BREAKING NEWS :
Loading...

Earth Day Yang Ke 43, 22 April 2013

Earth Day Yang Ke 43, 22 April 2013

Pada tanggal 22 April setiap tahun kebanyakan orang di seluruh dunia menyebutnya sebagai Hari Bumi atau Earth Day dimana masyarakat, organisasi bahkan pemerintah atau individu di seluruh dunia melakukan perlindungan terhadap bumi dengan berbagi macam cara. Dan kalau melihat logo Google hari ini 22 April juga ada logo Earth Day atau Hari Bumi.


Perubahan iklim menyebabkan berbagai macam perubahan
Contohnya seorang lelaki yang khawatir terhadap keluarganya karena permukaan laut yang naik, seorang petani yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya karena kekeriangan akibat musim kemarau yang panjang, orang-orang yang susah mendapatkan air bersih akibat bencana banjir dll.

Perubahan iklim tidak hanya berakibat terhadap manusia
Contohnya beruang di kutub arctic yang mencair, harimau di hutan bakau India yang juga terancam, ikan paus di North Atlantic/Atlantik Utara yang kekurangan plankton/kekurangan pemanasan, orangutan di hutan-hutan Indonesia yang tersegmentasi karena sering terjadi kebakaran hutan dan kekeringan, dll.

Untuk kebanyakan orang perubahan iklim sering kabur dan tidak kelihatan hingga menyebakan masalah yang kadang harus kita pecahkan. Perubahan iklim juga mempunyai efek yang sangat nyata dan kelihatan pada manusia, hewan, ekosistem dan sumber daya alam di mana kita semua saling bergantung dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Bentuk perubahan iklim yang terjadi setiap hari
Termasuk setiap manusia yang melakukan pemecahan terhadap masalah-masalahnya itu juga merupakan Wajah/bentuk Perubahan Iklim/Face of Climate Change, pengusaha yang melihat peluang atau kesempatan dalam menciptakan ekonomi hijau yang baru, aktivis yang mengorganisir aksi masyarakat dan kampanye kesadaran, para insinyur yang merancang teknologi bersih masa depan, pelayan publik yang memperjuangkan undang-undang perubahan iklim dan upaya mitigasi, orang-orang biasa yang berkomitmen untuk hidup secara berkelanjutan ...

Pada tanggal 22 April 2013 lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia akan ambil bagian dalam memperingati ke Hari Bumi yang ke 43. Dari Beijing ke Kairo, Melbourne ke London, Rio ke Johannesburg, New Delhi ke New York, di mana-mana masyarakat akan menyuarakan keprihatinan mereka untuk planet bumi ini hingga mereka mengambil tindakan untuk melindunginya.

''Kami akan memanfaatkan kekuasaan itu untuk menunjukkan kepada dunia tentang Wajah/bentuk Perubahan Iklim. Dan kita akan memanggil para pemimpin kita untuk bertindak dengan berani bersama-sama, seperti apa yang kita miliki, pada tahun ini dan itu merupakan hal yang sangat penting.''


Eart Day Network
Dalam memperingati Hari Bumi atau Eart Day ini tim Earth Day Network  menampilkan gambar orang, hewan, dan tempat-tempat yang terkena dampak langsung atau terancam oleh perubahan iklim serta gambar orang yang melangkah untuk melakukan sesuatu tentang hal tersebut, 

''Kami akan memberitahu dunia tentang cerita mereka, tapi kita perlu bantuan Anda. Kami membutuhkan Anda untuk menjadi wartawan iklim. Jadi, kirim gambar dan cerita yang menunjukkan Wajah Perubahan Iklim.''

Untuk menyambut Hari Bumi/Earth Day ini sebuah tampilan digital interaktif semua gambar akan ditampilkan di ribuan acara di seluruh dunia, termasuk di samping gedung-gedung pemerintah federal di negara-negara yang menghasilkan polusi karbon yang paling banyak, juga tersedia dalam bentuk online untuk siapa saja yang ingin melihat atau menunjukkannya dalam sebuah video. 

Bersama-sama kita bisa menyoroti solusi yang menampilkan kekuatan kolektif dari setiap individu dalam mengambil tindakan di seluruh dunia. Dengan demikian harapannya semoga langkah tersebut dapat menginspirasi para pemimpin kita untuk bertindak dan menginspirasi diri untuk melipatgandakan usaha kita dalam memerangi perubahan iklim.

Sumber: Earth Day Network

Subscribe to receive free email updates: