BREAKING NEWS :
Loading...

Anemia dan Hubungannya Dengan Makanan


Anemia dan Hubungannya Dengan Makanan
Anemia dan Hubungannya Dengan Makanan
Biasanya kekurangan darah atau anemia sering dialami oleh wanita, apalagi kalau wanita habis masa period/haid, anak-anak juga biasa mengalaminya. Apa hubungan makanan dengan anemia, apabila kita makan makanan yang tidak seimbang, kurang vitamin, zat besi, kurang tidur juga itu penyebab kekurangan darah. Untuk menghasilkan darah dalam tubuh kita, kita memerlukan sumber makanan yang penting khususnya protein hewani/daging atau nabati/sayuran/biji-bijian kacang misalnya, atau kedelai. 
Zat besi sangat penting untuk menghasilkan darah yang bisa diperoleh dari sayur-sayuran, ikan, hati, minum susu juga penting yang rendah lemak dan tinggi kalsiumnya. Bagi wanita yang menderita anemia harusnya membiasakan makan makanan yang seimbang setiap hari, selain itu tidur yang cukup juga penting, biasakan minum air putih sesuai aturan 8 gelas sehari, ya bukan dialami oleh wanita saja tapi lelaki, anak-anak juga bisa saja menderita anemia. Jenis vitamin dan fungsinya adalah seperti di bawah ini:

Vitamin A
Untuk pertumbuhan tulang, pertahanan terhadap penyakit, memperbaiki struktur kulit, juga mencegah rabun mata.

Vitamin D
Untuk pertumbuhan tubuh yang normal, meningkatkan sitrat dalam darah/garam asit sitrik, untuk penyerapan kalsium di dalam usus, menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Vitamin E
Penting sekali untuk mempertahankan fungsi syaraf dan otot, mengekalkan metabolisme tubuh, untuk pertumbuhan normal juga, untuk fungsi paru-paru yang sehat, hati dan membran sel darah merah, sebagai antioksida vitamin E bermanfaat sebagai pencegah sakit jantung, dan bisa melambatkan penuaan.

Vitamin K
Sangat bagus dikonsumsi untuk mereka yang baru menjalani pembedahan berfungsi untuk membantu membentuk struktur tubuh baru untuk menyembuhkan jahitan.
Vitanin di atas adalah vitamin yang larut dalam lemak, selanjutnya adalah:

Vitamin C
Berfungsu untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, menjaga sistim kekebalan tubuh, menyerap zat besi dan membentuk tulang dan gigi.

Vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B12)
Mmembantu perkembangan dan pertumbuhan bayi, pencernakan, menjaga tisu mata dan membantu proses metabolisme tubuh, adalah vitamin yang larut dalam air (vitamin C juga).

Tentang jenis-jenis vitamin, saya sudah tulis postingnya di dalam artikel posting sebelum ini, semoga bermanfaat. Anemia dan Hubungannya Dengan Makanan.

Subscribe to receive free email updates: