Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga

Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga


Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga

Artikel ini berhubungan dengan entri yang aku tulis sebelumnya yaitu Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja, dimana penyebab umum kenakalan remaja berasal dari faktor keluarga diantaranya adalah masalah-masalah seperti di bawah ini:

Masalah psikologis di dalam keluarga

Masalah psikologis pada orang tua atau saudara kandung juga bisa menjadi faktor resiko kenakalan remaja. Penyakit mental atau masalah psikologis tersebut contohnya: depresi, frustrasi, agresi atau perilaku hiper yang ditunjukkan oleh orang tua, hal itu dapat membuat anak merasa kekurangan dan rendah di antara teman-temannya. Kadang-kadang anak mengalami depresi dan kemarahan karena perilaku orang tua atau saudara kandung yang lebih tua.

Keluarga yang punya masalah sosial

Dalam kebanyakan keluarga, orang tua atau saudara yang lebih tua akan terlibat dalam berbagai masalah sosial. Terdapat berbagai masalah seperti diskriminasi gender, diskriminasi usia, diskriminasi rasial, atau pelanggaran norma-norma. Anak-anak dan remaja akan belajar dari apa yang mereka lihat di dalam keluarganya. Di kebanyakan keluarga kaya, orang tua tidak merasa malu terhadap kelakuan anaknya, dan anak-anak tidak bisa mengerti bahwa kelakuan yang menyimpang dari norma-norma adalah berlawanan dengan aturan moralitas masyarakat. Masalah sosial keluarga menyebabkan mereka stres, dan karena stres remaja terlibat dalam kenakalan atau kekerasan.


Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga


Masalah moral dalam keluarga

Moralitas adalah masalah paling penting yang harus diambil perhatian pada kalangan remaja saat ini. Remaja harus tahu tentang bagaimana cara menghormati keluarga dan orang lain. Mereka harus menghormati semua orang yang mereka kenal dan temui. Beberapa orang tua tidak mengurus kakek nenek mereka, dan itu adalah fakta yang perlu diketahui bahwa anak-anak yang melihat orang tuanya tidak menghormati kakek neneknya, maka anak-anaknya juga tidak akan menghormati orang tua mereka dan saudara yang lebih tua.

Cara orang tua mendidik anaknya

Gaya atau cara orang tua mendidik atau mengasuh anak juga penting dan berpengaruh. Banyak peneliti mengatakan bahwa itu adalah salah satu alasan terbesar mengapa remaja melakukan kejahatan. Beberapa orang tua kadang mendidik anaknya dengan ketat dan keras contonya bahwa mereka akan menghukum anak-anaknya hanya karena masalah kecil atau sepele. Hal itulah yang membuat nak-anak mulai tidak menghormati orang tuanya dan mereka menjadi nakal.

Di entri berikutnya aku akan menuliskan tentang solusi dari masalah kenakalan remaja seperti yang tersebut di atas.

Post a Comment for "Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga"