Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kulon Progo Terkenal Dengan Tempat-tempat Wisata Yang Indah



Kulon Progo Terkenal Dengan Tempat-tempat Wisata Yang Indah

Sebenarnya sudah lama tempat-tempat wisata di Kulon Progo itu ada, tapi baru ter-ekspos pada akhir-akhir ini. Di Kecamatan Girimulyo dan Samigaluh banyak sekali ditemukan tempat-tempat wisata yang indah seperti gunung, waterfall atau curug dan wisata alam lainnya.

Kecamatan Girimulyo dan Samigaluh letaknya di daerah pegunungan, bisa dibilang merupakan daerah dataran tertinggi di DIY selain Gunung Kidul. Nah dari situlah kita bisa temukan hal-hal menarik dengan keindahan alamnya yang indah, natural atau alami.

Kec. Samigaluh dan Girimulyo sekarang ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Jogja kota seperti Bantul, Sleman, dll selain itu juga terdapat wisatawan yang datang dari daerah Jawa tengah. Seperti yang kita tahu bahwa Samigaluh dan Girimulyo juga merupakan wilayah perbatasan dengan Jawa Tengah, bisa dibilang antara keduanya memang daerah/wilayah yang alam dan penduduknya bertetangga akrab.


Curug Gandu

Banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang sekarang ini sedang/mulai tenar, terkenal di Kabupaten Kulon Progo karena tempat wisata tersebut memang benar-benar menarik, alami dan indah. Kalau Pantai Glagah, Goa Kiskendo, Clereng atau Makam Girigondo mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita.

Ada lagi Waduk Sermo di Girimulyo yang juga merupakan tempat wisata irigasi yang sudah tidak asing lagi karena sudah lama terkenal. Tempat-tempat wisata baru di Kulon Progo saat ini memang sudah banyak yang dikelola oleh pemerintah dan penduduk setempat, seperti Kalibiru Kokap, curug-curug di Samigaluh dan Girimulyo.

Dengan media internet atau teknologi yang semakin maju pada saat ini kita bisa dengan mudah mencari atau berkunjung ke tempat-tempat wisata indah di Samigaluh, Girimulyo. Disamping itu saat ini juga sudah banyak orang yang sharing di sosial media seperi Instagram, Facebook atau media sosial lainnya.


Puncak Suroloyo

Pada bulan Desember 2015 yang lalu aku juga sempat berkunjung ke tempat wisata di daerah Girimulyo dan Samigaluh yaitu:

  • Kebun Teh Nglinggo Samigaluh
  • Puncak Suroloyo
  • Curug Gandu
  • Curug Bendo
  • Curug Ngglimpang

Kulon Progo terutama daerah Samigaluh dan Girimulyo juga bisa dibilang Jogja lantai dua selain Gunung Kidul. Kalau di Gunung Kidul lebih terkenal dengan tempat wisata pantainya, dan kalau Kulon Progo terkenal dengan wisata gunung, kebun teh, curug. Kedua Kabupaten tersebut juga terkenal dengan wisata Goa dan curug.

Cukup dengan harga tiket Rp. 2000-5000 per/orang dewasa kita bisa memasuki tempat-tempat wisata yang indah di Kulon Progo. Selain itu pesanku safety first juga harus diutamakan karena kadang wisatawan yang datang dari daerah ngarai atau dataran rendah tidak biasa mengendarai kendaraan di jalan yang nanjak. 

Ada juga orang yang berkunjung ke curug dan meninggal karena berenang lalu tenggelam. Hal itu terjadi di Curug Bendo Girimulyo. Jadi, keselamatan tetap yang terpenting harus dijaga. Hal itu memang benar-benar terjadi, kalau tidak percaya tanya saja dengan penduduk setempat. Kecelakaan bisa saja terjadi dimana-mana, jadi kitalah yang seharusnya berhati-hati.

Sering ada mitos bahwa kalau ada kejadian kecelakaan di suatu tempat itu karena tempat tersebut ada penunggunya. Iya penunggunya adalah Sang Pencipta, mungkin manusianya saja yang grusah grusuh tidak sopan dengan alam, kurang hati-hati. Selain itu ada faktor takdir dan kodrat dari Sang Pencipta Allah.

Alam ini sebenarnya ringkas, sering manusianya saja yang membuatnya ribet! Salam traveling.