BREAKING NEWS :
Loading...

Cara menjaga rumah agar bersih dan sehat

Cara menjaga rumah agar bersih dan sehat

Rumah yang bersih dan sehat tentu akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Kadang dengan tidak sadar juga bahwa di dalam rumah terdapat bahan-bahan yang mengandung racun seperti cat, formula pembersih rumah dan plastik. Di bawah ini aku akan menuliskan entri tentang cara menjaga rumah agar bersih dan sehat.

Tips pemilihan formula pembersih rumah
Dalam pemilihan formula pembersih rumah seharusnya memilih bahan yang non-toksik, misalnya baking soda untuk membersihkan peralatan rumah seperti piring, gelas, kamar mandi, dll. Asid cuka yang dicampur dengan air juga bisa digunakan untuk formula pembersih misalnya untuk membersihkan berbagai permukaan termasuk cermin dan lantai. 

Menurut ahli kesehatan bahwa untuk pengilap saat membersihkan rumah tidak begitu penting. Begitu juga dengan pengharum ruangan, untuk mencuci sebaiknya memilih deterjen yang bebas dari wangian yang menyolok, bebaskan dari penyembur ruangan karena bahan seperti itu terdapat bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk kesehatan.

Mengelap atau membersihkan debu
Debu yang ada di sekitar rumah, di dalam rumah hendaknya dibersihkan setiap hari secara rutin. Debu merupakan sumber utama hamparan toksik. Dalam membersihkan debu yang menempel pada perabot rumah harusnya menggunakan kain yang basah itu lebih baik dibandingkan menggunakan kain yang kering atau bulu ayam. 

Bukalah sepatu/sandal ketika masuk ke dalam rumah untuk menghindari kotoran masuk rumah, sebaiknya sediakan sandal khusus yang bersih untuk dipakai dalam rumah. Simpanlah mainan atau barang, perabot yang tidak dipakai di dalam tempat tertutup untuk mengurangi masuknya debu.

Cara menjaga rumah agar bersih dan sehat

Merekonstruksi rumah dengan cara yang benar
Mungkin anda akan merekonstruksi rumah agar kelihatan lebih selesa, bagus, cantik misalnya mengecat rumah atau menukar perabot rumah yang baru. Tanpa disadari untuk yang di rumah terdapat kanak-kanak atau ibu yang sedang mengandung, itu akan berbahaya. Itu berasal dari bahan cat, glue/lem yang baunya mengandung racun, jadi haruslah berhati-hati. 

Apabila sedang merekonstruksi rumah/mengecat rumah, dll sebaiknya tinggalkan rumah dahulu untuk sementara. Dan apabila ingin menempati rumah baru, sebelum tinggal disitu  sebaiknya direkonstruksi dulu sampai selesai.
Cara menjaga rumah agar bersih dan sehat
Memilih plastik dengan benar
Nah ini yang kadang kebanyakan orang tidak memperhatikan hal remeh seperti ini. Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakan bahan-bahan dari plastik. Penggunaan plastik dalam masyarakat kita misalnya untuk membungkus makanan, meletakkan minuman atau digunakan untuk berkas-berkas khusus/toples tempat makanan. 

Plastik seperti itu  terdapat bahan kimia yang berbahaya apalagi kalau dalam keadaan panas dan tercampur/larut dengan makanan/minuman. Sebaiknya simpanlah makanan dalam bekas yang bahannya terbuat dari keramik/kaca itu lebih selamat dan tidak berbahaya. 

Apabila ingin menyimpan makanan ke dalam berkas plastik sebaiknya untuk makanan yang segar atau minuman dingin. Untuk lebih jelasnya tentang bahaya plastik sebaiknya anda membaca entri aku sebelum ini tentang  apakah arti dibalik kode plastik? di artikel itu dijelaskan juga tentang jenis dan bahaya plastik.

Selain itu untuk produk mainan anak-anak yang mengandung PVC (vinyl) sebaiknya dihindari itu untuk kanak-kanak yang masih suka menggigit karena bahan plastik PVC mengandung bahan yang namanya phthalates yang oleh bidang kesehatan bahan itu dilarang untuk digunakan sebagai bahan mainan anak-anak.

Itulah sedikit tips dari aku tentang cara menjaga rumah agar bersih dan sehat yang memang harus kita perhatikan. 

Subscribe to receive free email updates: