BREAKING NEWS :
Loading...

Serat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Serat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Serat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Serat dalam bahasa inggrisnya adalah FIBER. Pearanan serat dalam kesehatan itu penting sekali, bisa mencegah sakit kanker/kanser dan cocok juga untuk diet. Kebanyakan orang mungkin tidak tahu bahwa manfaat serat sangat penting sekali. Bagi orang yang sudah tahu pasti akan menambah konsumsi serat setiap hari. Untuk orang dewasa dibutuhkan serat 25 sampai 30 gram serat di setiap harinya.

Manfaat serat/fiber

Untuk yang sedang diet dalam mengurangkan berat badan adalah bagus untuk makan makanan berserat tinggi, daripada makan makanan yang mengandung lemak. Mereka yang makan makanan berserat tinggi dapat mengurangkan jumlah kalori 10% karena makan makanan yang berserat menjadikan cepat kenyang walau hanya dalam jumlah sedikit. Lebih baik makan makanan yang berserat dan yang kurang mengandung lemak. 
Selain itu makanan berserat juga bisa mencegah tumbuhnya sel kanker. Hal itu sudah melalui ujian oleh para ahli kesehatan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih kurang 39 gram serat setiap hari bisa mengurangkan pertumbuhan kanker terutama kanker usus. Jadi saya pikir untuk yang punya berat badan lebih dan ingin mengurangkan berat badannya cocok untuk makan makanan berserat tinggi.

Jenis serat itu ada dua macam seperti di bawah ini:

→ Serat yang larut dalam air

Yaitu mampu menghapuskan kegiatan penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah. Jadi dalam hal ini jumlah kolesterol yang akan diserap ke dalam tubuh menjadi berkurang. Bisa mengurangkan kadar penghadaman dalam perut maka bisa membekalkan tenaga yang seimbang. Makanan yang banyak mengandung serat yang bisa larut ke dalam air contohnya:
  • emping oat
  • berbagai jenis kacang
  • barli
  • sayur-sayuran
  • buah-buahan contohnya jenis sitrus atau apple

→ Serat yang tidak larut di dalam air 

Memberi kemudahan perjalanan makanan serta sisa/ampas yang telah diserap/dihadam melalui usus dan bertindak untuk melancarkan pembuangan air besar. Dengan banyak makan makanan yeng mengandung serat tidak larut dalam air bisa mengurangkan perut kembung/sembelit, ketidak selesaan perut. Contoh makanan yang mengandung serat tidak larut dalam air adalah seperti berikut ini:
  • buah-buahan yang dimakan dengan kulitnya dan semua jenis sayuran berdaun.
  • bijian benih seperti kuaci, biji/benih bunga matahari, biji durian, biji nangka, buah/biji melinjo.
  • segala jenis biji-bijian whole grain (gandum) gandum dan rye, emping atau cereals untuk sarapan pagi.
Jadi kesimpulannya disini bahwa untuk yang ingin mengatur berat badan atau diet dan yang ingin mencegah kanker usus dianjurkan untuk selalu makan makanan yang mengandung serat yang tinggi. Contoh pengamalannya misalnya dengan membiasakan makan buah-buahan, sayur-sayuran, nasi, roti whole grain juga membiasakan makan sereal untuk sarapan setiap pagi.

Subscribe to receive free email updates: