BREAKING NEWS :
Loading...

Desaku Kebonharjo Samigaluh Kulon Progo



Desaku Kebonharjo Samigaluh Kulon Progo

Aku menjadi orang desa itu gak pernah malu. Rumahku memang di pelosok pedesaan, malah daerah pegunungan. Suasana di daerahku itu adem tapi terasa damai, dan disitulah aku dilahirkan dan membesar. Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta tepatnya.




Walau termasuk banyak Penduduk Kebonharjo yang merantau, tapi sebenarnya desa aku itu juga semakin maju sekarang. Jalan umum juga sudah di aspal. 


Desaku Kebonharjo Samigaluh Kulon Progo


Kelurahan Kebonharjo itu juga berbatasan dengan kecamatan Girimulyo, berbatasan dengan Kedu/Jateng wilayah Kaligesing Purworejo.


Mata pencaharian petani, bersawah menanam padi, sawah di desaku ini irigasinya atau pengairannya dari sungai, jadi Alhamdulillah tidak pernah kekeringan walau musim kemarau.




Bisa dikatakan Samigaluh itu merupakan wilayah dataran tertinggi di Yogyakarta selain Gunung Kidul. Mata pencaharian kami adalah petani, penggembala kambing, lembu/sapi juga kelinci. Sebagian besar penduduk Desa Kebonharjo mempunyai sawah jadi beras tidak usah membeli, masa panen 3 bulan sekali.

Cengkeh juga mata pencaharian penghasilan desaku Kebonharjo, di tahun 2012 ini Alhamdulillah sedang berbuah, dan mungkin karena permintaan pasaran yang tinggi harganya semakin naik. Itu bisa membantu perekonomian penduduk Desa Kebonharjo.



Inilah pohon/pokok kakao, ada yang belum pernah lihat pohon kakao atau pohon coklat? bentuknya adalah seperti ini. Di Desa Kebonharjo menanam kakao juga sedang dibudayakan termasuk bapakku sendiri juga menanamnya di ladang atau kebun. 


Desaku Kebonharjo Samigaluh Kulon Progo

Cara menjual kakao adalah biji yang sudah matang diambil dan dikeringkan, apabila sudah kering langsung bisa dijual. Dan pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga sering memberi penyuluhan, bimbingan pertanian terhadap Desa kami Kebonharjo, semoga pertanian di desaku menjadi semakin maju.


Ini adalah jemuran cengkeh di rumahku, cengkeh yang basah dijemur dan setelah kering bentuknya menjadi coklat kehitam-hitaman. Biasanya 3 kilogram cengkeh basah kalau dikeringkan menjadi 1 kg cengkeh kering yang harganya bisa mencapai RP.90 ribu rupiah atau lebih untuk sekarang ini, dan bisa naik lagi.




Inilah bentuk-bentuk rumah yang dipunyai Penduduk Kebonharjo, Alhamdulillah hanya dengan penghasilan sebagai petani bisa membuat rumah seperti ini. Semoga Desa Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta akan menjadi desa yang semakin maju, Amiin.

Subscribe to receive free email updates: