BREAKING NEWS :
Loading...

Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler

Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler

Kalau melihat di muka Goggle pencarian hari ini 15 April ada logo tokoh dunia dalam bidang matematika Leonhard Euler untuk menyambut ulang tahunnya yang ke 306th. Siapa Leonhard Euler? Beliau adalah tokoh di bidang matematika yang lahir di Switzerland pada tanggal 15 April 1707 dan meninggal di  St. Petersburg, Russia pada 18 September 1783 dalam usia 76 tahun. Beliau juga dikenal sebagai matematika-wan dan fisika-wan Swiss yang dipandang seperti tokoh dunia Archimedes, Gauss, dan Newton, sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa.

Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler
Euler menyumbangkan berbagai penemuan penting dalam berbagai bidang seperti calculus dan teori graf dan juga memperkenalkan terminologi dan notasi matematika modern terutama untuk analisis matematika seperti konsep dan fungsi matematika. Beliau juga dikenal sebagai tokoh dalam karya-karyanya di bidang mechanics, fluid dynamics, optics, and astronomy (mekanika, dinamika fluida, optika dan astronomi). Kumpulan karyanya jumlahnya sebanyak 60-80 volume kuarto. 

Gambar Euler juga ditampilkan pada seri keenam uang kertas 10 Franc dan pada kebanyakan perangko Swiss, Jerman dan Rusia. Untuk menghormatinya nama salah satu asteroid 2002 Euler berasal dari namanya. Dia juga dikenang oleh Gereja Lutheran pada kalender para Santa Lutheran. Euler merupakan penganut taat agama Kristen dan mempercayai bahwa Alkitab bersih dari kesalahan dan berargumen melawan para ateis ternama pada zamannya.
Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler

Ayah Leonhard Euler adalah Paul Euler, Paul Euler telah mempelajari teologi di Universitas Basel dan pernah menghadiri ceramah Jacob Bernoulli disana. Bahkan Paul Euler dan Johann Bernoulli berdua pernah tinggal di rumah Jacob Bernoulli saat menjadi mahasiswa di Basel. Paul Euler menjadi menteri Protestan dan menikah Margaret Brucker seorang putri dari pendeta Protestan. 

Anak mereka Leonhard Euler lahir di Basel tapi keluarganya pindah ke Riehen ketika dia berusia satu tahun di kota yang bernama Riehen yang tidak jauh dari Basel dimana itu juga tempat Leonhard dibesarkan. Paul Euler memiliki beberapa tempat pelatihan matematika dan dia mampu untuk mengajar anaknya tentang dasar matematika bersama dengan mata pelajaran yang lain.

Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler
Biografi Tokoh Dunia Leonhard Euler

Leonhard telah dikirim ke sekolah di Basel dan selama ini dia tinggal bersama neneknya dan juga di sisi ibunya. Leonhard tidak pernah belajar matematika tapi minatnya dalam bidang  matematika telah dipicu oleh pengajaran dari ayahnya dan dia membaca teks matematika sendiri dan mengambil beberapa pelajaran pribadi. Ayah Euler ingin anaknya ikut ke gereja hingga mengirimnya ke Universitas Basel untuk mempersiapkan pelajarannya. 

Dia pertama masuk Universitas pada tahun 1720 pada usia 14 tahun untuk mendapatkan pendidikan umum sebelum pergi ke sekolah yang lebih maju/terkenal. Seorang profesor yang bernama Johann Bernoulli menemukan bahwa Euler mempunyai potensi yang besar dalam bidang matematika pada sekolah swasta.

Sumber: Wikipedia.

Subscribe to receive free email updates: