Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resiko Kesehatan Remaja Dan Solusinya Menurut WHO

Resiko Kesehatan Remaja Dan Solusinya Menurut WHO


Fakta-fakta kebenaran

  • Lebih dari 1,5 juta orang remaja dan dewasa muda berusia 10-24 tahun meninggal pada tahun 2019, hampir 5.000 setiap hari.
  • Remaja muda usia 10–14 tahun memiliki risiko kematian terendah di antara semua kelompok umur.
  • Cedera (termasuk cedera lalu lintas jalan raya dan tenggelam), kekerasan, melukai diri sendiri dan kondisi ibu adalah penyebab utama kematian di kalangan remaja dan anak muda.
  • Separuh dari semua gangguan kesehatan mental di masa remaja dimulai pada usia 14 tahun, tetapi kebanyakan kasus tidak terdeteksi dan tidak diobati
  • Awal penggunaan narkoba dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan ketergantungan dan masalah lain pada kehidupan dewasa, dan orang-orang yang berusia lebih muda secara tidak proporsional dipengaruhi oleh penggunaan narkoba dibandingkan dengan orang-orang yang berusia lebih tua.

Secara global, ada 43 kelahiran per 1000 anak perempuan berusia 15–19 tahun per tahun.

Siapa yang paling berisiko meninggal?

Kesempatan bertahan hidup bagi remaja dan anak muda sangat bervariasi di seluruh dunia. Pada tahun 2019, kemungkinan kematian di antara mereka yang berusia 10-24 tahun tertinggi di sub-Saharan Afrika, Asia Tengah dan Selatan, Oseania (tidak termasuk Australia dan Selandia Baru), serta Amerika Latin dan Karibia (1). Kemungkinan secara global rata-rata anak berusia 10 tahun meninggal sebelum usia 24th adalah 6 kali lebih tinggi di sub-Saharan Afrika dibandingkan di Amerika Utara dan Eropa.

Di tingkat negara, mortalitas untuk 10-14 tahun berkisar antara 0,2 hingga 14,8 kematian per 1000 remaja berusia 10, untuk usia 15 hingga 19 tahun berkisar antara 0,8 hingga 24,9 per 1000 remaja berusia 15 dan selama 20 hingga 24 tahun- usia, berkisar antara 0,8 hingga 27,9 per 1000 orang dewasa muda berusia 20 tahun. Negara dengan angka kematian yang lebih tinggi terkonsentrasi di sub-Sahara Afrika.

Masalah kesehatan yang utama

Cedera atau kecelakaan

Cedera atau kecelakaan yang tidak disengaja adalah penyebab utama kematian dan kecacatan di kalangan remaja. Pada 2019 lebih dari 115.000 remaja meninggal akibat kecelakaan lalu lintas jalan raya. Banyak dari mereka yang meninggal adalah pengguna jalan yang rentan, termasuk pejalan kaki, pengendara sepeda atau pengguna kendaraan roda dua. Di banyak negara, undang-undang keselamatan jalan perlu dibuat lebih komprehensif, dan penegakan undang-undang semacam itu perlu diperketat.

Selain itu, pengemudi muda membutuhkan nasihat tentang cara mengemudi yang aman, sementara undang-undang yang melarang mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan perlu ditegakkan secara ketat di antara semua kelompok umur. Kadar alkohol dalam darah harus ditetapkan lebih rendah untuk pengemudi muda daripada orang dewasa. Lisensi atau SIM untuk pengemudi pemula dengan toleransi nol untuk mengemudi dalam keadaan mabuk harus direkomendasikan.

Tenggelam juga merupakan salah satu penyebab utama kematian di kalangan remaja, lebih dari 30.000 remaja, lebih dari tiga perempatnya adalah laki-laki, diperkirakan tenggelam pada tahun 2019. Mengajar anak-anak dan remaja untuk berenang merupakan intervensi penting untuk mencegah kematian ini.

Kekerasan

Kekerasan antar-pribadi adalah penyebab kematian keempat pada remaja dan anak muda secara global. Keunggulannya sangat bervariasi menurut wilayah dunia. Ini menyebabkan hampir sepertiga dari semua kematian remaja laki-laki di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di Wilayah WHO di Amerika. Menurut survei kesehatan siswa berbasis sekolah global, 42% remaja laki-laki dan 37% remaja perempuan terpapar intimidasi. Kekerasan seksual juga mempengaruhi sebagian besar remaja: 1 dari 8 remaja melaporkan tentang pelecehan seksual.

Kekerasan pada masa remaja juga meningkatkan risiko cedera, HIV dan infeksi menular seksual lainnya, masalah kesehatan mental, prestasi sekolah yang buruk dan putus sekolah, kehamilan dini, masalah kesehatan reproduksi, serta penyakit menular dan yang tidak menular.

Strategi pencegahan dan respons yang efektif adalah termasuk mempromosikan pengasuhan dan perkembangan anak usia dini, menangani pencegahan intimidasi berbasis sekolah, mengadakan program untuk mengembangkan keterampilan hidup dan sosial dan pendekatan komunitas untuk mengurangi akses ke alkohol dan senjata api. Perawatan yang efektif dan empati bagi remaja penyintas kekerasan, termasuk dukungan berkelanjutan yang dapat membantu pada konsekuensi fisik dan psikologis.

Kesehatan mental

Depresi adalah salah satu penyebab utama penyakit dan kecacatan di kalangan remaja, dan bunuh diri adalah penyebab utama kematian ketiga pada orang berusia 15-19 tahun. Kondisi kesehatan mental menyumbang 16% dari beban penyakit dan cedera global pada orang yang berusia 10–19 tahun. Separuh dari semua gangguan kesehatan mental di masa dewasa dimulai pada usia 14 tahun, tetapi kebanyakan kasus tidak terdeteksi dan tidak diobati.

Banyak faktor yang berdampak pada kesejahteraan dan kesehatan mental remaja. Kekerasan, kemiskinan, stigma, pengucilan, dan hidup dalam lingkungan kemanusiaan yang rentan dapat meningkatkan risiko berkembangnya masalah kesehatan mental. Konsekuensi dari tidak menangani kondisi kesehatan mental remaja meluas hingga dewasa, merusak kesehatan fisik dan mental dan membatasi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan sebagai orang dewasa.

Membangun keterampilan sosio-emosional pada anak-anak dan remaja, juga memberikan mereka dukungan psikososial di sekolah dan lingkungan masyarakat lainnya dapat membantu meningkatkan kesehatan mental yang baik. Program untuk membantu memperkuat ikatan antara remaja dan keluarga mereka dan meningkatkan kualitas lingkungan rumah juga penting. Jika timbul masalah, masalah tersebut harus dideteksi dan ditangani tepat waktu oleh petugas kesehatan yang kompeten dan peduli.

Penggunaan alkohol dan narkoba

Minum alkohol di kalangan remaja merupakan perhatian utama di banyak negara. Ini dapat mengurangi pengendalian diri dan meningkatkan perilaku berisiko, seperti seks yang tidak aman atau mengemudi yang berbahaya. Ini adalah penyebab yang mendasari cedera (termasuk yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas jalan raya), kekerasan dan kematian dini. Ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari dan mempengaruhi harapan hidup. Di seluruh dunia, lebih dari seperempat dari semua orang yang berusia 15-19 tahun adalah peminum saat ini, yang berjumlah 155 juta remaja. Prevalensi minum alkohol episodik berat di antara remaja berusia 15-19 tahun adalah 13,6% pada tahun 2016, dengan laki-laki paling berisiko.

Ganja adalah obat psikoaktif yang paling banyak digunakan di kalangan anak muda dengan sekitar 4,7% orang berusia 15-16 tahun menggunakannya setidaknya sekali pada tahun 2018. Penggunaan alkohol dan narkoba pada anak-anak dan remaja dikaitkan dengan perubahan neurokognitif yang dapat menyebabkan perilaku, emosional, masalah sosial dan akademik di kemudian hari.

Pencegahan penggunaan alkohol dan narkoba merupakan bidang penting dari tindakan kesehatan masyarakat dan dapat mencakup strategi dan intervensi berbasis populasi, kegiatan di sekolah, masyarakat, keluarga dan pada tingkat individu. Menetapkan usia minimum untuk membeli dan mengonsumsi alkohol serta menghapus pemasaran dan periklanan untuk anak di bawah umur adalah salah satu strategi utama untuk mengurangi konsumsi alkohol di kalangan remaja.

Penggunaan tembakau

Mayoritas orang yang menggunakan tembakau saat ini mulai melakukannya sejak mereka remaja. Melarang penjualan produk tembakau kepada anak di bawah umur (di bawah 18 tahun) dan menaikkan harga produk tembakau melalui pajak yang lebih tinggi, melarang iklan tembakau dan memastikan lingkungan bebas asap rokok sangat penting. Secara global, setidaknya 1 dari 10 remaja berusia 13–15 tahun menggunakan tembakau, meskipun ada wilayah yang angka ini jauh lebih tinggi.

HIV / AIDS

Diperkirakan 1,7 juta remaja (usia 10-19 tahun) hidup dengan HIV pada 2019 dengan sekitar 90% di Wilayah Afrika WHO. Meskipun ada penurunan substansial dalam infeksi baru di antara remaja dari puncaknya pada tahun 1994, remaja masih menyumbang sekitar 10% dari infeksi HIV dewasa baru, dengan tiga perempat di antara remaja perempuan. Selain itu, sementara infeksi baru mungkin telah menurun di banyak negara yang terkena dampak paling parah, cakupan tes baru-baru ini tetap rendah yang menunjukkan bahwa banyak remaja dan orang muda yang hidup dengan HIV mungkin tidak mengetahui status mereka.

Remaja yang hidup dengan HIV memiliki akses yang lebih buruk ke pengobatan antiretroviral, kepatuhan terhadap pengobatan, retensi dalam perawatan dan penekanan virus. Faktor kunci yang berkontribusi terhadap hal ini adalah terbatasnya penyediaan layanan ramah remaja termasuk intervensi dan dukungan psikososial.

Remaja dan anak muda perlu mengetahui bagaimana melindungi diri dari infeksi HIV dan juga harus memiliki sarana untuk melakukannya. Ini termasuk dapat memperoleh akses intervensi pencegahan HIV termasuk sunat pria medis dengan sukarela, kondom dan profilaksis pra-pajanan, akses yang lebih baik pada tes dan konseling HIV, dan hubungan yang lebih kuat ke layanan pengobatan HIV bagi mereka yang dites HIV positif.

Penyakit menular lainnya

Berkat vaksinasi masa kanak-kanak yang lebih baik, kematian remaja dan kecacatan akibat campak telah menurun tajam, misalnya kematian remaja akibat campak turun hingga 90% di Wilayah Afrika antara tahun 2000 dan 2012.

Diare dan infeksi saluran pernapasan bawah (pneumonia) diperkirakan menjadi salah satu dari 10 penyebab kematian teratas pada remaja 10-14 tahun. Kedua penyakit ini, bersama dengan meningitis, semuanya termasuk di antara 5 penyebab utama kematian remaja di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di Afrika.

Penyakit menular seperti Human Papilloma Virus yang biasanya terjadi setelah permulaan aktivitas seksual dapat menyebabkan penyakit jangka pendek (kutil kelamin) selama masa remaja tetapi yang lebih penting juga juga menyebabkan kanker serviks dan kanker lainnya di beberapa dekade kemudian. Masa remaja awal (9-14 tahun) adalah waktu yang optimal untuk vaksinasi terhadap infeksi HPV dan diperkirakan jika 90% anak perempuan secara global mendapatkan vaksin HPV, lebih dari 40 juta nyawa dapat diselamatkan selama abad berikutnya. Namun, diperkirakan pada 2019 hanya 15% anak perempuan di seluruh dunia yang menerima vaksin.

Kehamilan dan persalinan dini

Sekitar 12 juta anak perempuan berusia 15–19 tahun dan setidaknya 777.000 anak perempuan di bawah usia 15 tahun melahirkan setiap tahun di wilayah negara berkembang. Penyebab utama kematian anak perempuan usia 15-19 tahun secara global adalah komplikasi kehamilan dan persalinan.

Divisi Populasi PBB (UN Population Division) menempatkan angka kelahiran remaja global pada tahun 2020 pada 43 kelahiran per-1000 anak perempuan usia ini, angka negara berkisar dari 1 hingga lebih dari 200 kelahiran per-1000 anak perempuan. Hal ini menunjukkan penurunan yang nyata sejak tahun 1990. Penurunan ini tercermin dalam penurunan yang serupa pada angka kematian ibu di kalangan anak perempuan usia 15–19 tahun.

Salah satu target khusus dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kesehatan (SDG 3) adalah bahwa pada tahun 2030, dunia harus memastikan akses universal ke layanan perawatan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk untuk keluarga berencana, informasi dan pendidikan, dan integrasi kesehatan reproduksi. ke dalam strategi dan program nasional.

Remaja membutuhkan dan berhak atas pendidikan seksualitas komprehensif, proses belajar mengajar berbasis kurikulum tentang aspek kognitif, emosional, fisik dan sosial dari seksualitas. Akses yang lebih baik ke informasi dan layanan kontrasepsi dapat mengurangi jumlah anak perempuan yang hamil dan melahirkan di usia yang terlalu muda. Hukum yang diberlakukan yang menetapkan usia minimal untuk menikah pada usia 18 tahun dapat membantu.

Gadis yang hamil membutuhkan akses ke perawatan antenatal yang berkualitas. Jika diizinkan oleh undang-undang, remaja yang memilih untuk mengakhiri kehamilannya harus memiliki akses ke aborsi yang aman.

Kekurangan nutrisi dan mikronutrien

Anemia defisiensi zat besi adalah penyebab utama kedua kematian dan kecacatan remaja selama bertahun-tahun pada tahun 2016. Suplemen zat besi dan asam folat adalah solusi yang juga membantu untuk meningkatkan kesehatan sebelum remaja menjadi orang tua. Pemberian obat cacing secara teratur di daerah yang sering terkena cacing usus seperti cacing tambang dianjurkan untuk mencegah defisiensi mikronutrien (termasuk zat besi).

Mengembangkan kebiasaan makan yang sehat di masa remaja merupakan dasar untuk kesehatan yang baik di masa dewasa. Mengurangi pemasaran makanan tinggi lemak jenuh, asam lemak trans, gula bebas, atau garam dan menyediakan akses ke makanan sehat adalah penting untuk semua, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Gizi kurang dan obesitas

Banyak anak laki-laki dan perempuan di negara berkembang memasuki masa remaja dengan kekurangan gizi, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit dan kematian dini. Di ujung lain spektrum, jumlah remaja yang kelebihan berat badan atau obesitas meningkat di negara berpenghasilan rendah, menengah dan tinggi.

Secara global, pada tahun 2016, lebih dari satu dari enam remaja berusia 10–19 tahun mengalami kelebihan berat badan. Prevalensi bervariasi di seluruh wilayah WHO, dari yang lebih rendah 10% di wilayah WHO Asia Tenggara hingga lebih dari 30% di Wilayah WHO di Amerika.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik memberikan manfaat kesehatan mendasar bagi remaja, termasuk peningkatan kebugaran kardiorespirasi dan otot, kesehatan tulang, pemeliharaan berat badan yang sehat, dan manfaat psikososial. WHO merekomendasikan remaja untuk mengakumulasi setidaknya 60 menit aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat setiap hari, termasuk bermain, permainan, olahraga, juga aktivitas transportasi (seperti bersepeda dan berjalan kaki), atau pendidikan jasmani.

Secara global, hanya 1 dari 5 remaja yang diperkirakan memenuhi pedoman tersebut. Prevalensi ketidakaktifan tinggi di semua wilayah WHO, dan lebih tinggi pada remaja wanita dibandingkan dengan remaja pria.

Untuk meningkatkan tingkat aktivitas, negara, masyarakat, dan komunitas perlu menciptakan lingkungan dan peluang yang aman dan kondusif untuk aktivitas fisik bagi semua remaja.

Hak remaja

Hak-hak anak (orang di bawah usia 18 tahun) untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang tercantum dalam dokumen hukum internasional. Pada tahun 2013, Committee on the Rights of the Child (CRC), yang mengawasi konvensi hak-hak anak, menerbitkan pedoman tentang hak anak dan remaja untuk menikmati standar kesehatan tertinggi yang dapat dicapai, dan Komentar Umum (General Comment) tentang perwujudan hak anak-anak selama masa remaja diterbitkan pada tahun 2016. Ini menyoroti kewajiban negara untuk mengakui kesehatan khusus, kebutuhan perkembangan, hak-hak remaja dan orang muda.

The Convention on the Elimination of Discrimination Against Women (CEDAW) juga menetapkan hak-hak perempuan, anak perempuan atas kesehatan dan perawatan kesehatan yang memadai.

Tanggapan WHO

Pada Mei 2017, WHO menerbitkan laporan utama: Global Accelerated Action for the Health of Adolescents (AA-HA!): Guidance to support support implementasi country. AA-HA! Panduan telah diambil dari masukan yang diterima selama konsultasi ekstensif dengan Negara-negara Anggota, badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, remaja dan orang muda, masyarakat sipil dan mitra lainnya. Ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memutuskan apa yang mereka rencanakan dan bagaimana mereka berencana untuk melakukannya saat mereka menanggapi kebutuhan kesehatan remaja di negara mereka. 

Dokumen referensi ini menargetkan pembuat kebijakan tingkat nasional dan manajer program untuk membantu mereka dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program kesehatan remaja. Tim dari 68 negara telah dilatih untuk mengaplikasikan AA-HA! panduan untuk penetapan prioritas nasional, pemrograman, pemantauan dan evaluasi, dan banyak negara sedang dalam proses menggunakan AA-HA! pendekatan untuk memperbarui strategi dan kebijakan nasional.

Untuk meningkatkan pengukuran kesehatan remaja secara global, WHO bekerja sama dengan UNAIDS, UNESCO, UNFAP, UNICEF, UN Women, World Bank Group, dan World Food Program (WFP), telah membentuk Global Action for Measurement of Adolescent health (GAMA) Kelompok penasehat. GAMA memberikan panduan teknis kepada WHO dan badan-badan mitra PBB untuk menentukan seperangkat inti indikator kesehatan remaja, untuk tujuan menyelaraskan upaya seputar pengukuran dan pelaporan kesehatan remaja.

Secara keseluruhan, WHO menjalankan berbagai fungsi untuk meningkatkan kesehatan kaum muda, antara lain:

  • produksi pedoman berbasis bukti untuk mendukung layanan kesehatan dan sektor lain;
  • membuat rekomendasi kepada pemerintah tentang kesehatan remaja dan sistem kesehatan yang responsif terhadap remaja termasuk penyediaan layanan kesehatan berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia untuk remaja;
  • mendokumentasikan kemajuan kesehatan dan perkembangan remaja; dan
  • meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan bagi kaum muda di kalangan masyarakat umum dan pemangku kepentingan lain yang berkepentingan.

Melakukan advokasi dengan pemerintah, dan bekerja dengan organisasi yang dipimpin pemuda dan yang melayani pemuda, dalam mendukung pembentukan struktur dan proses tingkat nasional untuk melembagakan partisipasi remaja dalam dialog tentang bidang yang relevan dari kebijakan publik, pembiayaan dan pelaksanaan program.

WHO (World Health Organization)

1 comment for "Resiko Kesehatan Remaja Dan Solusinya Menurut WHO"

  1. Ingin berbelanja alat kesehatan di Timika Papua? tenang saja yuk kunjungi Distributor Alat Kesehatan Timika sekarang juga

    ReplyDelete