Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips menghemat BBM atau petrol

Tips menghemat BBM atau petrol

Berita kenaikan Bahan Bakar Minyak/BBM petrol atau bensin pasti akan menyebabkan masyarakat kita mengeluh karena itu berpengaruh dengan pengeluaran belanja kita jadi meningkat, faham-faham lah sendiri deh barang-barang pasti juga ikut naik harga dan itu menjadikan beban untuk kita semua, semoga tips di bawah ini bisa membantu mengurangi pengeluaran petrol untuk anda:

Tips menghemat BBM atau petrol

Jangan lupa untuk mendengarkan radio tentang info trafik, atau informasi dari TV juga bisa untuk memudahkan anda mengatur alternatif jalan mana yang ingin anda lalui untuk menghindari tempat yang macet juga.

Memandu kendaraan dengan tenang dan konsisten, jangan selalu menukar gear kelajuan/kecepatan, selalu melihat keadaan sekitar, harus pandai mengontrol kapan waktu harus memandu cepat, perlahan atau berhenti.

Buka AC kendaraan bila perlu saja, bila tidak mending buka cermin mobil saja, carilah jalan alternatif yang lebih cepat, itu bisa menghindari anda dari kemacetan juga, sama saja itu bisa mengurangkan kilometer hingga menghemat petrol.

Seringlah memeriksa tekanan roda/tyre setiap pagi dan malam, pastikan tekanan tayar seperti yang disetandarkan.

Kalau bisa selalu mengatur perjalanan saat jalan gak macet atau jem misalnya berangkat lebih awal, itu kalau mau hemat petrol.

Berbelanja online, kok bisa sih? ya iya itu memang bisa menghemat petrol/bensin, tenaga dan biaya juga, kita tidak harus keluar kemana-mana asal ada komputer dan internet beres lah, dengan cara online banking, rekening bank tentunya harus punya, semua transaksi pakai komputer, kita hanya perlu menunggu pesanan sampai ke rumah kita.

Jangan memanaskan kendaraan terlalu lama, dalam 30 second sudah cukup. Kalau anda ingin berhenti agak lama mending mesin dimatikan saja, itu bisa menghematkan petrol juga, setelah mau berjalan baru hidupkan lagi.

Jangan membawa lebih muatan/penumpang, setiap kendaraan pasti punya batas muatannya berapa. Kurangkan kecepatan kendaraan, cara memandu yang stabil dan konsisten jangan terlalu terbawa perasaan, pemandu harus bisa mengawal emosi dan kesabaran juga, misalnya nge-brek dengan halus dan perlahan, itu bisa menghematkan petrol juga.

Dengan mengatur rancangan perjalanan sebaik mungkin dengan sekali bepergian, dengan begitu semua hal selesai sekaligus, misalnya anda perlu bayar bil listrik, isi petrol kendaraan yang sudah limit, beli/belanja kebutuhan rumah, etc. Atur perjalanan dengan mendahulukan mana yang lebih penting dulu baru dilanjutkan dengan hal yang lain, ingat juga sebelum pergi siapkan barang yang mau dibawa jangan ada yang kelupaan pula hingga berpatah balik lagi, mengurangkan kilometer itu akan menjimatkan petrol.

Pikirkanlah dulu apakah anda benar-benar perlu menaiki kendaraan untuk ke suatu tempat? contohnya, anda akan ke warung yang berjarak dekat saja dari rumah dan tidak terlalu buru-buru, maka anda tidak perlu berkendaraan tapi berjalan sajalah, itu bisa menghemat bensin, sekalian joging lah badan malah bertambah sehat kan? Tips menghemat BBM atau petrol

15 comments for "Tips menghemat BBM atau petrol"

  1. tambahan: pake kendaraan umum. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. o iya lupa hehehe...mending pakai kendaraan umum aja lah ya, setuju deh Syifa, thanks ya xD

      Delete
  2. i like your blog

    ReplyDelete
  3. wah sarannya unik dan masuk akal. ane setuju tu yang no satu. kita harus punya alternatif lain selain memakai kendaraan pribadi. berbelanja OL juga pilihan yang tepat.
    maksih gan saranya, ane si dirumah aja lah. klo keluar jalan kaki ato naik bus aja, biar ga memperparah polusi. hahahah, so banget ya.

    BTW, saran ni gan. isian nama URL nya dalam kotak komentar ko ga ada? klo koment pake ID itu ga masuk masuk ni ke agan. ud 5 kali coba, kasian gan yang mau komentar. coba ane ga sabar, uda ane tingal ni.. yaitu si saran aja ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...iya betul mending naik angkutan umum saja malah lebih irit,kalau semua orang berfikiran begitu pasti jalanan juga gak macet,itu kalau terjangkau,kalau memang perlu banget baru pakai kendaraan pribadi,udah saya setting URL nya hehe...terima kasih banget karena sudah mengingatkan xD

      Delete
  4. stuju!! trus manasin mesinnya jangan lama2 :D hehe

    ReplyDelete
  5. jadi senyum senyum sendiri ngelihat tulisan di atas, oh ia rencana naiknya BBM bulan april kan?

    apa BBMyg di blekberi juga ikutan naik? :D

    terima kasih sudah mengunjungi blog saya. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau naiknya kapan ya,tapi saya berharap malah jangan naik saja hehehe...saya gak punya BBM tapi android hehe....makasih juga kunjungannya,salal blogger xD

      Delete
  6. emang nih macet bikin boros bensin, makasih ya atas infonya

    ReplyDelete
  7. Life is a cement trampoline. Suporting bak.

    ReplyDelete
  8. hahaha,tipsnya sangat gokil sob..

    ReplyDelete