Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Mudik




Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Mudik
Sebelum mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri, sebaiknya Anda mempersiapkan rumah dalam kondisi aman saat ditinggalkan. Menitipkan rumah kepada tetangga atau petugas keamanan di lingkungan tempat tinggal Anda, bisa jadi salah satu caranya.

Namun, mempersiapkan sistem pengamanan rumah yang kuat pada pintu, pagar dan jendela juga patut Anda perhitungkan. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan: 
  • Untuk pintu, perkuat keamanan pintu dengan menggunakan sistem penguncian yang terintegrasi. Agar semakin aman, gunakan penguncian ganda berbahan baja yang tak mudah dicungkil atau digergaji pencuri spesialis rumah kosong.
  • Pastikan juga gagang pintu dalam keadaan kokoh dan kuat, jangan sampai gagang pintu aus dan karatan. Bila mendesak, ganti gagang dengan memilih yang berbahan stainless steel.
  • Khusus pagar rumah, Anda bisa melengkapinya dengan gembok yang kuat berbahan baja, anticungkil, antigergaji, dan antiduplikat. Sementara, untuk jendela rumah, pastikan semuanya dalam kondisi terkunci rapat. Pasang juga teralis untuk jendela dengan rapat, sehingga tak memungkinkan bagi pencuri masuk.
  • Selain faktor keamanan penguncian, pastikan Anda mencabut semua kabel dan alat-alat elektronik. Kalau perlu simpan alat-alat tersebut dalam wadah khusus.
  • Cek bagian dapur, terutama persambungan gas untuk kompor. Minimalkan risiko bahaya sekecil mungkin saat rumah ditinggalkan ketika mudik tiba. Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Mudik.

Post a Comment for "Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Mudik"