Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Tas Sekolah Anak Yang Berat

Bahaya Tas Sekolah Anak Yang Berat

Baru saja aku membaca tentang sindrom tas sekolah anak-anak yang berat. Jadi apa salahnya kalau aku sharing artikelnya di blog aku ini dan semoga bermanfaat buat anda. Menurut artikel yang aku baca tadi bahwa anak perempuan lebih beresiko sakit punggung dibandingkan anak lelaki gara-gara membawa tas punggung/tas ransel sekolah yang berat. Bahaya tas sekolah anak yang berat adalah seperti yang akan aku tuliskan di bawah ini.

● Tas Sekolah Anak Yang Berat Dan Bahayanya

• Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Peadiatric bahwa beban yang mampu diangkat oleh seorang kanak-kanak hanya 10-20% dari berat tubuhnya. Usia kanak-kanak masih mengalami pertumbuhan tulang hingga mencapai usia 14 tahun. Apabila di usia itu pertumbuhan tulang mengalami gangguan itu pasti akan terjadi masalah, dan apabila mengangkat beban yang terlalu berat di batas kemampuan pasti akan menyebabkan kecenderungan membongkok.

• Kalau itu berlaku berterusan pasti akan menyebabkan tubuh menjadi bongkok. Dalam membawa beban yang berat manusia akan mencari keseimbangan terhadap pusat gravitasi. Selain itu menurut penelitian dari American Peadiatric juga bahwa kalau tumpuan beban hanya pada salah satu bagian bahu itu bisa menyebabkan penyakit skoliosis di bagian bahu. Aku kadang melihat juga anak-anak TK atau SD sekarang ini buku pelajarannya banyak sekali, hingga tas nya penuh dan berat.

Bahaya Tas Sekolah Anak Yang Berat

• Tas sekolah anak yang berat/tas ransel pastinya akan menyebabkan sakit punggung atau tulang belakang. Tekanan kepada berat beban yang berlebihan untuk kanak-kanak juga berbahaya dan bisa menimbulkan kesan efek samping terhadap perkembangan sistim musculo-skeletal. Disamping itu juga pengaruhnya terhadap umur apabila dewasa nanti  mungkin juga bisa menyebabkan masalah sakit punggung/belakang tubuh. Jadi alternatifnya pakailah tas sekolah yang ada rodanya atau gunakan alternatif yang lain untuk mengurangi beban di bahu/punggung.

Itulah entri aku tentang Bahaya Tas Sekolah Anak Yang Berat, sebelumnya aku juga pernah menulis artikel tentang tips memilih tas yang baik.

7 comments for "Bahaya Tas Sekolah Anak Yang Berat"

  1. tp mmau gimana lagi mang skarang pelajaran skolah di indonesia banyak,mana bukunya tebel2 edeeehhh komen back y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener juga sih,buku yang lain bisa jugamasukin di plastik dan dicangking hehe...

      Delete
  2. wah baru tahu, jadi inget adek yg di rumah

    ReplyDelete
  3. wah bahaya juga ya,
    tpi emg karna bnyak buku yg harus kubawaa -,-

    ReplyDelete
  4. pake e-book aja tipis dan ringan.. :) coba pake travel bag yang ada rodanya N bisa ditarik gitu.. mungkin lebih ringan..

    ReplyDelete
  5. ya mudah2 an dengan adanya artikel ini para orang tua jadi lebih peduli dalam memilih tas sekolah buat anaknya

    ReplyDelete
  6. walah bahaya juga ya kalo memilih asal2an?? :o

    ReplyDelete