Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Bagasi Pesawat Air Asia (Pengalamanku)

Kelebihan Bagasi Pesawat Air Asia (Pengalamanku)

Kelebihan Bagasi Pesawat Air Asia (Pengalamanku)

Sekali aku mengalami kelebihan bagasi saat chek in sebelum menaiki pesawat air asia. Sebelumnya aku tidak pernah mengalaminya walau sudah banyak sekali menaiki pesawat, dan paling hanya membayar uang beberapa ribu saja kalau pesawat lain. Banyak orang yang mengeluhkan tentang biaya bagasi air asia yang mahal, iya memang mahal.

Aku pernah bilang sama temanku bahwa kelihatannya sih pesawat air asia harga tiketnya murah, banyak promo tapi setelah ditambah biaya lainnya seperti travel protection, bagasi 20kg keatas, biaya proses, pajak harga tiketnya menjadi mahal. Kalau tanpa membawa bagasi mungkin biayanya akan lebih murah. Ya akan lebih murah saat ada harga promo dan bukan pas hari libur atau musim liburan, libur panjang, dan itu akan menjadi pilihan banyak orang yang standard-nya biasa seperti aku.

Aku selalunya beli tiket pesawat air asia secara online banking atau menggunakan visa dan itupun dicas biaya proses. Pada bulan Desember 2015 yll aku naik pesawat air asia dari Senai Johor, Malaysia jurusan Jogja, juga membeli tiket secara online tapi aku tledor saat memilih jumlah kg bagasinya aku centang/memilih 20kg saja, sedangkan aku membawa koper tanggung agak besar dengan isi banyak, dan setelah ditimbang saat chek in ternyata kelebihan berat 3kg.

Untunglah tidak didenda suruh membayar kelebihan berat bagasi, tapi hanya disuruh mengurangi isi koper sebanyak 3kg. Waktu itu aku buka koperku dan aku ambil isinya kurang lebih 3kg, kebetulan aku juga membawa tas ransel yang agak besar dan masih bisa muat.

Membeli tiket sendiri secara online sebetulnya lebih irit, dan memang harus mempertimbangkan terlebih dahulu barang yang akan dibawa kira-kira banyak atau tidak, kopernya besar atau kecil, kira-kira berapa kilo beratnya. Saat membeli tiket pesawat air asia secara online juga ada option pilihan tentang berapa kilo kira2 berat bagasi yang akan dibawa yaitu 20kg, 25kg, 30kg, dst dengan harga semakin tinggi.

Kesalahan selalu ada hikmahnya, dan membuat kita lebih pintar, bijak :D karena untuk ke depan kita jadi tahu dan tidak akan mengulanginya. Semua memang sudah jelas dan ada petunjuknya kalau kita melihat dengan jeli, dan aku selalu belajar dari kesalahan.


2 comments for "Kelebihan Bagasi Pesawat Air Asia (Pengalamanku)"

  1. Aku paling sering niih kelebihan bagasi hehehe. Dan kalau dengan budget airline, memang harus teliti termasuk urusan bagasi ya.. Salam kenal et cheers from NYC ;)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah nih punya pengalamana kelebihan bagasi, karena emang selalu pilih ngga pakai bagasi. Terakhir pas pulang dari Hongkong, terpaksa banget beli bagasi karena ternyata bawaannya jadi lebih banyak (efek oleh-oleh). Beli langsung lewat website dan emang mahalll. Makanya males banget deh kalau terbang pakai bagasi segala.

    ReplyDelete