BREAKING NEWS :
Loading...

SUROLOYO SAMIGALUH

SUROLOYO SAMIGALUH

Suroloyo itu adalah gunung yang letaknya di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta tepatnya di Kelurahan Gerbosari desa Keceme. Pada pertengahan Agustus 2012 yll aku sempat jalan kesana dengan saudara sepupuku, setelah lama banget aku gak menaiki gunung suroloyo itu. Aku sekolah di SMP N 2 Sentolo dulu tepatnya ya di bawah gunung suroloyo itu. 

SUROLOYO
Saat sekolah di SMP sudah 2 kali aku menaiki/heking ke gunung suroloyo dengan teman-teman sekolah. Tapi sudah lama banget sejak itu aku belum kesana lagi.


suroloyo samigaluh

Dulu Gunung Suroloyo Samigaluh belum bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor atau mobil dan medannya masih susah sekali. Tetapi sekarang jalan kesananya sudah di aspal dan tidak usah susah payah berjalan kaki seperti dulu.

suroloyo samigaluh

Ada juga jalan yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki, tapi sudah jarang orang yang mau berjalan kaki untuk menuju kesana kecuali niatnya memang ingin heking. Aku ingin share foto pas aku menaiki gunung suroloyo itu, biasa aku mengambil pics nya dengan hp android ku saja. Siapa tau dengan melihat pics yang aku share teman-teman tertarik untuk menaiki gunung suroloyo. Puncak Gunung suroloyo saat ini sudah ramai dan banyak pengunjungnya terutama pada hari libur misalnya hari minggu, tahun baru atau hari libur nasional.


puncak suroloyo


Pada bulan Suro atau tanggal 1 Suro suroloyo bakalan ramai karena puncak acara paling ramai itu ya di 1 Suro pada malamnya. Malam 1 Suro selalu diadakan ritual oleh penduduk samigaluh dan orang Yogyakarta pada umumnya. Banyak pengunjung yang datang pada tanggal 1 Suro dan biasanya ada hiburannya juga misalnya jathilan/jaran kepang/kuda lumping. Pengunjungnya bukan hanya berasal dari penduduk setempat Samigaluh tetapi bahkan dari mana-mana kota yang lain.


suroloyo.


Setelah sendang kawidodaren naik lagi terdapat Suroloyo Indrokilo yang gunung itu tidak terlalu tinggi seperti gunung suroloyo yang satunya. Dan di bawahnya terdapat dataran yang dinamakan Tegal Kepanasan yaitu tempat sebelum menaiki gunung soroloyo. Sendang Kawidodaren juga terletak si bawah puncak gunung suroloyo dan pada hari libur siapa saja bisa berkunjung ke situ bahkan ada yang menjalankan pertapa disitu pada hari-hari tertentu

sendang kawidodaren

Suroloyo sebenarnya mempunyai arti yaitu Suro artinya berani dan Loyo artinya mati, jadi maksud dari Suroloyo adalah berani mati. Jadi yang menaiki gunung suroloyo berarti harus berani mati hehehe...mungkin maksudnya seperti itu.


Nah untuk teman-teman yang suka dengan tantangan untuk mendaki gunung apa salahnya kalau berkunjung kesana. Terutama teman-temanku yang ada di kota Yogyakarta, pokoknya tidak akan menyesal deh kalau naik puncak gunung suroloyo.

Dari atas puncak gunung suroloyo juga terlihat pemandangan yang indah, desa Salaman Magelang terletak di bawahnya. Selain itu kalau cuaca tidak mendung, dari puncak gunung suroloyo juga bisa melihat Candi Borobudur yang indah. Sekian saja share aku tentang puncak gunung suroloyo, dan sebenarnya masih banyak tempat yang indah di wilayah Kecamatan Samigaluh yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates: