BREAKING NEWS :
Loading...

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng

Aku akan berbagi resep buatanku sendiri yaitu rempeyek kacang yang renyah sekali goreng, anda suka makan rempeyek kacang? Rempeyek kayang yang akan aku bagikan resepnya ini adalah sekali goreng jadi tidak usah susah-susah menggorengnya 2 kali dan dijamin rasanya juga renyah karena saya sudah sering membuatnya dan yang penting mengetahui caranya.

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Rempeyek Kacang Buatanku

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng:

Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Bumbu Dan Bahan Rempeyek Kacang

Bahan-bahan dan bumbunya adalah seperti pada gambar di atas, tekan gambar di atas untuk memperbesar agar kelihatan jelas dan cara membuatnya adalah seperti berikut:

Cara membuat adonan:

Dengan cara membuat adonan tepung tapioca dan tepung beras dicampur dengan menggunakan air dan santan kelapa juga sebiji telur, aduk hingga rata dan jangan terlalu kental tapi sebaiknya yang cuer saja tapi jangan cuer banget, so pintar-pintarlah mengira-kira sendiri. Selanjudnya cuci dahulu bumbu-bumbunya dengan bersih kemudian tumbuk sampai halus menggunakan penumbuk/cobek atau boleh juga diblender.

Kalau bumbu-bumbunya sudah ditumbuk dengan halus, campurkan kedalam adonan tepung tadi, aduk hingga rata, untuk daun jeruk purutnya boleh juga diiris dengan halus kalau tidak ingin menumbuknya. Kalau semua adonan dan bumbu sudah siap, masukkan kacang tanahnya, boleh juga kacang tanahnya dirajang caranya adalah tiap 1 biji kacang tanah dirajang/dibagi/dipotong menjadi 2.


Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng
Cara Menggoreng Rempeyek Kacang

Cara menggorengnya:

Seperti dalam judul entri resep ini adalah resep membuat rempeyek kacang yang renyah sekali goreng, so memang harus tahu tehnik menggorengnya agar hasilnya maksimal memuaskan. Selain itu dalam menggorengnya juga diperlukan kesabaran hehe...Adonan tepung dan kacang yang sudah siap, siap juga dioreng, siapkan wajan atau teflon yang anti lengket, lebih bagus dengan menggunakan minyak yang banyak yaitu 1 liter minyak goreng agar muat banyak dan cepat menggorengnya.

Apabila minyak goreng sudah disiapkan dalam wajan, nyalakan api kompor, panaskan minyak hingga mengeluarkan uap/harus benar-benar panas, kemudian goreng adonan peyek dengan menggunakan takaran sendok sop/sendok yang besar, taruh kedalam tepi-tepi wajan saat menggoreng/memasukkan adonannya dengan sendok seperti gambar di atas, setelah itu api kompor kecilkan saja/api yang sedang jangan terlalu besar agar tidak gosong dan agar kacangnya bisa benar-benar masak/renyah (lihat contoh gambar di atas).

Kalau warna peyek yang digoreng sudah kekuning-kuningan/adonan tepung sudah agak mengeras, balik gorengan peyeknya, kalau warnanya sudah kuning dan tepunng adonan dan kacang juga sudah kering/matang, angkat gorengan peyek dengan menggunakan serok, tiriskan dulu dalam panci baru dimasukkan kedalam wadah, taruh gorengan peyek kedalam toples apabila sudah dingin.

Sebenarnya adonan peyek seperti dalam resep diatas juga bisa digunakan untuk membuat peyek yang lain contohnya peyek kedelai, peyek teri, peyek udang atau peyek kacang hijau dan bisa juga dengan sekali goreng. Itulah Resep Membuat Rempeyek Kacang Yang Renyah Sekali Goreng dari aku,  mudah sekali kan? selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: