan tempe mendoan siap untuk dihidangkan. Itulah cara membuat tempe mendoan paling praktis ala aku/loveeaven07 dan selamat mencoba, dan kalau ada tambahan silahkan untuk menuliskan di komen.

Post a Comment for "Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Praktis"