Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak

Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak
Perkedel kentang isi daging ayam

Btw aku suka memasak juga apalagi masakan ala Jawa dan aku barusaja membuat perkedel kentang yang aku isi/campur dengan daging ayam cincang. Sebenarnya mau dicampur dengan daging sapi juga boleh, maksudku aku campur dengan daging ayam adalah agar rasa perkedelnya menjadi sedap dan enak. Simple banget perkedel buatanku ini dan aku akan memberikan resepnya tentang cara membuat perkedel isi daging.

Bahan-bahannya:

Kentang 5 biji atau 1 kg kentang, 2 biji telur ayam, 5 siung bawang putih, 1 biji bawang bombay, 5 ulas daun seledri, daging ayam/chicken fillet yang dicincang, merica dan garam secukupnya.

Cara membuatnya:

Kentang/1 biji dipotong menjadi 8 setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, kemudian digoreng sampai warnanya kekuningan kalau sudah digoreng setelah kentang masak, tumbuk sampai halus dan kenyal.  Cuci  hingga bersih bawang bombay, bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, seledri dan juga merica.Tumbuk bawang putih, merica dan garam sampai halus, 1 buah/biji bawang bombay dipotong kecil-kecil sampai halus, juga seledri. Pecahkan 2 biji telur kemudian ambil kuning telur nya dan pisahkan putih telur dan taruh di tempat/mangkok/wadah yang berbeda. 

Setelah kentang siap ditumbuk halus campurkan semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan juga bawang bombay, selederi yang sudah dipotong halus, cincang daging ayam sampai halus juga dan 2 biji kuning telur campurkan juga, aduk/mixed semuanya hingga rata dan kenyal. Setelah itu buat bulatan dengan cara mengepal pakai tangan/bulatan seperti gambar di atas, kalau sudah dibentuk bulat sebelum digoreng celupkan dulu dalam putih telur yang sudah dipisahkan tadi. Kenapa sebelum digoreng harus dicelupkan dalam putih telur dulu? agar perkedel tidak hancur ketika digoreng.

Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak

Perkedel yang sudah dibentuk bulat, celupkan dalam putih telur sebelum digoreng agar tidak hancur saat digoreng.

Panaskan minyak dalam kuali/wajan/teflon kemudian goreng perkedel dan jangan lupa untuk mengawal api kompor, sebaiknya apinya yang sedang saja jangan terlalu besar, kalau sudah kekuningan saat digoreng balik agar tidak gosong, kalau sudah kekuningan semua seperti gambar di bawah ini, angkat dan perkedel kentang isi daging ayam siap untuk dihidangkan, pasti sedap dan enak rasanya.

Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak

Perkedel yang sudah digoreng bisa dimakan/dihidangkan dengan soto atau soup ayam bakso seperti gambar di bawah ini.

Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak
Soup daging dan bakso ayam

Itulah resep cara membuat perkedel kentang isi daging buatanku sendiri, selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara praktis membuat perkedel kentang isi daging paling enak"