Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Memasak Kecipir Tumis Terasi Pedas

Resep Memasak Kecipir Tumis Terasi Pedas

Anda suka makan sayur kecipir? kecipir termasuk makanan kesukaanku dan kecipir yang masih muda cocoknya dimasak tumis pedas untuk yang suka dengan makanan pedas. Aku akan berbagi resep memasak kecipir tumis terasi pedas masakanku sendiri, mungkin ada yang belum tahu bahwa kecipir bisa dimasak tumis terasi pedas dan rasanya enak sekali. Untuk yang suka dengan petai bisa ditambahkan petai juga. Ngomong-ngomong tentang petai aku pernah menuliskan manfaat buah petai untuk kesehatan silahkan membacanya.
Resep Memasak Kecipir Tumis Terasi Pedas
Bahan dan bumbunya:
  • satu ikat kecipir muda
  • satu buah bawang bombay
  • 4 siung/ulas bawang putih
  • cabai/cili/lombok
  • terasi secukupnya
  • 1 buah tomat 
  • 1 keris petai
  • garam secukupnya
  • oyster sauce/saus tiram
Resep Memasak Kecipir Tumis Terasi Pedas
Kecipir Muda

Cara memasaknya:

Cuci dengan persih kecipir, bawang bombay dan bawang putih yang sudah dikupas, cabai, tomat dan juga petai yang sudah dikupas. Potong kecipir tipis memanjang, potong halus juga bawang bombay, bawang putih, cabai potong menjadi dua, juga potong tomat menjadi beberapa bagian dan juga petai.

Ambil kuali atau teflon, masukkan dua sendok makan minyak goreng, panaskan api dengan sedang, kalau minyak sudah panas tumis bumbu-bumbunya hingga layu dimulai dari bawang bombay, bawang putih, cabai, tomat dan petai kemudian baru masukkan kecipir yang sudah dipotong tadi, terasi, garam secukupnya/sedikit saja karena terasinya sudah memberikan rasa asin, aduk hingga rata, masukkan sedikit air untuk melarutkan bumbunya agar meresap dan untuk membuat kecipir menjadi masak.

Tumis kecipir hingga layu/empuk kenyal jangan terlalu masak tapi pastikan kecipir masih berwarna hijau agar nutrisi kandungan vitaminnya tidak hilang, yang terakhir masukkan oyster sauce/saus tiram secukupnya atau kurang lebih satu sendok makan, aduk hingga merata dan setelah itu matikan api, letakkan tumis kecipir kedalam wadah/piring, tumis kecipir terasi pedas siap untuk dihidangkan.

Kecipir adalah buah potensial yang ada di Indonesia dan bisa didapatkan dengan mudah, banyak mengandung vitamin C, vitamin A bisa juga dijadikan sebagai lalapan/kecipir muda dan bisa juga direbus untuk dimasak pecel, untuk kecipir yang sudah tua juga bisa direbus dan dimakan bijinya. Itulah resep memasak kecipir tumis terasi pedas dari aku, selamat mencoba dan semoga kita semua, anda semua sehat selalu, Amiin.

Post a Comment for "Resep Memasak Kecipir Tumis Terasi Pedas"