BREAKING NEWS :
Loading...

Penyanyi Jazz Ella Fitzgerald


Penyanyi Jazz Ella Fitzgerald

Kalau melihat logo Google Doodle hari ini Tanggal 25 April pasti akan terlihat Penyanyi Jazz Ella Fitzgerald, ternyata dia adalah penyanyi jazz terkenal/ternama dunia dan biografi singkatnya adalah sebagai berikut:

Biografi Penyanyi Jazz Ella Fitzgerald
Lahir pada tanggal 25 April 1917 di Newport News, Ella  menjadi penyanyi jazz selama lebih dari 50 tahun. Dengan  kualitas suaranya yang bagus dan berbagai intonasinya yang jelas, ia memenangkan 13 penghargaan Grammy yang terjual lebih dari 40 juta album. 

Setelah kematian ibunya pada tahun 1932 Fitzgerald akhirnya hidup bersama seorang bibi. Karena impiannya untuk menjadi seorang entertainer maka ia mengikuti sebuah kontes amatir di Harlem Apollo Theater. Dia menyanyikan lagu Hoagy Carmichael 'Judy' dan suaranya bisa memukau penonton.

Awal Karir Ella Fitzgerald
Akhirnya Apollo membantu dalam mengatur karir Fitzgerald dan akhirnya  dia bertemu dengan pemimpin band dan drummer Chick Webb  dan akhirnya bergabung dengan kelompoknya sebagai penyanyi. Pada tahun 1935 Fitzgerald merekam lagu yang berjudul 'Love and Kisses' dengan Webb. 

Bekerja dengan Webb ia mendapati bahwa dirinya bermain secara reguler di salah satu klub terpanas Harlem, Savoy Ballroom. Fitzgerald akhirnya mengeluarkan lagu hit pertamanya pada tahun 1938 yang berjudul 'A-Tisket A-Tasket' tahun berikutnya dengan lagu hit  yang kedua berjudul 'I Found My Yellow Basket.' Selain hasil karyanya dengan Webb, Fitzgerald juga melakukan rekaman dengan Benny Goodman Orchestra. 

Dia punya proyek sampingan sendiri, juga dikenal sebagai Ella Fitzgerald dan  Her Savoy Eight. Setelah kematian Webb pada tahun 1939, Ella menjadi pemimpin band yang berganti nama menjadi Ella Fitzgerald dan Famous Orchestra yang terkenal. Ketika itu Fitzgerald sempat menikah dengan Ben Kornegay seorang pengedar narkoba dan mereka menikah pada tahun 1941.


Meningkatnya Bintang Jazz 
Ella Fitzgerald bersepakat  dengan Decca Records, dia mencatat beberapa lagu-lagu hit dengan Ink Spots  dan Louis Jordan di awal 1940-an. Fitzgerald juga membuat debut filmnya pada tahun 1942 dengan komedi barat 'Em Cowboy dan Bud Abbott Lou Costello. 

Karirnya benar-benar mulai lepas landas pada tahun 1946 ketika ia mulai bekerja dengan Norman Granz. Granz mengatur Jazz di Philharmonic yang merupakan serangkaian konser dan catatan live yang menampilkan sebagian besar penyanyi genre besar/ternama.


Bergelar Ratu Jazz
Tahun 1950-an dan 60-an terbukti menjadi waktu keberhasilan kritis dan komersial untuk Fitzgerald. Dia bahkan mendapat julukan 'The First Lady Song' untuk popularitas mainstream dan bakat vokal yang tak tertandingi. Kemampuan unik untuk meniru suara instrumental membantu mempopulerkan improvisasi vokal 'scatting' yang menjadi teknik cirikhasnya. Pada tahun 1955 Fitzgerald mulai rekaman untuk Granz yang baru dibuat yaitu Verve Records. Dia membuat beberapa album populernya untuk Verve. 

Dua tahun kemudian, Fitzgerald mengambil Grammy Awards pertamanya dan dua berikutnya Ella Fitzgerald Sings the Duke Ellington Song Book and Ella Fitagerald Sings the Irving Berlin Song Book. Dia benar-benar bekerja secara langsung dengan Ellington di album itu. Dalam jiwa yang benar-benar kolaboratif, Fitzgerald akhirnya menghasilkan rekaman besar dengan artis seperti Louis Armstrong dan Count Basie. Dia juga melakukannya beberapa kali dengan Frank Sinatra selama bertahun-tahun juga. 

Pada tahun 1960 lagu Fitzgerald masuk ke tangga lagu pop yang berjudul 'Mack Knife.' Satu rangkaian konser yang paling mengesankan pada waktu itu adalah keterlibatannya selama dua minggu di New York City pada tahun 1974 dengan Frank Sinatra dan Count Basie.

Akhir Hidupnya
Pada tahun 1980 Fitzgerald mulai mengalami masalah kesehatan. Dia pernah menjalani operasi jantung pada tahun 1986 dan kemudian menemukan dia menderita sakit diabetes. Dia membuat rekaman terakhirnya pada tahun 1989 dan penampilan terakhir di depan publik pada tahun 1991 di New York Carnegie Hall. Ella Fitzgerald meninggal pada tanggal 15 Januari 1996 di rumahnya Beverly Hills.

Subscribe to receive free email updates: