Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Facebook Akan Membeli WhatsApp Seharga $ 16 Milyar

Facebook Akan membeli WhatsApp Seharga $ 16 Milyar

Facebook Akan Membeli WhatsApp Seharga $ 16 Milyar

Facebook akan mengakuisisi perusahaan messaging WhatsApp sebesar $ 16 milyar (setelah dulu Facebook juga membeli Instagram seharga $ 1 milyar) perusahaan Mark Zuckerberg yang mengungkapkan hal tersebut.

Sebagai bagian dari kesepakatan oleh pemegang saham, WhatsApp akan menerima $ 4 milyar pada cash dan $ 12 milyar dalam bentuk saham Facebook, sementara karyawan dan pendiri layanan pesan populer ini akan menerima $ 3 milyar unit saham terbatas selama empat tahun. Menurut Facebook Whatsapp akan terus beroperasi secara independen dan menjaga brand-nya. Co-founder WhatsApp dan CEO Jan Koum akan menjadi anggota dewan direksi pada Facebook.

Dalam pengumuman resminya, Facebook mengatakan bahwa lebih dari 450 juta orang menggunakan WhatsApp, setidaknya sebulan sekali dan orang-orang ini 70 persen menggunakannya setiap hari. Jumlah pesan yang dipertukarkan pada platform mendekati seluruh volume SMS global, dikatakan juga tentang besarnya jangkauan dan pengaruh WhatsApp saat ini. Dan layanannya tidak menunjukkan tanda-tanda yang melambat dengan satu juta pengguna saat ini yang join setiap hari.

"WhatsApp adalah jalan untuk menghubungkan 1 miliar orang. Layanan yang mencapai tonggak itu semua sangat berharga," kata Mark Zuckerberg pada deal-tersebut. Facebook sendiri dapat membanggakan tentang jumlah user atau penggunanya.
Facebook ingin WhatsApp mengatur arah sendiri dan fokus pada pertumbuhan sementara yang juga bermanfaat dari keahlian Facebook, sumber daya dan skala, yang berarti bahwa brand-nya akan terus berjalan kontinyu  walau ada kelebihan atau kekurangannya dan tidak akan berubah. Facebook Messenger dan WhatsApp akan berjalan berdampingan (co-exist).

Kesepakatan itu terjadi hanya beberapa hari setelah layanan messaging lain diakuisisi seperti Viber yang dibeli oleh Rakuten dengan relatif sederhana yaitu sebesar $ 900 juta.

Jika kesepakatan jatuh dan terjadi karena kegagalan untuk mendapatkan persetujuan dalam peraturan maka Facebook akan membayar WhatsApp biaya sebesar $ 2 milyar dalam bentuk tunai dan saham. 
Facebook Akan Membeli WhatsApp Seharga $ 16 Milyar, bagaimana pendapat anda? Via AA.

1 comment for "Facebook Akan Membeli WhatsApp Seharga $ 16 Milyar"

  1. Info menarik, :)
    Ternyata Alice YGK masih aktif di blogger :)

    ReplyDelete