Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara pencegahan preventif dari penyakit

Cara pencegahan preventif dari penyakit

Cara pencegahan preventif dari penyakit

Kita semua pasti tahu bahwa pencegahan itu lebih baik daripada mengobati atau pencegahan preventif. Lebih baik kita tahu cara agar kita selalu terhindar dari penyait dengan mengamalkan gaya hidup yang sehat dalam menjaga kebersihan dan juga pemakanan harian yang seimbang. Aku akan menuliskan tentang cara pencegahan preventif dari penyakit, yaitu cara yang mudah dan pasti kita semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengkonsumsi makanan harian yang bervariasi

Setiap orang mempunyai gaya pemakanan yang berbeda, misalnya makanan yang sesuai untuk anda belum tentu sesuai dengan orang lain atau keuarga lain. Kita memerlukan makanan yang seimbang untuk memperoleh nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap bagian dalam tubuh kita memerlukan pemakanan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk memperoleh proses metabolisme yang baik dan untuk mengekalkan berat badan yang seimbang diperlukan pemakanan yang sederhana dan juga pemakanan seimbang. Agar tidak bosan dalam mengkonsumsi makanan, kita perlu mengambil makanan yang berbeda setiap hari dengan catatan semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tetap terpenuhi.

Jadi kita memerlukan pemakanan yang bervariasi agar kebutuhan nitrisi tubuh terpenuhi. Pemilihan makanan yang bervariasi juga bisa membantu tubuh kita untuk memperoleh penyerapan nutrisi yang optimal namun kita juga harus bisa mengatur agar tidak kelebihan atau kekurangan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Contoh makanan yang bervariasi disini adalah termasuk karbohidrat yang terdiri dari nasi, mi, kentang, gandum, roti, bijirin atau susu jagung dan makanan yang berserat tinggi. Selain itu kita memerlukan kebutuhan protein seperti daging yang tidak berlemak, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan, buah-buahan, sayuran, makanan/minuman low fat atau rendah lemak, susu yang berkalsium tinggi rendah lemak dan juga minum air dalam kadar yang cukup sesuai aturan.

Cara pencegahan preventif dari penyakit

Mengkonsumsi makanan yang cukup

Karbohidrat adalah pemberi tenaga untuk tubuh contohnya nasi, mi, roti, segala jenis ubi jadi perlu dikonsumsi setiap hari. Kita perlu melindungi kesehatan tubuh kita dengan makan makanan yang cukup dan bervariasi secara seimbang dan teratur. Setiap hari kita perlu mengambil -+ lima sajian buah dan sayur untuk meningkatkan pengambilan phytochemical (nutrisi yang diperoleh dari tanaman yang berpengaruh penting terhadap kesehatan).

Tubuh kita memerlukan ikan, daging ayam yang dibersihkan lemaknya, kacang-kacangan dan tubuh kita juga memerlukan pelincir didapat dari minyak dalam kuantiti yang rendah tapi jumlahnya mencukupi untuk tubuh kita, bukan berarti langsung menghindari minyak.

Kita perlu menghindari pengambilan lemak yang tinggi yaitu menggantikkannya dengan pengambilan makanan/minuman rendah lemak contohnya yogurt, susu rendah lemak, dll itu untuk mencegah penyakit kardiovaskular/jantung. Pengambilan susu itu penting yang fungsinya untuk memberi kesehatan tulang dan gigi, konsumsilah semua jenis susu yang rendah kolesterol/lemak.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa pencegahan preventif penyakit melakukannya dengan cara mengambil pemakanan yang baik, bervariasi dan cukup. Pengambilan makanan harian kita memang harus cukup dan  harus sesuai seperti yang dianjurkan, semoga kita semua sehat selalu, Amiin.

Post a Comment for "Cara pencegahan preventif dari penyakit"