Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu HTML dan CSS

Apa itu HTML dan CSS

Berhubung aku selalu menuliskan tentang tutorial blog, jadi biar aku menjelaskan tentang apa arti HTML dan CSS sambil aku juga belajar sendiri hehehe....ok deh langsung saja ya.
Arti HTML adalah:
  • HTML itu singkatan dari Hyper Text Markup Language
  • Hyper: adalah kebalikan dari kata linear, linear adalah bahasa pemrograman, linear ''urutan tertentu'' dengan menggunakan Hyper jadi user bisa menghasilkan sebuah website dan user juga bisa mengunjungi sebuah website setiap saat.
  • Text: dalam kata html ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, atau teks html saat ini hanya ada dalam bahasa Inggris.
  • Markup: artinya apa yang dilakukan terhadap teks untuk merubah penampilan. Markup terdiri dari satu set simbul atau bahasa yang digunakan untuk memberi petunjuk dengan menggunakan kode-kode atau bahasa dalam spesifikasi tertentu contohnya: <b> </b> <h1> <p> </p> <ul> </ul> etc. Jadi dengan menggunakan markup maka teks akan bisa diatur dengan menggunakan jenis huruf yang tepat misalnya ukuran tinggi/height,  lebar/weight, atau ukuran/tanda yang lain.
  • Language: bahasa dalam html adalah bahasa yang dibaca oleh komputer untuk memahami sebuah web.
Itulah arti HTML aku sudah tuliskan di atas dan orang yang ingin mengetahui lebih jauh tentang html jadi harus siap-siap punya minat coding. Dan sekarang juga banyak tehnik belajar HTML secara online yang free atau gratis. 

Memang untuk mendirikan sebuah web atau blog tidak ada keharusan untuk memahami HTML tapi untuk orang yang ingin/suka mendirikan/menghasilkan sebuah website apabila tahu dan memahami bagaimana html bekerja pasti itu akan sangat membantu sekali.

Apa itu CSS/Cascading Style Sheets:
  • CSS singkatan dari Cascading Style Sheets yang sebenarnya pada awal aku menuliskan tutorial juga sudah sedikit menjelaskan tentang arti CSS.
  • CSS kalau dihubungkan dengan HTML adalah struktur yang menentukan penampilan konten sebuah website.
  • Kebaikan utama dari CSS adalah lebih markup dari segi HTML, CSS bisa mengontrol bagaimana sebuah blog/website ditampilkan misalnya gambar, ukuran/size, dll.
  • Menghapus semua presentasional markup dari halaman web akan bisa mendukung penggunaan CSS, juga bisa mengurangi ukuran dan penggunaan bandwidth lebih dari 50% dalam banyak kasus yang terdokumentasi. 
  • Dengan melalui bandwidth yang lebih rendah ini adalah keuntungan dari pemilik situs yang berpengaruh terhadap biaya penyimpanan, pengunjung situs, halaman web dengan loading/muatan menjadi lebih cepat.
  • Penghematan keseluruhan bandwidth bisa terukur karena style sheet adalah cache bisa kita tentukan sendiri  dan dapat digunakan kembali untuk setiap halaman di situs, tidak harus didownload dengan setiap halaman web.
  • Kita tidak perlu lagi membuat versi khusus dari setiap halaman untuk menampilkan website kita, tapi hanya perlu membuat style sheet tunggal untuk mengontrol bagaimana setiap halaman di situs tersebut akan dibentuk, dihias, di design.
Itulah penjelasanku tentang arti HTML dan CSS seperti yang aku ketahui dan yang ingin mengetahui tentang coding, isi sebuah website menurutku memang harus bisa membedakan dan juga mengetahui mana yang HTML, CSS, dan Javascript.

2 comments for "Apa itu HTML dan CSS"

  1. aku kurang ngerti kalo belajar IT lewat baca mba. maunya diajarin langsung. hehehe

    ReplyDelete
  2. Salamlekum..sy br bljr n br bkn mobile blog..blm bnyk yg bs sy perbuat atas ini..mohon bimbingannya sob...slm kenal dan trmksh jg ijin mengikuti...wasalam

    ReplyDelete