BREAKING NEWS :
Loading...

Seni Tayub Tledek

Seni Tayub Tledek


Seni Tayub Tledek

Tiba-tiba aku terinspirasi untuk mengungkap kebudayaan kesenian jawa Yogyakarta yang mungkin ini seni yang agak langka tapi sampai sekarang masih ada. Kemarin siang aku telpon ortu aku tapi gak diangkat, trus  sore aku telpon lagi dan Alhamdulillah diangkat ma ibu aku. 

Kalau telpon ortu gak diangkat hati ini sudah kuatir banget takut ada apa-apa terjadi padahal itu hanya perasaanku saja karena 'terlalu sayang sama ortu' jadi apa hubungannya dengan entri aku ini ya? Hehehehe...ada hubunganya lah, soalnya kemarin siang pas aku telpon ortu aku tapi gak diangkat, ibuku lagi nonton seni tayub tledek yang diadakan di balai desa.

Tledek dari Gunung Kidul

Seni tayub tledekan atau tledek di desaku itu diadakan setahun sekali sudah menjadi adat di desaku yang sudah ada sejak jaman dulu sebelum aku lahir/jaman nenek moyang. Jadi kesenian/nanggap tledek itu sudah merupakan adat setahun sekali yang sudah tidak bisa dihilangkan. Tledek tayub itu ditanggap dari Gunung Kidul, jauh juga ya....aku kan Kulon Progo. Seperti yang kita tahu juga bahwa Gunung Kidul Yogyakarta kaya dengan budayanya seperti campursari, dll.


Seni Tayub Tledek


Tayub tledek itu seperti apa?

Mungkin di daerah jawa lainnya ada juga kesenian tayub tledek ini, misalnya di Jawa Tengah. Tledek adalah tayub tarian seperti tari gambyong yang diiringi dengan gamelan jawa. Pasti kalau orang yang berasal dari Jawa akan tahu tentang tari gambyong, tarian yang terkenal di Yogyakarta dan Jawa Tengah, biar aku upload videonya seperti di bawah ini:




Kesenian Tayub Tledek


Tayub tledek adalah sejenis tarian gambyong yang ditarikan oleh beberapa penari wanita dan kalau ada lelaki yang ikut menari seperti dalam video di atas itu namanya 'nggandrung' Dalam seni tayub tledek yang diadakan di desaku ada yang namanya ''nyawang gati'' adalah orang yang menghadiri atau nonton tledek dan mempunyai hajat dengan memberikan uang seikhlasanya kepada penyelenggara tledek/tledek tersebut. 

Orang yang nyawang gati biasanya akan ikut menari bersama penari tledek wanita. Hajatnya itu contohnya, agar diberi kemurahan rezeki, kalau sedang sakit agar bisa cepat sembuh, dll untuk yang mempercayainya. Jadi seni tayub tledek ini juga merupakan ciri khas budaya Yogyakarta, mari kita lestarikan budaya kita.

Subscribe to receive free email updates: