Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja

Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja


Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja juga dikenal sebagai kejahatan remaja, seperti kejahatan yang dilakukan oleh manusia tapi kejahatan ini berbeda, karena dilakukan oleh anak-anak muda atau remaja. Mereka adalah anak-anak remaja lelaki dan perempuan yang masih punya pemahaman kurang terhadap kehidupan dunia, atau belum matang.

Yang bertanggung jawab dalam hal ini (kenakalan remaja) adalah orang tua, guru, dan teman-teman. Itulah sebabnya mengapa pengadilan tidak menghukum remaja seperti mereka menghukum orang dewasa ketika mereka melakukan kejahatan. Ada pengadilan remaja yang bertujuan untuk memberi hukuman, agar bisa membantu mereka dalam memahami pentingnya meninggalkan kelakuan nakal atau kriminal kejahatan.

Terdapat berbagai teori tentang kenakalan remaja dan berbagai peneliti telah melaporkan alasan yang berbeda dari setiap kenakalan. Sebagian besar remaja yang badung atau nakal memiliki latar belakang sosial, ekonomi atau psikologis yang rendah. Beberapa penyebab paling umum dari kenakalan remaja salah satunya adalah latar belakang keluarga.

Keluarga merupakan lembaga sosialisasi dasar atau pertama untuk anak-anak. Anak-anak mulai belajar konsep dasar tentang baik dan buruk adalah dari keluarga mereka. Didikan keluarga akan membentuk nilai-nilai dan norma-norma dalam masyarakat. Keluarga bisa membentuk personality yang baik atau menghancurkan kepribadian (personality) anak-anak. Di dalam keluarga peran paling penting dimainkan oleh orang tua dan saudara kandung.

Sebagian besar remaja yang menunjukkan perilaku nakal dalam bentuk apapun, memiliki latar belakang keluarga yang tidak bisa memberikan pondasi yang benar dan kuat terhadap anak-anaknya. Keluarga yang berantakan, keluarga atau anak dengan orang tua tunggal, keluarga yang terpisah, cerai-berai, seringnya orang tua berantem, kurangnya kepercayaan dan keyakinan di antara kedua orang tua, orang tua yang punya kasus kriminal, orang tua yang punya masalah psikologis dapat menjadi alasan atau penyebab penting di balik kenakalan remaja.

Alasan lain adalah persaingan saudara atau perlakuan orang tua yang tidak sama/adil terhadap anak-anaknya. Orang tua dan saudara yang lebih tua memiliki tanggung jawab di dalam membentuk kepribadian anak-anak. Ketika orang tua atau saudara kandung tidak menunjukkan perilaku yang bermoral atau mereka melakukan kejahatan, maka adik-adiknya kemungkinan juga mendapatkan motivasi untuk melakukan sesuatu yang buruk atau perilaku nakal.

Post a Comment for "Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja"