Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Rasa Khawatir di Imigrasi Singapura

Mengatasi rasa khawatir di Imigrasi Singapura


Mengatasi Rasa Khawatir di Imigrasi Singapura

Sudah beberapa kali aku berkunjung ke kota singa atau Singapore/Singapura melalui pintu masuk Bandara Changi dan Woodlands. Percaya diri saja selama kita tidak punya blacklist, selama kita tidak punya niat buruk.

Aku pernah membaca di beberapa artikel tentang keluhan pemegang pasport Indonesia atau WNI yang kena tahan di pintu masuk inigrasi Singapore, terutama yang melalui Woodlands Check Point atau melalui pelabuhan Harbour Front Sentosa.

Apa sih yang membuat mereka harus masuk office dulu saat ingin memasuki negara itu? mungkin karena data di pass warna putih itu tidak lengkap, karena penampilannya kurang rapi atau karena nama mereka menyerupai atau dianggap seorang kriminal teroris, hiks!

Negara Singapura memang punya peraturan ketat, disiplin dan rapi, tentu saja mereka melakukan pemeriksaan ketat di setiap pintu masuk karena negaranya tidak ingin kemasukan orang-orang yang tidak diinginkan. Kenyataannya bukan hanya WNI yang sering ketahan di office imigration, tapi orang-orang dari negara lain juga banyak, dan imigrasinya dilengkapi dengan peralatan canggih.

Aku pikir juga agak keterlaluan, karena kekhawatiran mereka itu mengakibatkan orang lain menjadi terlibat, padahal banyak orang-orang kita (Indonesia) yang bepergian ke Singapore hanya untuk traveling.

Terus gimana sih agar kita lolos masuk ke Singapura? Susah mau bilang sih karena kadang faktor nasib juga mempengaruhi. Petugas imigrasi negara itu terdiri dari orang Cina, Melayu dan India karena Singapura penduduknya majemuk kaum tersebut.

Yang penting kalau kita orang Indonesia mau masuk ke singapura, inilah yang harus diperhatikan waktu di imigrasi:

  • berpakaian rapi
  • berpenampilan sopan
  • tidak usah grogi tapi PD saja
  • tersenyumlah dengan orang yang akan mengecop paspor nanti, jangan berwajah sangar, garang
  • isi pass masuk dengan lengkap dan benar
  • alamat tujuan harus diisi dengan jelas
  • jangan membawa barang terlarang seperti permen karet, rokok, cairan atau serbuk berbahaya, dan barang larangan berbahaya lainnya.

Tanggal 4 Juni'16 atau hari Sabtu nanti rencananya aku juga akan ke Singapura, semoga berjalan lancar. Semoga Anda teman-teman dari Indonesia yang ingin ke singapore juga lancar dan tidak harus digiring ke office dulu :D.

Post a Comment for "Mengatasi Rasa Khawatir di Imigrasi Singapura"