Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara-cara Menjaga Privasi Anda di Google Plus

Cara-cara Menjaga Privasi Anda di Google Plus

Cara-cara Menjaga Privasi Anda di Google Plus
Salah satu kelebihan Google Plus jika dibandingkan dengan platform jejaring sosial lainnya adalah konten yang bisa diakses oleh publik melalui search engine nya, google.com.

Hal ini tentu ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya, jika Anda berbagi posting di Google Plus, misalnya informasi umum atau konten bermanfaat apapun, publik (baik pengguna Google Plus maupun masyarakat umum) sedikit banyak memiliki kemungkinan untuk bisa membaca juga. Hal itu dimungkinkan apabila kebetulan mereka melakukan search di google.com, dan diarahkan ke isi konten dalam akun Google Plus Anda.

Sisi negatifnya, jika suatu ketika Anda memberikan posting yang kurang bermanfaat atau bahkan merugikan diri sendiri maupun pihak lain, dengan mekanisme yang sama, masyarakat umumpun juga dapat membacanya. Hal ini tentu merugikan Anda, bukan?

Untuk menghindari sisi negatif tersebut, yang tentu saja hal ini berkat perbaikan feedback penggunanya, berikut adalah langkah–langkah yang dapat Anda lakukan seperti yang dikutip dari ZoneAlarm melalui socialmediatoday.com:

1. Melakukan setting pada Circle Anda
Fungsi Circle pada Google Plus bermanfaat untuk mengelompokkan teman Anda pada suatu grup tertentu. Setelah kelompok–kelompok dalam tiap Circle sudah Anda tentukan, Anda dapat memilih berbagi posting dengan grup yang Anda inginkan saja.

2. Mengunci profil Anda
Secara default, profil Anda sudah ter-setting untuk tampak visible bagi seluruh pengguna yang lain. Jika Anda tidak ingin menjadi konsumsi umum (bahkan seluruh dunia), Anda dapat mengatur visibilitas Anda hanya untuk teman–teman dalam Circle Anda saja.

3. Membatasi hasil search menuju ke akun Anda
Sama dengan sebelumnya, secara default juga, profil Anda akan tampil di hasil pencarian Google. Untuk itu, Anda dapat mengaturnya dalam setting profil Anda kapan saja, jika Anda tidak menginginkan akun Anda ada dalam index pencarian Google ataupun search engine lainnya.

4. Mengunci setting privasi Anda lainnya
Ada beberapa macam setting yang berhubungan dengan privasi akun Anda, yang mungkin kurang begitu Anda perhatikan pada awalnya. Hal ini termasuk:

Membatasi pengguna yang bisa melihat anggota Circle Anda
Membatasi pengguna yang bisa mengirimi Anda email
Mem blok seorang pengguna

5. Bagikan posting atau kirim message pada Circle yang tepat
Pada saat Anda melakukan posting baru, Anda akan diberi kesempatan untuk memilih kepada grup Circle yang mana yang akan ijinkan untuk mengaksesnya. Sebagai tambahan, Google Plus akan mengingat setting Circle penerima Anda pada posting terakhir, dan menampilkan pilihan tersebut kembali pada posting yang baru.

6. Tetap ingat bahwa konten akun Anda bisa dilihat publik
Walaupun Anda sudah melakukan setting tersebut dengan seksama, akan tetapi yang perlu diingat, pada saat anda menulis komentar atau melakukan posting pada akun teman Anda, belum tentu akun teman Anda tersebut juga sudah di setting untuk privacy terbatasnya. Jadi, tetap saja isi komentar atau posting Anda bisa dikonsumsi publik,semoga bermanfaat. Cara-cara Menjaga Privasi Anda di Google Plus.

4 comments for "Cara-cara Menjaga Privasi Anda di Google Plus"

  1. makasih infonya, tap bagaimana cara daftar di Google+ ?

    ReplyDelete
  2. kalau pingin daftar,saya boleh invite anda dengan email anda kalau anda sudi kasih email kepada saya,gitu frend :D

    ReplyDelete