Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghadapi Bullying Di Sosial Media Atau Di Dunia Nyata



Tips Menghadapi Bullying Di Sosial Media Atau Di Dunia Nyata

Tips Menghadapi Bullying Di Sosial Media Atau Di Dunia Nyata

Baik di kenyataan atau sosial media, medsos, media sosial selalu ada ada korban bullying, semoga Anda bukan termasuk salah satu diantaranya. Temanku pernah bilang, ''Tukang bully ya kena bully, tapi tetap saja menyatakan sebagai korban bully.'' Kalau bullying terjadi pada anak usia remaja, usia sekolah menengah atau ABG (anak baru gede) itu mungkin wajar-wajar saja. Banyak di media luar atau media lokal yang memberitakan tentang kejadian korban bully sampai mengakibatkan bunuh diri, begitu tragis memang. Di bawah ini ada sedikit tips simple tentang cara menghadapi bullying:

Bertindak dengan kesadaran, tenang, respect, dan penuh keyakinan

Orang cenderung akan memilih untuk melihat pada kecenderungan apakah mereka sedang berjalan, duduk, atau apakah mereka sedang bertindak dengan kesadaran, tenang, respect, dan dengan keyakinan. Memproyeksikan sesuatu ke hal positif,  juga dengan sikap tegas berarti kita juga sedang menjaga harga diri sendiri dan bergerak menjauh dari orang-orang yang mungkin menyebabkan masalah.

Berlatih untuk pergi dengan kesadaran, tenang, dan percaya diri, dan tetap respect

Hindari untuk melirik kembali melihat mana pem-bully. Berlatih untuk meninggalkan dengan cara tegas, mengatakan sesuatu yang netral dengan nada biasa atau normal. Tegaskan pada diri bahwa melangkah keluar dari barisan atau mengubah kursi seringkali merupakan pilihan paling aman untuk semakin menjauh dari seseorang yang bertindak tidak aman, nyaman.

Memilih lingkungan yang ramah dan aman untuk semua orang

Menghindari atau hindarilah lingkungan yang bisa berubah menjadi kejam atau menyakitkan, yang mungkin juga terjadi secara langsung, melalui media sosial, media online. Selalu memberikan contoh yang baik, bijaksana tentang apa yang Anda katakan dan lakukan. Hindari bahasa prasangka atau dalam berkomentar, walau itu hanya berbentuk lelucon, tetap belajar untuk berbicara dengan tata bahasa yang sopan.

Itulah tips menghadapi bullying di sosial media atau di dunia nyata, walau hanya singkat tapi semoga bermanfaat! Salam!

Image Source: Pinterest.

Post a Comment for "Tips Menghadapi Bullying Di Sosial Media Atau Di Dunia Nyata"