Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh

Tips Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh


Tips Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh

Hi friends how are you? Agak lama saya gak nulis artikel ya hehe...Sistim ketahanan tubuh adalah penting   untuk selalu kita tingkatkan, karena kalau kita punya ketahanan tubuh yang kuat/imun tidak akan mudah terserang penyakit. So pengambilan nutrisi, vitamin, mineral, protein dan herba harian penting untuk membantu meningkatkan sistem imun.  

Sistem ketahanan tubuh akan meningkat semua ada hubungannya dengan pengambilan semua itu. Ketahanan tubuh manusia  mencakup beberapa aspek yang harus diperhatikan karena ketidak seimbangan pada satu aspek misalnya akan mempengaruhi kesehatan, termasuk imun, so di bawah ini ada tips yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita:

Pengendalian diri dan mengurangkan stres

Dengan melakukan senam yang teratur misalnya 3 atau 4 kali seminggu, dalam satu sisi senam ambil waktu selama 20 atau 30 menit. Senam bisa melancarkan peredaran darah , bisa juga dilakukan dengan joging, jalan kaki, yoga, senaman yang ringan-ringan saja karena senam yang berlebihan bisa berkesan negatif terhadap sistem imuniti, selain itu senam juga bisa membantu untuk mengurangi tekanan.

Istirahat dan tidur yang cukup untuk mengurangi tekanan pikiran dan emosi itu penting sekali. Sebab tekanan pikiran yang susah dikendalikan bisa memberi kesan negatif terhadap sistem imun, karena sistem endokrin dan saraf menjadi tidak seimbang. Kita harus selalu punya pemikiran positif karena itu akan membantu melancarkan aliran tenaga di dalam tubuh.

Selalu melakukan aktiviti untuk merangsang aspek spiritual, aktivitas itu selain bernilai ibadah juga bisa mengurangkan ketegangan dan tekanan. Tekanan yang panjang/lama bisa mengganggu keseimbangan sistem endokrin dan sistim saraf otomatis yang akan memberi kesan negatif terhadap imun kita.

Mengatur pengambilan makanan harian

Pengambilan protein harian akan membekalkan asid animo yang lengkap. Menurut hasil penelitian, kekurangan satu jenis asid animo bisa mengurangkan aktivitas sistem animo 30%. Asid animo bisa diperoleh dari daging ayam, daging merah, telur, ikan, susu, beras, kacang-kacangan dan bijirin.

Tapi pengambilan makanan dari hewan perlu dikurangkan juga karena pengambilan yang berlebihan tidak baik untuk sistem ketahanan tubuh kita, karena sumber makanan dari hewan cenderung mempunyai lemak yang tinggi. Sumber protein dari tumbuhan/sayur tidak cukup untuk kuantiti asid animo, jadi diperlukan keseimbangan.

Memperbanyak sumber makanan dari sayur-sayuran dan buah-buahan karena dari sumber ini bisa menghasilkan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh sebagai anti oksidan serta membantu kerja enzim metabolisme yang berperan penting dalam aktivitas sistim imun didalam tubuh kita.

Makanan tambahan

Apabila pemakanan kita tidak cukup nutrisi kita perlu mengambil makanan tambahan. Banyak makanan kesehatan di pasaran yang dilengkapi dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita untuk meingkatkan imuniti. Selain berbentuk nutrisi terdapat juga yang berbentuk herba-herba yang khasiatnya memperkuat imun.
  
Contohnya banyak, seperti vitamin C 1000 mg, vitamin A 10000 IU ( betekaroten ), vitamin B kompleks, minyak ikan, dan masih banyak lagi jenisnya. Sedangkan yang berbentuk herba contohnya seperti ginseng, cendawan lingzi, jintan, bawang putih, dan masih banyak lagi jenisnya, semua itu bisa membantu meningkatkan daya ketahanan tubuh kita. Semoga bermanfaat untuk anda.

9 comments for "Tips Memperkuat Sistem Daya Tahan Tubuh"

  1. + bca doax setiap kali mau melakukan aktivitas ....

    ReplyDelete
  2. wah , nice info bisa diterapkan , keep posting bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat, mudah2an bisa diterapkan semuanya. Trims sudah mampir :)

    ReplyDelete
  4. nice info..terima kasih infonya yaaa..
    salam kenal..
    di tunggu kunjungan baliknya..:)

    ReplyDelete