Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan

Cabai atau lombok hampir bisa tumbuh di seluruh dunia dan disini aku akan menuliskan tentang manfaat dan khasiat cabai atau lombok untuk kesehatan. Pabrik cabai yang asli juga ada di daerah Amerika Tengah di mana ia digunakan sebagai bahan bumbu utama dalam masakan Meksiko selama berabad-abad. Kemudian hal tersebut diperkenalkan ke seluruh dunia oleh penjelajah Spanyol dan Portugis selama 16 dan 17 abad dan sekarang tumbuh secara luas di berbagai belahan dunia sebagai tanaman komersial yang penting. 

Ciri-Ciri Pohon dan Buah Cabai

Tanaman cabai adalah mempunyai semak yang kecil abadi dengan kayu batang bisa tumbuh hingga ketinggian meter dengan bunga berwarna putih. Polong atau bentuk buahnya sangat bervariasi dalam ukuran bentuk, warna dan juga tingkat kepedasan yang berbeda. Tergantung pada jenis kultivar mereka berkisar dari rasa pedas yang ringan, ada juga jenis cabai paprika Meksiko, rasa pedas yang berapi-api cili padi atau cabai rawit yang kecil umumnya tumbuh di benua India dan asia pada umumnya. 

Kepedasan dan rasa panasnya cabai diukur dalam "Scoville heat units" (SHU). Pada skala Scoville rasa manis pada paprika punya skor 0, untuk sebuah cabai jalapeno mempunyai sekitar 2,500-4,000 unit dan Meksiko Habaneros memiliki 200.000 hingga 500.000 unit. Biji atau isi cabai kebanyakan memiliki ukuran yang kecil, berwarna putih atau krem ​​biji berwarna pada bentuk melingkar dan datar dan benih-benih tersebut benar-benar menempel di sekitar pusat putih plasenta pada buah cabai. 

Untuk masa panennya cabai bisa dipetik saat masih dalam keadaan warna hijau atau ketika mencapai kematangan yang cukup. Biasanya buah dipetik dengan tangan ketika jatuh tempo akan berubah menjadi warna merah dan kalau dibiarkan kering akan mengerut. Cabai memiliki rasa pedas yang kuat yang berasal dari senyawa alkaloid aktif bernama capsaicincapsanthin dan capsorubin.


Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan
Cabai Rawit Merah

Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan
  • Cabai termasuk dalam daftar tanaman bersenyawa kimia yang diketahui memiliki promosi dalam properti untuk kesehatan yang bermanfaat sebagai pencegahan penyakit.
  • Cabai mengandung manfaat bagi kesehatan karena terdapat senyawa alkaloid di dalamnya yaitu capsaicin yang memberikan karakter rasa pedas. 
  • Dalam penelitian laboratorium eksperimental mamalia menunjukkan bahwa capsaicin memiliki anti bakteri, anti karsinogenik, sifat analgesik dan anti diabetes. Hal ini juga ditemukan bisa untuk mengurangi kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) pada orang yang gemuk.
  • Cabai yang segar merah dan hijau adalah sumber yang kaya dengan vitamin C, dalam 100 gr cabai segar menyediakan sekitar 143,7 mg atau sekitar 240 % dari RDA (Recommended Dietary Allowances).
  • Vitamin C adalah antioksidan ampuh yang larut dalam air dan hal ini diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh.
  • Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ dan tulang.
  • Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh terlindung dari penyakit kudis, mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi (kekebalan meningkat) dan mengais radikal bebas yang berbahaya, juga pro-inflamasi dari tubuh.
  • Cabai juga baik dalam antioksidan lain seperti vitamin A dan flavonoid seperti ß-karoten, α-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin
  • Zat antioksidan ini di capsicum membantu melindungi tubuh dari efek merugikan dari radikal bebas yang dihasilkan selama stres dan diseases conditions.
  • Cabai mengandung jumlah mineral yang baik seperti kalium, mangan, zat besi dan magnesium.
  • Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  • Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  • Cabai juga baik dalam kelompok vitamins B-kompleks seperti niacin, pyridoxine (vitamin B-6), riboflavin dan thiamin (vitamin B-1). Vitamin ini penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka untuk mengisi sumber eksternal.

Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan
Cabai Rawit Hijau

Cabai memiliki tingkat vitamin dan mineral yang luar biasa tinggi. Dalam 100 gr menyediakan (dalam% dari tunjangan harian yang direkomendasikan) adalah:
  • 240 % vitamin C-asam askorbat 
  • 39 % vitamin B-6  pyridoxine
  • 32 % dari vitamin A 
  • 13 % dari besi
  • 14 % dari tembaga 
  • 7 % kalium 
  • Tidak mengandung kolesterol.
Itulah beberapa manfaat dan khasiat cabai untuk kesehatan dan cabai atau lombok ternyata memang bagus manfaatnya tidak selalu memberi kesan yang buruk untuk kesehatan. Tentu saja harus dengan ukuran yang dianjurkan dalam mengkonsumsinya. Banyak cara dalam menyajikan lombok yaitu bisa dipakai untuk campuran tumis sayuran, sayur lodeh, campuran telur dadar, buat lalapan atau sambal, dll. Kebanyakan orang Asia juga menyukai makanan yang pedas termasuk aku, artikel ini aku ambil dari Via.

Post a Comment for "Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan"