Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Doodle Leap Year 2016: 29 Febuari



Google Doodle Leap Year 2016: 29 Febuari

Hari ini adalah Isnin atau Hari Senin, Monday Tanggal 29 Febuari 2016, tepatnya merupakan hari terakhir di Bulan Febuari 2016. Tidak seperti biasanya Bulan Febuari tahun ini ada 29 hari, dimana tahun yang lalu hanya berjumlah 28 hari.

Seperti yang terlihat pada halaman muka pencarian Google di hari ini terdapat Google Doodle Leap Year 2016. Terlihat video gif tentang kelinci ber-angka 29 yang melompat dan menempati di antara dua kelinci yang ber-angka 28 dan angka 1.




Di bawah ini adalah penjelasan tentang mengapa Bulan Febuari memiliki 29 hari setiap empat tahun:

Sebuah tahun kabisat (Leap Year), di mana terdapat satu hari ekstra ditambahkan ke hari akhir Bulan Februari setiap empat tahun, adalah ke disparitas tata surya dengan kalender Gregorian.

Sebuah orbit lengkap bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu persis 365.2422 hari untuk mencapainya, tapi kalender Gregorian menggunakan 365 hari.

Jadi lompatan detik dan tahun kabisat ditambahkan sebagai cara menyimpan jam, kalender yang sinkron dengan Bumi dan musim nya.

Demikian juga di Timeline Facebook aku hari ini juga diingatkan oleh FB seperti gambar di bawah ini:



Google Doodle Leap Year berikutnya akan jatuh empat tahun kemudian di tanggal 29 Febuari, semoga kita semua diberi kesehatan, umur panjang agar bisa jumpa dengan tahun kabisat berikutnya, Amiin.