BREAKING NEWS :
Loading...

Remaja Jaman Sekarang

Remaja Jaman Sekarang

Remaja Jaman Sekarang

Kemarin baru aku membaca tautan di Google Plus dari yang terhormat beliau Bapak Felix Siauw disitu postingnya bagus-bagus dan informativ, semua berisi motivasi, agama yang bisa untuk memotivasi hidup kita kalau mau membacanya. Teman-teman ada yang belum join G+ kah? 

Remaja di jaman sekarang itu sudah tentu berbeda dari remaja di tahun 90 an. Kemajuan tehnologi kadang bukan digunakan untuk semua hal yang positif tapi malah kadang berpengaruh negatif terhadap remaja jaman sekarang.

Masalah remaja sudah seriuskah?

Waduh kalau membahas soal ini pasti semua orang bakal punya pandangan lain yang berbeda-beda jadi biar aku menulis secara santai aja gak usah dengan kata-kata yang ''serius amat'' walau sebenarnya kalau sudah membahas remaja di jaman sekarang ''itu sesuatu masalah yang serius'' jadi aku ingin menuliskan point-point yang mungkin harus diperhatikan.

Faktor dari orang tua

Kembali kepada didikan orang tua, walau mungkin untuk mendidik anak di jaman sekarang itu pasti 'not easy, right?' didikan agama, moral, keterbukaan orang tua dengan anak, jangan terlalu mengekang dan jangan terlalu memberi kebebasan bla bla bla tapi yang jelas penting juga adalah ''doa-doa orang tua terhadap anaknya agar anak menjadi anak yang sholeh dan selalu diberi petunjuk, terhindar dari pengaruh negatif jaman sekarang'' 
Remaja Jaman Sekarang
Emosional remaja di masa pancaroba

Sebenarnya di entri-entri sebelum ini aku sudah sering menuliskan tentang psikologi remaja, motivasi remaja dan topik ini juga agak sama. Masa remaja adalah masa pancaroba yang selalu ingin tahu tentang seks juga kali hingga kadang mungkin 'kebablasen' dan gak bisa membedakan apakah benar dan salahnya....xP. Kalau mbahas soal ini bakalan panjang dan gak ada habisnya.

Point penting buat remaja yang harus diperhatikan bahwa emosi pada remaja disebabkan oleh beberapa faktor:
  • lingkungan
  • keluarga
  • pengaruh teman
  • aktivitas sehari-hari
Apabila kreativitas remaja tidak disalurkan dengan benar itu akan menimbulkan 'penyelewengan tingkah laku' yang tidak sehat. Jadi remaja mesti jelas tentang:
  • emosi diri
  • tau cara terbaik untuk mengawal emosi itu
  • remaja yang bisa mengawal diri adalah remaja yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, walau seperti apapun keadaanya
  • bisa mengendalikan perasaan
  • selalu mendekatkan diri dengan Allah dan kuatkan iman.
Akhir kata di entri ini, mari kita melihat di sekeliling kita 'bagaimanakah remaja kita' semoga remaja jaman sekarang akan mempunyai kecerdasan emosional yang akan membuat remaja/seseorang bisa mengendalikan emosinya. Kecerdasan emosional adalah ''kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memotivasi diri dan ketahanan dalam menghadapi setiap kegagalan, cobaan hidup.''

Subscribe to receive free email updates: