BREAKING NEWS :
Loading...

Apa Artinya HTML 5?

Apa Artinya HTML 5?

Sebelum ini aku pernah menuliskan tentang Apa itu HTML dan CSS dan sekarang aku akan menuliskan juga tentang apa artinya HTML 5 dan juga sedikit sejarahnya. Ini mungkin akan berguna untuk blogger pemula seperti saya dan untuk mempunyai sebuah blog/web memang seharusnya tahu arti HTML 5. 

Arti HTML 5 Dan Sejarahnya

Browser web yang pertama yaitu Mosaic diperkenalkan pada tahun 1993. Setahun kemudian Netscape yang berdasarkan Mosaic diperkenalkan hingga menjadi populer. Kemudian HTML digunakan dalam kedua browser tersebut, tapi tidak ada "standar" HTML sampai diperkenalkan HTML 2.0. HTML 2.0 pertama kali diterbitkan pada tahun 1995 dan  HTML 3.0 diterbitkan dua tahun kemudian dan 4,01 diperkenalkan pada dua tahun setelah itu.

Apa Artinya HTML 5?
Structure HTML 5

Draft kerja HTML5 yang pertama keluar pada bulan Januari 2008 dan sudah memiliki dukungan browser yang mengejutkan secara luas. Namun HTML5 belum sepenuhnya dilaksanakan hingga beberapa tahun kemudian. Ada sejumlah perencanaan komite yang memiliki rencana untuk membuatnya menjadi "Rekomendasi' tetapi rencana tersebut masih dalam tahap perencanaan dan tidak terencana untuk berubah dalam waktu dekat. 

Dua kelompok yaitu W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group) bertanggung jawab dalam pengembangan HTML5. WHATWG ini dibentuk sebagai tanggapan terhadap perkembangan yang lambat dari standar web yang dipantau oleh W3C walau keduanya terpisah.


Kedua kelompok tersebut sepakat bahwa itu memerlukan waktu beberapa tahun untuk menerapkan HTML5 sepenuhnya dan secara keseluruhan mereka telah melakukan pekerjaan yang cukup baik. Dalam beberapa hal HTML5 tidak semua berbeda dengan HTML 4,01. Tag tertentu seperti <font> tag yang ditinggalkan tetapi bekerja dalam HTML 4.01 tidak bekerja di HTML5. 

Ada sejumlah peluang lainnya yang akhirnya telah berubah, tetapi mereka merapikan messes lama daripada memperkenalkan perubahan mendasar. Perubahan mendasar yang datang dengan perkembangan API s (Application Programming Interfaces) yang akan berjalan di HTML5 memang menarik dan hal-hal yang baru yang akan mengambil tempat di internet. Juga elemen baru seperti <header>, <nav> dan <article> telah diperkenalkan yang akan membantu mesin pencari menganalisis halaman web dengan lebih baik.

Apa Artinya HTML 5?

Internet akan berkembang pada televisi, teknologi telepon dan sekarang jika kita ingin menambahkan video ke halaman web, kita juga harus menambahkan script ke halaman web. Jika menanamkan video YouTube juga harus membukanya di aplikasi terpisah seperti Windows Media Player. HTML5 yang baru pada <video> tag akan bisa memberikan solusi. Saat ini tidak ada yang bisa sepakat tentang apa format video yang digunakan. 

Akhirnya mereka akan bekerja dalam membuat dan mendistribusikan program televisi yang akhirnya akan berada dalam jangkauan semua orang, dapat membuat video dan menulis HTML. Dengan diperkenalkannya IE9 bahkan Microsoft semakin ditata dengan sebagian besar elemen baru HTML. Chrome, Firefox, Opera dan Safari telah memenuhi standar HTML5 dan HTML5 bukan hanya berlaku untuk masa depan desain web, tapi juga untuk saat ini. Tentang apa artinya HTML 5 aku sudah tuliskan seperti di atas yang bersumber dari wikipedia.

Subscribe to receive free email updates: