BREAKING NEWS :
Loading...

Google Doodle 7 Januari Yasmin Ahmad Birthday (Biografi)

Google Doodle 7 Januari Yasmin Ahmad Birthday (Biografi)
Kalau melihat muka pencarian Google hari ini 7 Januari terlihat Google Doodle tokoh terkenal Yasmin Ahmad "Google Doodle 7 Januari Yasmin Ahmad Birthday (Biografi)" yang biografinya akan aku tuliskan seperti di bawah ini.

Biografi Tokoh Terkenal Yasmin Ahmad
Yasmin Ahmad (7 Januari 1958 - 25 Juli 2009) adalah seorang sutradara film, penulis dan penulis naskah dari Malaysia dan juga direktur eksekutif  kreatif di Leo Burnett Kuala Lumpur. Iklan televisi dan film-film yang terkenal di Malaysia untuk humor mereka, hati dan cinta yang melintasi hambatan lintas-budaya khususnya iklannya untuk Petronas, perusahaan minyak dan gas nasional. 

Karya-karyanya telah memenangkan beberapa penghargaan baik di Malaysia maupun Internasional. Namun di Malaysia sendiri film nya sangat kontroversial karena mereka menggambarkan peristiwa dan hubungan dilihat sebagai dilarang oleh kaum konservatif sosial khususnya interpretasi dari garis keras Islam.

Awal Kehidupan Dan Karier Yasmin Ahmad
Yasmin lahir di Kampung Bukit treh di Muar, Johor pada 7 Januari 1958. Lulusan jurusan seni di dalam politik dan psikologi dari Newcastle University Inggris. Beliau bekerja sebagai bankir trainee pada tahun 1982 selama dua minggu kemudian bekerja untuk IBM sebagai perwakilan pemasaran sambil bekerja sambilan sebagai penyanyi blues dan pianis pada malam hari. Yasmin memulai karirnya di iklan sebagai copywriter di Ogilvy & Mather dan pada tahun 1993, kemudian pindah ke Leo Burnett sebagai direktur kreatif bersama dengan Ali Mohammed hingga akhirnya naik ke bagian direktur kreatif eksekutif di cabang perusahaan Kuala Lumpur.


Google Doodle 7 Januari Yasmin Ahmad Birthday (Biografi)
Terobosan 
Fitur film panjang pertamanya adalah berjudul Rabun pada tahun 2002. Mukhsin memenangkan penghargaan film terbaik Internasional dan dalam perhatian khusus di bawah penghargaan juri anak-anak. Sebagian besar iklan dan filmnya telah diputar di Berlin, San Francisco, Singapura dalam festival film internasional dan Cannes Lions International Advertising Festival. 

Film-filmnya yang ditampilkan dalam retrospektif  khusus yang ke-19 dalam Festival Film Internasional Tokyo pada bulan Oktober 2006. Pada April 2007 retrospektif dari film nya disponsori oleh Center for Southeast Asian Studies, University of Hawaii dan Honolulu Academy of Arts. Di Singapura Yasmin terkenal karena iklan pro-keluarga yang ia lakukan untuk Ministry of Community Development, Youth and Sports

Yasmin dilantik ke dalam Malaysian Advertising Hall of Fame by the Association of Accredited Advertising Agents Malaysia pada bulan November 2008. Yasmin bekerja pada film pertamanya untuk difilmkan di Singapura berjudul, "Go, Thaddeus!" ketika dia meninggal. Ini menjadi sebuah film inspirasi untuk 2010 Youth Olympic Games, berdasarkan buku Running the full distance: Thaddeus Cheong by Belinda Wee tentang triatlon Nasional berusia 17 tahun yang meninggal di Singapura setelah menyelesaikan SEA Games 2007 time trial.

Waktu Meninggal Dunia
Pada hari Kamis 23 Juli 2009 Yasmin menderita stroke dan tetap tak bergerak, duduk dan dia merebahkan kepalanya di meja dengan tangannya yang menangkup wajahnya saat menghadiri pertemuan dengan seniman lokal Siti Nurhaliza dan suaminya Khalid Mohamad Jiwa dan perwakilan media Prima untuk proyek yang tidak diungkapkan di Sri Pentas TV3. Sebelum pertemuan itu dia menghabiskan beberapa waktu dengan kelompok direktur kreatif Media Prima yaitu Peter Chin dan dilaporkan berada dalam suasana hati yang riang dan santai. kemudian dia dilarikan ke Rumah Sakit Spesialis Damansara di mana ia menjalani prosedur bedah saraf untuk mengurangi pembengkakan di otaknya. 

Operasi itu sukses tapi kondisinya kritis namun stabil. Bernama mengutip kakak ipar Zakaria Zahari yang mengatakan bahwa Yasmin menderita stroke dan pendarahan di otak. Pada hari Sabtu 25 Juli 2009 lebih dari 48 jam setelah operasi Yasmin Ahmad menyerah pada cedera dan dinyatakan meninggal pada pukul 23:25. Yasmin Ahmad dimakamkan pada hari minggu 26 Juli 2009 di USJ 22 Muslim pemakaman di Subang Jaya, Selangor. Suaminya adalah Abdullah Tan Yew Leong, dan keluarga mereka, juga ratusan fans, teman-teman, rekan-rekan industri berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal.



Google Doodle 7 Januari Yasmin Ahmad Birthday (Biografi)


Penghormatan Karya-karyanya
Pada tahun 2010 setahun setelah kematiannya seniman visual Kevin Bathman mengenang kehidupan dan warisan Yasmin Ahmad dengan pameran baru digital seni juga pemutaran film yang berjudul In Her Own Words: A Celebration of Humanity and Universal Love. Selain itu juga menggunakan blog Yasmin sendiri sebagai inspirasi, Kevin telah menaruh kata-katanya sendiri dengan mencolok gambar visual untuk membuat seri-seni progresif tentang pikiran Yasmin sendiri. 

Kevin Bathman adalah warga negara Malaysia yang tinggal di Sydney, begitu terinspirasi dengan outlook Yasmin terhadap kehidupan dan inspirasi pada pekerjaannya yang mengabdikan keahliannya untuk memberikan penghormatan kepada salah satu tokoh visioner Malaysia. Dengan menjadi penggemar karyanya dan pengikut tajam blognya, Kevin merasa ada gems/permata bahwa dia ingin berbagi dengan orang lain. Pameran ini merupakan interpretasi dari kata-katanya yaitu kata yang berfungsi sebagai pengingat bagi kita untuk terus berupaya dalam merayakan kemanusiaan dan cinta universal.

Ini diluncurkan di Kuala Lumpur Performing Arts Centre (5–18 July 2010), The Arts House, Singapore (27–31 August 2010) dan ACMI (Australian Centre for Moving Image), Melbourne (2–6 October 2010) wiki.

Subscribe to receive free email updates: