loveheaven07

Discipline And Responsibility

Discipline And Responsibility


Discipline And Responsibility

Tingkatan tantangan hidup manusia pada remaja sekitar umur 15 sampai 21 adalah tidak mudah karena pada umur segitu remaja harus menempuh hakikat perjuangan hidup yang sebenarnya, juga terjadi perubahan tingkah laku, sikap, nilai, juga semua cara hidup di alam kanak-kanak ke arah yang lebih dewasa dan matang.

Mungkin sebagai seorang orang tua juga tidak mudah membimbing remaja umur segitu, penuh dengan tantangan dalam memahami dan membimbing untuk menjadikan mereka pribadi yang ber ilmu, ber akhlak, matang, dewasa dan bertanggung jawab. Nah cara membimbing dan melatih ke arah mana seperti yang dikehendaki adalah melalui disiplin diri.

Apa itu disiplin? disiplin tidak hanya membantu remaja membuat keputusan, tingkah laku dengan bijak tapi juga mendidik remaja bertanggung jawab dalam membuat tindakan dan pilihan. 
Disiplin adalah suatu peraturan, dia harus ada musyawarah dan persetujuan yang bisa membuat remaja bersemangat, merangsang perkembangan, membantu anak berfikir dengan aktif, tanpa disadari juga bisa melahirkan kasih sayang terhadap orang tua atau teman.


Discipline And Responsibility


Discipline And Responsibility

Mungkin apabila orang tua terlalu cerewet, terlalu memaksa, tidak memahami perasaan anak, suka mengekang, selalu menekan, malah suka membanding-bandingkan antara adik/kakak kandung atau orang lain itu bisa menimbulkan masalah antara anak dengan ortu, so lebih baik menggunakan pendekatan yang bijak dan masuk akal/logis, memberi kesempatan kepada remaja untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab.

Rasionalnya semua orang perlu berdisiplin karena tidak ada seorangpun yang dilahirkan mempunyai kebebasan mutlak, mungkin orang tua berhak memberikan hukuman apabila anak melanggar disiplin misalnya tidak boleh keluar rumah, tidak boleh main komputer, membatasi uang saku, dll atau hukuman fisikal seperti, cubit, pukul itu contohnya saja dengan tujuan untuk mencegah anak melakukan apa yang tidak disukai oleh orang tua.

Bukan semua hukuman yang diberikan orang tua memberi kesan positif kepada anak, sebaliknya bisa menjadikan anak seorang yang suka memberontak, pendendam, kadang di dalam rumah saja anak nurut tapi di luar tidak tahu gimana kelakuannya hehe...nah kelakuan anak dalam mendidik ke arah disiplin dan tanggung jawab itu tergantung bagaimana didikan orang tua dengan gaya ke-ibu bapak-annya apalagi di zaman yang semakin modern ini.

Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga

Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga


Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga

Artikel ini berhubungan dengan entri yang aku tulis sebelumnya yaitu Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja, dimana penyebab umum kenakalan remaja berasal dari faktor keluarga diantaranya adalah masalah-masalah seperti di bawah ini:

Masalah psikologis di dalam keluarga

Masalah psikologis pada orang tua atau saudara kandung juga bisa menjadi faktor resiko kenakalan remaja. Penyakit mental atau masalah psikologis tersebut contohnya: depresi, frustrasi, agresi atau perilaku hiper yang ditunjukkan oleh orang tua, hal itu dapat membuat anak merasa kekurangan dan rendah di antara teman-temannya. Kadang-kadang anak mengalami depresi dan kemarahan karena perilaku orang tua atau saudara kandung yang lebih tua.

Keluarga yang punya masalah sosial

Dalam kebanyakan keluarga, orang tua atau saudara yang lebih tua akan terlibat dalam berbagai masalah sosial. Terdapat berbagai masalah seperti diskriminasi gender, diskriminasi usia, diskriminasi rasial, atau pelanggaran norma-norma. Anak-anak dan remaja akan belajar dari apa yang mereka lihat di dalam keluarganya. Di kebanyakan keluarga kaya, orang tua tidak merasa malu terhadap kelakuan anaknya, dan anak-anak tidak bisa mengerti bahwa kelakuan yang menyimpang dari norma-norma adalah berlawanan dengan aturan moralitas masyarakat. Masalah sosial keluarga menyebabkan mereka stres, dan karena stres remaja terlibat dalam kenakalan atau kekerasan.


Penyebab Kenakalan Remaja Dari Faktor Keluarga


Masalah moral dalam keluarga

Moralitas adalah masalah paling penting yang harus diambil perhatian pada kalangan remaja saat ini. Remaja harus tahu tentang bagaimana cara menghormati keluarga dan orang lain. Mereka harus menghormati semua orang yang mereka kenal dan temui. Beberapa orang tua tidak mengurus kakek nenek mereka, dan itu adalah fakta yang perlu diketahui bahwa anak-anak yang melihat orang tuanya tidak menghormati kakek neneknya, maka anak-anaknya juga tidak akan menghormati orang tua mereka dan saudara yang lebih tua.

Cara orang tua mendidik anaknya

Gaya atau cara orang tua mendidik atau mengasuh anak juga penting dan berpengaruh. Banyak peneliti mengatakan bahwa itu adalah salah satu alasan terbesar mengapa remaja melakukan kejahatan. Beberapa orang tua kadang mendidik anaknya dengan ketat dan keras contonya bahwa mereka akan menghukum anak-anaknya hanya karena masalah kecil atau sepele. Hal itulah yang membuat nak-anak mulai tidak menghormati orang tuanya dan mereka menjadi nakal.

Di entri berikutnya aku akan menuliskan tentang solusi dari masalah kenakalan remaja seperti yang tersebut di atas.

Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja

Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja


Peran Penting Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja juga dikenal sebagai kejahatan remaja, seperti kejahatan yang dilakukan oleh manusia tapi kejahatan ini berbeda, karena dilakukan oleh anak-anak muda atau remaja. Mereka adalah anak-anak remaja lelaki dan perempuan yang masih punya pemahaman kurang terhadap kehidupan dunia, atau belum matang.

Yang bertanggung jawab dalam hal ini (kenakalan remaja) adalah orang tua, guru, dan teman-teman. Itulah sebabnya mengapa pengadilan tidak menghukum remaja seperti mereka menghukum orang dewasa ketika mereka melakukan kejahatan. Ada pengadilan remaja yang bertujuan untuk memberi hukuman, agar bisa membantu mereka dalam memahami pentingnya meninggalkan kelakuan nakal atau kriminal kejahatan.

Terdapat berbagai teori tentang kenakalan remaja dan berbagai peneliti telah melaporkan alasan yang berbeda dari setiap kenakalan. Sebagian besar remaja yang badung atau nakal memiliki latar belakang sosial, ekonomi atau psikologis yang rendah. Beberapa penyebab paling umum dari kenakalan remaja salah satunya adalah latar belakang keluarga.

Keluarga merupakan lembaga sosialisasi dasar atau pertama untuk anak-anak. Anak-anak mulai belajar konsep dasar tentang baik dan buruk adalah dari keluarga mereka. Didikan keluarga akan membentuk nilai-nilai dan norma-norma dalam masyarakat. Keluarga bisa membentuk personality yang baik atau menghancurkan kepribadian (personality) anak-anak. Di dalam keluarga peran paling penting dimainkan oleh orang tua dan saudara kandung.

Sebagian besar remaja yang menunjukkan perilaku nakal dalam bentuk apapun, memiliki latar belakang keluarga yang tidak bisa memberikan pondasi yang benar dan kuat terhadap anak-anaknya. Keluarga yang berantakan, keluarga atau anak dengan orang tua tunggal, keluarga yang terpisah, cerai-berai, seringnya orang tua berantem, kurangnya kepercayaan dan keyakinan di antara kedua orang tua, orang tua yang punya kasus kriminal, orang tua yang punya masalah psikologis dapat menjadi alasan atau penyebab penting di balik kenakalan remaja.

Alasan lain adalah persaingan saudara atau perlakuan orang tua yang tidak sama/adil terhadap anak-anaknya. Orang tua dan saudara yang lebih tua memiliki tanggung jawab di dalam membentuk kepribadian anak-anak. Ketika orang tua atau saudara kandung tidak menunjukkan perilaku yang bermoral atau mereka melakukan kejahatan, maka adik-adiknya kemungkinan juga mendapatkan motivasi untuk melakukan sesuatu yang buruk atau perilaku nakal.

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Jelek

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Jelek


Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Jelek

Betapa tersiksanya kalau hidup dihantui dengan kebiasaan jelek, dan yang pasti Anda akan berusaha untuk meninggalkannya. Sebelumnya saya juga pernah menuliskan tentang tema yang sama yaitu Cara Menghilangkan Kebiasaan Yang BurukSifat Negatif Dan Cara Menghindarinya

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Jelek
  • Bersabarlah! Anda tidak akan mungkin dapat menghentikan kebiasaan yang jelek dalam sehari. Secara otomatis kebiasaan itu dilakukan lagi dan kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari melakukannya lagi.
  • Berpura-pura kehancuran yang mengawasi Anda. Apakah Anda menggigit kuku atau merusak barang kepunyaan orang yang special di sekitar Anda.
  • Berpikir positif, memuji diri sendiri ketika Anda telah mencapai tujuan Anda! Jadilah yang terbaik untuk diri sendiri. Mengalahkan diri dengan kesengajaan melakukan kebiasaan yang buruk, itu tidak akan membantu Anda.
  • Dapatkan dukungan dari orang lain. Katakan kepada mereka apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu Anda. Ini akan membuatnya lebih mudah lagi untuk mencapai tujuan Anda.
  • Gunakan sesuatu seperti karet gelang, setiap kali Anda mendapatkan diri Anda melakukan kebiasaan jelek lagi, jepret karet gelang di pergelangan tangan Anda.
  • Lihat tentang kebiasaan Anda, realitas kebiasaan Anda yang negatif dan konsekuensinya dapat memaksa Anda untuk tidak melakukannya lagi. 
  • Lakukanlah hal positif agar lebih memotivasi lagi misalnya membaca majalah atau artikel kesehatan, psikologi yang berjudul akibat buruk melakukan kebiasaan jelek. Hal ini juga akan membantu dengan memberikan Anda rasa kejelasan dan Anda harus melihat gambaran besar tentang yang buruk dan yang baik (yang harus dilakukan dan yang tidak).
  • Tergantung pada seberapa serius kebiasaan Anda (seperti minum/drug, merokok, dll), tentang hal yang sudah serius, Anda mungkin perlu bantuan dari orang profesional.

Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan Jelek


Itulah cara mudah menghilangkan kebiasaan jelek, untuk Anda yang sedang berniat meninggalkannya, semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda.

Remaja Jaman Sekarang

Remaja Jaman Sekarang

Remaja Jaman Sekarang

Kemarin baru aku membaca tautan di Google Plus dari yang terhormat beliau Bapak Felix Siauw disitu postingnya bagus-bagus dan informativ, semua berisi motivasi, agama yang bisa untuk memotivasi hidup kita kalau mau membacanya. Teman-teman ada yang belum join G+ kah? 

Remaja di jaman sekarang itu sudah tentu berbeda dari remaja di tahun 90 an. Kemajuan tehnologi kadang bukan digunakan untuk semua hal yang positif tapi malah kadang berpengaruh negatif terhadap remaja jaman sekarang.

Masalah remaja sudah seriuskah?

Waduh kalau membahas soal ini pasti semua orang bakal punya pandangan lain yang berbeda-beda jadi biar aku menulis secara santai aja gak usah dengan kata-kata yang ''serius amat'' walau sebenarnya kalau sudah membahas remaja di jaman sekarang ''itu sesuatu masalah yang serius'' jadi aku ingin menuliskan point-point yang mungkin harus diperhatikan.

Faktor dari orang tua

Kembali kepada didikan orang tua, walau mungkin untuk mendidik anak di jaman sekarang itu pasti 'not easy, right?' didikan agama, moral, keterbukaan orang tua dengan anak, jangan terlalu mengekang dan jangan terlalu memberi kebebasan bla bla bla tapi yang jelas penting juga adalah ''doa-doa orang tua terhadap anaknya agar anak menjadi anak yang sholeh dan selalu diberi petunjuk, terhindar dari pengaruh negatif jaman sekarang'' 
Remaja Jaman Sekarang
Emosional remaja di masa pancaroba

Sebenarnya di entri-entri sebelum ini aku sudah sering menuliskan tentang psikologi remaja, motivasi remaja dan topik ini juga agak sama. Masa remaja adalah masa pancaroba yang selalu ingin tahu tentang seks juga kali hingga kadang mungkin 'kebablasen' dan gak bisa membedakan apakah benar dan salahnya....xP. Kalau mbahas soal ini bakalan panjang dan gak ada habisnya.

Point penting buat remaja yang harus diperhatikan bahwa emosi pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor:
  • lingkungan
  • keluarga
  • pengaruh teman
  • aktivitas sehari-hari
Apabila kreativitas remaja tidak disalurkan dengan benar itu akan menimbulkan 'penyelewengan tingkah laku' yang tidak sehat. Jadi remaja mesti jelas tentang:
  • emosi diri
  • tau cara terbaik untuk mengawal emosi itu
  • remaja yang bisa mengawal diri adalah remaja yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, walau seperti apapun keadaanya
  • bisa mengendalikan perasaan
  • selalu mendekatkan diri dengan Allah dan kuatkan iman.
Akhir kata di entri ini, mari kita melihat di sekeliling kita 'bagaimanakah remaja kita' semoga remaja jaman sekarang akan mempunyai kecerdasan emosional yang akan membuat remaja/seseorang bisa mengendalikan emosinya. Kecerdasan emosional adalah ''kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memotivasi diri dan ketahanan dalam menghadapi setiap kegagalan, cobaan hidup.''

Tipe lelaki yang disukai wanita

Tipe lelaki yang disukai wanita
Tipe lelaki yang disukai wanita
Pasti terdapat sifat-sifat dari lelaki idaman yang tidak disukai oleh wanita, jadi memang antara lelaki dan perempuan itu harusnya saling memahami. Saling memahami juga bisa diartikan begini,''lelaki atau cowok harus tahu sifat-sifat yang tidak disukai wanita/cewek dan sebaliknya.'' 

Pastinya itu dalam suatu hubungan agar suatu hubungan itu akan terus harmonis dan kita menjadi tahu apa yang harus dilakukan, indahnya kalau pasangan itu memahami kita, itu akan membuat hati damai dan bahagia. Dan sifat-sifat yang menyinggung, menyakiti itu juga merupakan sifat terlarang yang dilarang oleh agama. Beberapa tipe lelaki yang disukai wanita aku akan menuliskan seperti di bawah ini:

Lelaki yang bersih atau clean and trendy
Style pakaian yang dipakai atau trendy itu juga mencerminkan kepribadian seorang lelaki. Juga faktor kebersihan, jadi faktor ini memang harus diperhatikan oleh lelaki.

Jangan berpakaian berwarna-warni
Susah banget aku akan memilih perkataan hehehe... jadi aku menulis 'berpakaian berwarna-warni'. Jangan memakai pakaian yang berwarna-warni karena itu akan mengurangi gaya penampilan, malah penampilan akan menjadi cacat dan aneh. Sebaiknya pakaian warna putih, hitam atau biru laut, kalau warna pink gimana ya? menurut aku kalau lelaki berpakaian warna pink itu agak wagu, sorry itu tergantung selera juga sih.

Tipe lelaki yang disukai wanita

Lelaki yang humoris
Humoris atau suka humor, kebanyakan wanita akan suka dengan lelaki yang selalu bisa membuat tertawa. Tapi kalau memang anda adalah lelaki yang tidak mempunyai sifat humoris, cobalah jadi teman wanita yang mengasyikkan.

Lelaki yang cool
Apa sih artinya 'cool' cool menurut aku itu cuek atau PeDe...so sebagai cowok atau lelaki jangan sampai terlihat penakut di depan cewek/wanita, jadi sebagai lelaki memang harus maintenance cool di depan wanita Wanita memang memerlukan lelaki cool yang bisa selalu menenangkannya.

Friendly
Please boy 'be friendly' artinya walau sehebat apapun sebagai lelaki janganlah mempunyai sifat yang sombong atau tidak friendly karena wanita tidak suka lelaki yang punya sifat seperti itu. Jadilah lelaki yang rendah hati, friendly, periang, dan suka bergaul dengan baik.

Sebenarnya masih banyak lagi tipe lelaki yang sidukai wanita dan aku akan menuliskan di entri berikutnya Insya Allah. Sengaja aku menuliskan 5 tipe saja dulu agar mudah difahami, dan anda tidak bosan membacanya.

Abg Jogja Jadilah Pendengar yang Baik

abg jogja jadilah pendengar yang baik

Apakah yang dimaksud dengan pendengar yang baik itu? Pendengar yang baik itu adalah memusatkan pikiran dan perhatian kepada nasehat atau pesan yang disampaikan oleh seseorang. Seseorang itu bisa saja dari orang tua, guru, penasehat, dll. Dan yang akan aku tulis saat ini tentang tema KBJ peduli dengan remaja jogja dalam rangka menyapu konten negatif tentang ABG JOGJA. Nah cara yang baik untuk remaja agar menjadi pendengar yang baik aku akan tuliskan seperti di bawah ini:

☞ Memberi contoh yang baik ini adalah cara yang peling manjur juga untuk remaja terutama orang tua atau orang dewasa yang lebih tua. Mengajak remaja berbicara karena biasanya remaja akan meluahkan perasaan kepada seseorang apabila punya masalah atau sesuatu yang penting. Tapi bukan semua remaja itu mau mengungkapkan masalahnya, jadi orang yang lebih dewasa harus memulai bicara dengan memancingnya dengan kata-kata yang tepat.

☞ Sebagai orang yang lebih tua harusnya juga menjadi pendengar yang baik terhadap remaja, jangan malah malas atau tidak mau mendengar keluhannya. Hak dan pendapat remaja itu juga harus dihormati, mendengar dengan sabar. Manusia akan lebih cepat berfikir daripada berbicara dan orang dewasa akan lebih cepat dalam berfikir mencari kata-kata dibandingkan remaja.

☞ Apabila remaja menyembunyikan sesuatu itu bisa diperlihatkan dengan bermacam-macam ekspresi misalanya dari suaranya, ekspresi wajah, perubahan sikap. Jadi dari ekspresi remaja yang begitu orang dewasa bisa menentukan sikap yang pas. Jangan memprovokasi remaja yang sedang dalam keadaan seperti itu, karena itu malah bisa membuatnya diam dan tidak mau bersuara. Jadi lebih baik tanyakanlah dengan membuat pertanyaan yang mudah untuk memberikan remaja agar mau berbicara.

☞ Agar remaja menjadi pendengar yang baik orang dewasa juga harus menunjukkan perasaan empati yang baik, memahami perasaanya dan mampu menjadi lawan bicaranya dalam keadaan apapun. Ekspresi dan sikap yang baik dari orang yang lebih dewasa itu juga adalah cara yang lebih tepat untuk remaja. Dengan cara menceritakan pengalaman, juga menjelaskan perasaan terhadap pengalaman itu dengan kata-kata yang tepat dan bisa diambil hikmah dan contoh.

☞ Masa remaja adalah masa pancaroba, sebenarnya aku sudah sering menulis entry tentang remaja dan tantangannya. Dan aku pikir menjadi remaja sekarang itu bukan mudah karena jaman sudah semakin modern dan kalau tidak mengikuti perkembangan jaman juga akan ketinggalan. So untuk menanggapi tentang kata negatif terhadap abg jogja aku lebih suka berfikiran positif saja. Karena remaja itu adanya bukan hanya di jogja saja kan? di kota-kota yang lain juga ada dan lihatlah kelakuan mereka gimana? 

ABG JOGJA

Akhir kata dan kesimpulanku disini adalah bahwa peranan orang tua dalam mendidik remaja/abg itu sangat penting, selalu memberikan waktunya, memberi contoh yang baik dan yang penting harus ada ikatan batin. Kehidupan sosial remaja juga harus dipantau memang. Yang open berbicara, saling terbuka dengan komunikasi yang baik agar remaja kita atau abg bisa menjadi pendengar yang baik. 

Untuk abg jogja jadilah remaja yang baik dan jagalah nama baik jogja tercinta kita. Dan aku yakin sekarang ini pendidikan di jogja dan Indonesia umumnya juga sudah semakin maju, pendidikan formal nya sudah dimulai dari usia balita/PAUD, TK dan itu bisa menciptakan, menjadikan dasar untuk membentuk remaja yang punya karakter yang bagus.

Motivasi Untuk CEWEK JOGJA

cewek+alice+jogja

Sehubungan dengan kata-kata sembang di SERP tentang cewek jogja, aku ingin memberi motivasi yang mungkin berguna untuk kita semua. Walaupun kita hanya sebagai wanita atau cewek tapi semoga kita khususnya cewek jogja mempunyai potensi yang cerah untuk sukses. Allah swt memberikan kita anugerah berupa kemampuan masing-masing orang yang berbeda.


CEWEK+JOGJA+sopan

Walau kita wanita/cewek namun bisa juga menjadi seorang yang kreatif, apabila seseorang mempunyai ciri kreatif pasti kita tidak akan mempunyai rasa rendah diri. Kreatifitas juga harus diasah dan dibentuk, gak usah peduli dengan latar belakang kita sebagai alumni pendidikan yang tinggi atau tidak, miskin atau kaya, hidup di kota atau desa. Sebab penduduk di Yogyakarta juga remajanya ada yang berasal dari desa maupun kota. Untuk khususnya cewek jogja aku ingin memberikan motivasi kreatif yang semoga berguna seperti berikut:

• Gunakan pemikiran atau imajinasi secara bebas

Dengan memberikan imajinasi pemikiran secara bebas itu bisa menjadikan kita kreatif walau kadang melebihi batas. Tapi kita juga harus meneliti, memikirkan kebaikan dan keburukan dari pemikiran atau imajinasi yang bebas itu. Andai kurang sesuai, kurang cocok seperti yang diharapkan, coba lagi!

• Sebenarnya setiap wanita bisa menciptakan kreatifitas

Untuk menciptakan kreatifitas itu tidak harus diperlukan pendidikan yang tinggi, pangkat yang tinggi karena ada di antara kita yang tidak mampu mencapai pendidikan yang tinggi karena faktor kemampuan biaya misalnya. Itu bisa diciptakan dalam bentuk pekerjaan dalam kehidupan, ciptakanlah perkara yang baru, mulailah berfikir dan mencari jalan tanpa putus asa!

• Mengambil hikmah dari kesalahan, biarkan kita sesekali membuat kesalahan

Kita pasti pernah membuat kesalahan, tapi dari kesalahan itu kita bisa belajar dan memperbaikinya menjadi lebih baik. Apabila kita takut sekali melakukan kesalahan itu malah tidak akan membuat kita menjadi maju. Dengan membuat kesalahan kita bisa mengambil hikmah, menjadi lebih baik dan bisa menunjukkan kemampuan lebih baik yang kita punya ''belajarlah dari setiap kesalahan.''

• Penuhilah otak kita dengan berbagai informasi

Otak kita itu juga seperti perut, pikiran otak juga harus diisi, dikenyangi dengan semua/sesuatu yang bermutu atau berkualitas. Apabila kita berharap menjadi kreatif dan inovatif, maka jangan biarkan otak kita kosong tapi isilah dengan informasi baik melalui melihat tv dengan acara yang informatif, mendengarkan radio, membaca koran, majalah, membaca buku atau dari media yang lain.
Itu tadi kata motivasi dari aku, aku juga akan memberikan tips berupa kata-kata seperti di bawah ini:

SELALU BERUSAHALAH DENGAN PENUH KESUNGGUHAN
KARENA KESUNGGUHAN ADALAH KUNCI UTAMA
UNTUK DASAR MELAKUKAN USAHA DENGAN SEBAIK
BAIKNYA,
BAKARLAH SEMANGAT DENGAN FOKUS
DENGAN SEMBOYAN 'SUATU SAAT PASTI
BISA MENCAPAI APA YANG KITA INGINKAN,
SELALU BERPIJAK DI BUMI YANG NYATA,
BERFIKIRAN LUAS,
BELAJAR DAN MENDENGAR DARI ORANG LAIN
DAN LINGKUNGAN


cewek+jogja ramah

Untuk meluruskan kata-kata pincang tentang SERP cewek jogja yang negatif, dan gak tau itu kerjaan siapa. Jadi yang penting sekali lagi kita tunjukkan saja dengan sikap dan perilaku yang baik dan terpuji dan sopan. Karena kata-kata pincang itu tidak benar. Berharap semoga kata-kata motivasiku diatas berguna buat kita semua, salam 'ALICE YOGYA'

CEWEK JOGJA PINTAR

CEWEK JOGJA PINTAR
CEWEK JOGJA PINTAR

Yogyakarta itu terkenal kota pelajar, coba hitung aja ada berapa University di jogja. Pelajarnya juga datangnya dari mana-mana, baik dari luar jogja atau bahkan luar negeri seperti Malaysia, dll. Sebab aku kenal juga orang Malaysia yang kuliah di jogja. Aku ini juga berasal dari jogja lho, tentu kalian semua juga sudah tau itu di sign aku aja alice yogya. 

Jogja, namanya aja kota pelajar tentu cewek nya harus pinter donk. Aku yakin banyak cewek jogja yang berprestasi dan sukses. Tapi kenapa ya di telinga aku ini kadang mendengar tentang ''something that is not pleasant to hear that relate to women jogja.'' Maybe that is real but bukan semuanya begitu. Aku sebagai cewek jogja merasa tidak selesa, tidak enak mendengarnya. So harus bagaimana menghadapinya ya?

→ Jadikan Kritikan Itu Sebagai Penghormatan
Sebagai manusia kadang kita terpeleset juga. Apabila kita adalah seorang pemberi, mempengaruhi, memperbaiki, dan membangun kadang kita akan mendapatkan kritikan yang gak enak. Apabila kita mendapat kritikan, maka kita di mata mereka itu adalah orang yang berdosa, nilai-nilai luhur, sifat terpuji yang kita miliki menjadi hilang. 

Cewek jogja harus pintar, waspada terhadap yang mereka katakan, kuatkan jiwa untuk mendengar kritikan itu. Lebih baik bersikap laksana batu karang yang akan tetap kukuh berdiri walau diterpa butiran-butiran ombak dan air justru harus semakin kukuh karenanya.
CEWEK JOGJA PINTAR

Sebagai cewek jogja, jika kita terpengaruh kritikan dan hinaan mereka itu berarti telah meluluskan keinginan mereka untuk mengotori dan mencemarkan cewek jogja. So harus bagaimana? untuk menjawab, menghadapi kritikan itu berikan mereka penghormatan dengan menunjukkan akhlak dan karakter yang baik, ok !! Tunjukkan prestasi dan kepintaran kita. Andai ada di antara kita, kalian yang telah terpeleset maka perbaikilah dengan cara diam seribu bahasa itu lebih baik. Tapi harus meluruskan dan memperbaiki akhlak juga.

→ Pesanku 
''Kita pasti tidak mampu untuk menutup mulut manusia yang melakukan pelecehan terhadap kehormatan kita. Tetapi kita pasti mampu melakukan kebaikan dan menghindari perkataan dan kritikan itu. Perkataan pendengki itu tidak berarti, saat aku mendengarnya aku berkata pada diriku sendiri: lebih baik lari darinya dan membiarkan ucapan itu berlalu. 

Perkataan itu sama sekali tidak menimbulkan aib bagiku, dan selamanya tidak akan menyebabkan apa yang kumiliki menjadi berkurang apabila kita menjadi cewek pintar.'' Mari kita jaga nama baik jogja tercinta dan jadi cewek jogja yang pintar.

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Penyebab Umum Orang Salah Jalan

Kadang orang itu salah langkah, salah jalan dan mengambil sebuah pelarian. Kalau pelarian yang bagus it's ok kali ya hehehe...Sebuah kedewasaan juga dibutuhkan pengalaman, pengalaman itu kadang pahit dan hanya bisa mengambil hikmah positifnya saja dan kita akan lebih dewasa dalam pemikiran. Mungkin penyebab-penyebabbnya adalah seperti di bawah ini, tapi entah teman-teman semua setuju atau tidak :

▶ Kurang kasih sayang
Kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua bisa menyebabkan orang/remaja terjerumus dalam dunia luar yang gelap. Orang tua yang sibuk kerja misalnya sehingga kurang memperhatikan anakknya. 

▶ Tekanan hidup
Lingkungan itu berperan penting, remaja biasanya mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif. Masa remaja adalah masa awal mereka membesar dan belajar dengan keadaan lingkungan sekelilingnya. Keadaan lingkungan yang menggoda adalah suatu yang harus diperhatikan juga oleh orang tua. Kadang tekanan hidup yang dialami oleh remaja memudahkan mereka terjebak untuk memilih jalan yang salah tanpa memikirkan akibat buruk yang akan terjadi.

▶ Mendapatkan uang dengan mudah
Mendapatkan uang dengan mudah ini berlaku untuk remaja juga tentunya sehingga ada yang sanggup memilih jalan yang salah atau gelap. Harusnya ada pihak yang sanggup mengawasi anak-anak seperti ini khususnya ini untuk remaja agar tidak mudah tepengaruh dengan gejala sosial yang negatif.

▶ Kurang didikan orang tua
Kurangnya didikan agama, dan faktor lingkungan atau pengaruh teman. Ini bisa menyebabkan orang/remaja salah jalan juga. Jadi disini pengawasan dari orang tua atau orang yang bisa dipertanggung-jawabkan sangat penting sekali untuk mengurangi remaja agar tidak salah jalan. Misalnya menyediakan pusat sosial yang bermanfaat untuk remaja seperti tuition/kursus yang bermanfaat sesuai dengan bakat yang dimiliki.

▶ Pengaruh tempat dugem
Dugem alias dunia gemerlap. Tempat-tempat seperti ini selalunya happening, cocok buat enjoy, bisa bertemu dengan teman-teman yang banyak. Tentu saja remaja atau orang merasa berada di kelas sendiri yang berbeda dan bebas melakukan apa saja tanpa memikirkan itu adalah baik atau buruk. Apalagi untuk mereka yang berduit yang kadang tidak tahu kemana harus menggunakan duitnya yang banyak itu xP. Akhirnya uang itu cuma dihabiskan di tempat yang tidak wajar.

▶ Pengaruh teman sebaya/pengaruh teman
Walau tidak semua tapi kadang remaja atau orang akan terpengaruh dengan yang dilakukan orang lain. Tentu saja best banget melakukannya, apalagi teman-teman juga ikut melakukannya. Teman-teman biasanya lebih mudah mempengaruhi mereka malah menganggap teman-teman lebih memahami keinginannya dibandingkan orang tua. Akhirnya memilih jalan yang salah yang kadang malah dianggap sesuatu yang baru dan ingin sekali mencoba bahkan ingin juga menunjukkan kehebatan di depan teman-teman mereka tanpa bisa membedakan baik buruknya.

▶ Masa remaja adalah masa pancaroba
Masa seperti ini menyebabkan remaja terjebak dengan hal-hal negatif. Ingin mencoba sesuatu yang baru tanpa mikir panjang, malah kadang tidak memerlukan uang yang banyak juga. Hal ini pasti selalu membuat orang tua bimbang. Kalau tidak dicegah bisa membuat remaja atau orang rusak akhlaknya. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi imej/nama baik keluarga, masyarakat bahkan Bangsa imej nya bisa jadi jelek dan terpengaruh juga.

So disini aku ingin menyimpulkan, bagaimana mencegah hal-hal seperti itu agar tidak terjadi? salah jalan bisa merusak akhlak jasmani juga rohani. Jadi harusnya kita semua bekerja sama untuk mencegah agar orang atau remaja tidak salah jalan atau terjerumus ke hal negatif dan akhirnya bisa menemukan jalan yang benar. Sekian dulu entri saya kali ini kalau ada kekurangan atau tambahkan silahkan teman-teman semua untuk menuliskan di komen ya. Thanks untuk yang sudah sudi mampir kesini, greeting and take care to all my dear friends.

Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan

Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan
Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan
Aku pernah membaca pepatah yang bunyinya mencari seorang sahabat itu lebih baik daripada mencari banyak musuh, kalian semua pasti setuju kan? apa ada yang tidak setuju dengan pepatah itu? Seorang sahabat yang baik akan saling melindungi, saling positif support saling berbagi dalam apapun keadaan senang atau susah. Pasti kalian semua juga mengharapkan/menginginkan mempunyai sahabat yang baik. Di bawah ini aku ingin menulis hal-hal yang penting dalam suatu persahabatan yang harus diperhatikan :

Keikhlasan
Persahabatan apabila tidak dilandasi dengan keikhlasan pasti akan menimbulkan permusuhan, pilihlah sahabat dilandasi budi pekerti nya, karakternya, dan tanggung jawabnya juga. Sifat rasa prihatin yang dia punya juga, bukan hanya melihat paras misalnya, atau karena dia kaya misalnya. Satu hal lagi yang penting, persahabatan yang dilandasi dengan keikhlasan pasti akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah.

Keberanian
Kok keberanian sih ya, agak janggal kan kata ini? hehehe maksudnya begini, dalam persahabatan harus berani mengatakan kata-kata yang benar. Misalnya hal-hal yang bisa menyakiti hati, apabila melakukan kesalahan, bilang saja katakan terus terang. Berani menasehati, saling mengingatkan, saling menegur apabila berbuat salah.

Kasih Sayang
Kasih sayang boleh mendekati mencintai juga, maksudnya bukan identik dengan mencintai pacar lho hehe...setelah kita mencintai sahabat baru kita akan bisa mencurahkan kasih sayang. Kasih sayang terhadap sahabat bukan harus selalu diungkapkan, ditunjukkan tapi bisa juga dilakukan dengan mendoakan hal-hal yang baik, peace.

Kejujuran
Inilah dia kejujuran, kadang persahabatan itu ada yang tak jujur, aku sendiri selalu mengalaminya. Sahabatku sendiri kadang menyembunyikan sesuatu, dia bilang begini tapi di kenyataan tidak sama, dan dengan tak sengaja aku melihatnya xP. Kenapa sih harus bohong, itu hanya akan membuat persahabatan jadi renggang, karena aku juga tidak suka karakter seperti itu, jujur saja kenapa sih? Andai ada hal yang perlu dirahasiakan itu kita harus faham juga, dan sebaliknya.

Kesetiaan
Bukan hanya dengan pacar saja kita harus setia, kesetiaan terhadap sahabat bisa memper-erat hubungan, walau hubungan jarak jauh dan tidak pernah ketemu. Apakah kalian sudah setia kepada sahabat? Apabila kalian setia terhadap sahabat, kita pasti akan selalu ingat pengorbanan yang pernah diberikan, atau pengorbanan yang pernah kita curahkan. Itu karena kalian setia dan berbagi dalam suka atau duka.

Susah Dan Senang
Susah dan senang maksudnya, saat sahabat susah tetaplah selalu di sisinya, kalau jauh tetaplah berbagi juga. Kepedulian seperti itu pasti bisa meringankan kesedihan yang sedang dialami, bisa meringankan beban yang sedang dialami juga. Apabila sahabat sedang senang/gembira kita harus berbagi juga, apabila sahabat sedang senang ikutlah tersenyum tunjukkan dalam sikap juga, jangan malah sebaliknya.

Keserasian
Pasti dalam persahabatan dibutuhkan keserasian, saling menyesuaikan diri, belajarlah kalau beda prinsip, agar menjadi serasi, apa salahnya dicoba serasi kalau itu hal positif, pasti itu bisa saling menguntungkan. Dengan keserasian, yang kadang kita harus menciptakannya terhadap sahabat, pasti persahabatan akan menjadi mudah dan lancar. Dengan keserasian pasti akan menghindari kesalah-fahaman juga.

Memaafkan
Sahabat yang baik, adalah yang bisa saling memaafkan. Memaafkan juga salah satu etika yang diperlukan dalam persahabatan. Andai sahabat kamu melakukan kesalahan, maafkanlah dia dan sebaliknya. Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan.

Lelaki Bijaksana Yang Pandai Mengawal Kemarahan

Lelaki Bijaksana Yang Pandai Mengawal Kemarahan
Lelaki Bijaksana Yang Pandai Mengawal Kemarahan

Sejak kecil kita sudah diajari sama orang tua kita untuk belajar mengawal kemarahan. Pengendalian diri yang bagus dari seseorang itu sangat baik tentunya, saat kita harus menghadapi tantangan dan cobaan yang berat. Marah kadang juga perlu, itu tergantung kepada tehnik marah yang digunakan. Apabila lelaki sedang marah harusnya begini:

● Ngobrol Bareng Teman
Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi tekanan yang baru dialami. Kadang ada teman yang bisa dipercaya untuk diajak curhat juga. Apabila terpaksa tidak ada teman yang bisa diajak curhat, setidak-tidaknya kalau ngobrol dengan teman itu bisa menenangkan pikiran, mengurangkan pikiran suntuk, bete atau boring.

● Mengawal Pikiran
Kadang kemarahan itu bisa membuat seseorang berubah menjadi bukan dirinya yang sebenar. Kadang lelaki bertindak di luar batasan dan jangkauan, sikap ini tentu tidak baik. Sebaiknya kendalikan pikiran bawah sadar anda agar hal itu tidak mempengaruhi pikiran sadar, sehingga mampu membuat anda berpijak di bumi yang nyata. Pikirkan dulu apakah kemarahan itu memberi keuntungan atau tidak, jika iya luahkan saja kemarahan itu dengan cara yang bijak dan tegas. Tapi kalau marah memang dipikir tidak perlu, lebih baik belajar untuk mengendalikannya/mengawalnya.

● Kebaikan Marah
Perasaan marah itu sekali-kali ada baiknya. Sifat itu sebenarnya membuat anda lebih peka, sensitif dan lebih berhati-hati. Secara tidak langsung itu bisa memberi motivasi terhadap seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik.

● Peran Wanita
Coba tenangkan pikiran dengan mendengarkan kata-kata dari golongan yang anda anggap lemah yaitu wanita. Mungkin nasehat wanita ada baiknya juga.

● Fokus Kepada Tujuan
Saat ini mungkin anda sudah mencapai ke tujuan/harapan yang sebenarnya seperti yang anda inginkan. Itu dengan dukungan dari teman-teman di sisi anda, kekuatan mental dan kerja keras yang maksimal mungkin. Itu berarti anda sudah bijaksana mengawal/mengendalikan kemarahan anda. Sukses buat anda semua, Lelaki Bijaksana Yang Pandai Mengawal Kemarahan.

Remaja Dan Emosionalnya

Remaja dan emosionalnya

Remaja Dan Emosionalnya

Remaja dan emosional adalah hal yang sering kita dengar, emosi yang terjadi pada remaja biasanya disebabkan karena beberapaa faktor yaitu:

pengaruh lingkungan, pengaruh teman, pengaruh keluarga, atau pengaruh aktifitas yang dilakukan tiap hari. Remaja biasanya bergaul dengan teman sebaya dan itu memerlukan penyesuaian diri dengan keadaan yang ada.

Tenaga dan kreatifitas remaja jika tidak disalurkan dengan betul bisa menyebabkan penyelewengan  tingkah laku yang tidak sehat. Darena itu remaja mesti  jelas tentang emosi diri  dan cara terbaik untuk  mengendalikan emosi itu.

Remaja yang bisa mengawal emosi adalah  remaja yang bisa menyesuaikan dengan  keadaan lingkungan, dapat mengendalikan perasaan  dan bisa memanfaatkan waktu dengan benar dengan keadaan yang ada.

KECERDASAN EMOSIONAL ADALAH KEMAMPUAN YANG DIMILIKI  OLEH SESEORANG DALAM MEMOTIVASI DIRI, KETAHANAN DIDALAM MENGHADAPI KEGAGALAN MENGENDALIKAN EMOSI  DAN MENGHADAPI TEKANAN JIWA. Remaja Dan Emosionalnya.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PUISIKU ABOUT ME Privacy Policy DISCLAIMER

©2017-Blog Personal Loveheaven07 Design oleh Ananda YGK