Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda Dan Gejala Umum Kanker Yang Perlu Diketahui

Tanda Dan Gejala Umum Kanker Yang Perlu Diketahui

Apakah tanda-tanda dan gejala kanker yang perlu diketahui? Ini adalah juga penting untuk diketahui oleh kita semua agar tetap waspada. Aku mengambil artikel ini dari sumber yang bisa dipercaya, sambil share/berbagi ini juga unuk pengetahuanku sendiri agar aku juga tahu tentang apa sih tanda dan gejala kanker itu? 
Tanda Dan Gejala Umum Kanker Yang Perlu Diketahui 
Sebuah tanda adalah sinyal yang dapat dilihat oleh orang lain, mungkin orang yang dicintai, dokter, perawat, atau pakar profesional kesehatan lainnya. Misalnya, demam, pernapasan yang cepat dan paru-paru yang abnormal atau suara yang terdengar melalui stetoskop mungkin itu tanda-tanda pneumonia.

Gejala adalah sinyal yang dirasakan atau diperhatikan oleh orang yang memilikinya, tetapi mungkin tidak mudah dilihat oleh orang lain. Misalnya, kelemahan, sakit dan merasakan sesaknya napas mungkin itu merupakan gejala pneumonia.

Memiliki satu tanda atau gejala mungkin tidak cukup untuk mencari tahu apa yang menyebabkan semua itu. Sebagai contoh, ruam pada anak bisa menjadi tanda dari sejumlah hal, seperti poison ivy, campak, infeksi kulit atau alergi makanan. Tapi jika anak memiliki ruam bersama dengan tanda-tanda dan gejala seperti demam yang tinggi, menggigil, perasaan sakit dan sakit tenggorokan lainnya, maka dokter bisa mendapatkan gambaran terhadap penyakit tersebut.

Kadang-kadang tanda dan gejala pasien masih tidak memberikan dokter petunjuk yang cukup untuk memastikan apa yang menyebabkan penyakit, kemudian medical tests, seperti x-ray, tes darah atau biopsi mungkin diperlukan.

Apakah Tanda Dan Gejala Yang Menyebabkan Kanker?

Kanker adalah sekelompok penyakit yang dapat memberikan sebab terhadap hampir semua tanda atau gejala. Tanda-tanda dan gejala akan tergantung pada jenis kanker, seberapa besar sakit kanker-nya dan berapa banyak hal yang mempengaruhi organ atau jaringan. Jika kanker telah menyebar (metastasized)  maka tanda-tanda atau gejala-gejalanya dapat muncul di berbagai bagian tubuh.

Sebagai kanker yang telah tumbuh, ia dapat mulai untuk mendorong pada organ terdekat, pembuluh darah, dan saraf. Tekanan ini menyebabkan beberapa dari tanda-tanda dan gejala kanker. Jika kanker di daerah kritis seperti bagian-bagian tertentu dari otak, bahkan tumor yang terkecil, itu dapat menyebabkan gejala juga.

Tapi kadang-kadang kanker yang dimulai pada tempat-tempat itu tidak akan menyebabkan tanda-tanda atau gejala sampai kankernya telah tumbuh cukup besar. Kanker pankreas misalnya, biasanya tidak menimbulkan gejala sampai mereka tumbuh cukup besar untuk menekan saraf atau organ terdekat (ini akan menyebabkan sakit punggung atau sakit perut).

Ada yang tumbuh di sekitar saluran empedu dan menghambat aliran empedu. Hal ini menyebabkan mata dan kulit tampak kuning (jaundice). Pada saat sebuah kanker pankreas menyebabkan tanda-tanda atau gejala-gejala seperti ini, biasanya adalah dalam stadium lanjut. Ini berarti telah tumbuh dan menyebar melampaui tempat tersebut-pankreas.

Sebuah kanker juga dapat menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan ekstrem (fatigue), atau penurunan berat badan. Ini mungkin karena sel-sel kanker menggunakan banyak banyak pasokan energi pada tubuh atau mereka dapat melepaskan zat-zat yang mengubah cara tubuh membuat energi dari makanan. Kanker juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang menghasilkan tanda-tanda dan gejala-gejala tersebut.

Kadang-kadang sel-sel kanker melepaskan zat ke dalam aliran darah yang menyebabkan gejala yang tidak seperti biasanya yaitu berhubungan dengan kanker. Sebagai contoh, beberapa kanker pankreas dapat melepaskan zat yang menyebabkan pembekuan darah di pembuluh darah pada kaki. Beberapa kanker paru-paru membuat zat seperti hormon yang meningkatkan kadar kalsium darah. Ini mempengaruhi saraf dan otot dan membuat orang merasa lemah dan pusing.

Bagaimana Tanda-tanda Dan Gejalanya?

Pengobatan akan bekerja paling baik bila kanker ditemukan lebih awal saat ia masih kecil dan belum menyebar ke bagian lain dari tubuh. Hal ini berarti masih ada kesempatan yang lebih baik untuk penyembuhan terutama jika kanker dapat dihilangkan dengan pembedahan.

Sebuah contoh yang baik dari pentingnya menemukan kanker dini adalah kanker kulit melanoma. Hal ini dapat dengan mudah untuk menghapusnya jika belum tumbuh lebih jauh ke dalam kulit. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun (persentase orang yang hidup setidaknya 5 tahun setelah di-diagnosis) pada tahap ini adalah sekitar 97%. Setelah melanoma telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun turun di bawah 20%.

Kadang-kadang orang mengabaikan gejala karena mungkin mereka tidak tahu bahwa gejala bisa berarti ada sesuatu yang salah. Atau mereka mungkin takut dengan gejalanya, karena itu bisa berarti atau tidak ingin mendapat bantuan medis, bisa juga karena tidak mampu. Beberapa gejala seperti kelelahan atau batuk yang berlebihan mungkin disebabkan oleh sesuatu yang lain dari kanker.

Gejala bisa kelihatan tidak penting, terutama jika ada penyebab yang jelas atau masalahnya hanya berlangsung dalam waktu yang singkat. Dengan cara yang sama seseorang mungkin beralasan bahwa gejala seperti benjolan payudara mungkin hanya kista yang akan hilang dengan sendirinya. Tapi gejala tersebut tidak harus diabaikan dan terus diabaikan terutama jika itu telah berlangsung lama atau semakin parah.

Walau kemungkinan besar gejala yang mungkin dimiliki bukan disebabkan oleh kanker tetapi penting juga untuk diperiksa. Jika kanker adalah bukan penyebabnya, dokter dapat membantu mencari tahu apa penyakitnya, cara mengobatinya jika itu diperlukan.

Kadang-kadang orang mungkin bisa menemukan kanker sebelum memiliki gejala. American Cancer Society dan kelompok kesehatan lainnya telah merekomendasikan tentang apa yang terkait dengan check-up kanker dan tes tertentu untuk masyarakat meskipun mereka tidak memiliki gejala. Hal ini bermaksud untuk membantu menemukan kanker tertentu lebih awal sebelum mulai ada gejalanya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tes deteksi dini bisa dlihat pada dokumen tentang American Cancer Society Guidelines for the Early Detection of Cancer. Namun jika telah merekomendasikan tes ini, masih penting juga untuk melakukan chek up kepada dokter jika Anda mengalami gejala apapun.

Apa Sajakah Tanda-tanda Dan Gejala Kanker Yang Umum?

Kita harus tahu beberapa tanda-tanda umum dan gejala kanker. Tapi ingat walau memiliki gejala ini tidak berarti bahwa kita berpenyakit kanker, tapi mungkin banyak hal lain juga yang menyebabkan tanda-tanda dan gejala-gejala tersebut. Jika ada orang yang memiliki gejala-gejala tersebut dan mereka bertahan untuk waktu yang lama atau lebih buruk, silakan periksakan ke dokter untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Penurunan Berat Badan Yang Tidak Dapat Dijelaskan

Kebanyakan orang penderita kanker akan mengalami penurunan berat badan di beberapa titik. Ketika berat badan turun tanpa alasan yang diketahui, ini berarti penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Sebuah penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dari 10 pound atau lebih mungkin merupakan tanda awal dari kanker. Hal ini terjadi paling sering dengan kanker pankreas, perut, kerongkongan (swallowing tube) atau paru-paru.

Demam

Demam adalah gejala umum pada sakit kanker, tetapi lebih sering terjadi setelah kanker menyebar dari tempat dimana kanker terjadi. Hampir semua pasien dengan sakit kanker akan mengalami demam pada suatu waktu, terutama jika kanker atau pengobatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan dapat membuat lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi. Walau tidak sering, tapi demam mungkin merupakan tanda awal kanker, seperti kanker darah (leukemia atau lymphoma).

Kelelahan

Kelelahan atau kelelahan ekstrim yang tidak mendapatkan istirahat yang lebih baik, ini mungkin merupakan gejala penting karena kanker telah tumbuh. Ini mungkin terjadi lebih awal dalam beberapa jenis kanker seperti leukemia. Beberapa kanker colon atau perut/lambung bisa menyebabkan kehilangan darah yang tidak jelas dan ini adalah cara lain sakit kanker yang dapat menyebabkan kelelahan.

Sakit

Nyeri mungkin merupakan gejala awal dengan beberapa penyakit kanker seperti kanker tulang atau kanker testis. Sakit kepala yang tidak hilang atau menjadi lebih baik dengan pengobatan mungkin merupakan gejala tumor otak. Nyeri punggung dapat merupakan gejala kanker usus besar, rektum, atau ovarium (colon, rectum, or ovary). Atau paling sering nyeri akibat kanker, berarti telah menyebar (metastasized) yang erjadi dari mana ia dimulai.

Perubahan Pada Kulit

Seiring dengan kanker kulit, beberapa kanker lainnya juga bisa menyebabkan perubahan kulit yang dapat terlihat. Tanda-tanda dan gejalanya termasuk :
  • Kulit kelihatan gelap (hiperpigmentasi)
  • Kulit dan mata kekuningan (jaundice)
  • Kulit memerah (erythema)
  • Gatal (pruritis)
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan
Tanda Dan Gejala Kanker Tertentu

Seiring dengan gejala umum kita harus memperhatikan tanda-tanda umum tertentu lainnya dan gejala yang dapat menunjukkan bahwa itu kanker. Sekali lagi mungkin ada penyebab lain untuk masing-masing orang, dan yang penting untuk periksa ke dokter sesegera mungkin.

Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar Atau Fungsi Kandung Kemih

Sembelit jangka panjang, diare atau perubahan ukuran feses mungkin merupakan tanda dari kanker usus besar. Nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin atau perubahan fungsi kandung kemih (seperti sering buang air kecil atau malah jarang seperti biasanya), itu dapat berhubungan dengan kandung kemih atau kanker prostat. Jadi harus melaporkan setiap perubahan dalam kandung kemih atau fungsi usus kepada dokter.

Luka Yang Tidak Kunjung Sembuh

Kanker kulit dapat berdarah dan terlihat seperti luka yang tidak kunjung sembuh. Sebuah kesakitan yang lama di mulut bisa menjadi kanker mulut. Ini harus ditangani dengan segera terutama pada orang yang merokok, mengunyah tembakau, atau sering minum alkohol. Luka pada penis atau vagina juga dapat berupa tanda-tanda infeksi atau kanker dini dan harus diperiksa oleh seorang ahli kesehatan profesional.

Bercak Putih Di Dalam Mulut Atau Bintik-bintik Putih Di Lidah

Bercak putih di dalam mulut dan bintik-bintik putih pada lidah mungkin iu adalah leukoplakia. Leukoplakia merupakan daerah pra-kanker yang disebabkan oleh seringnya iritasi. Ini sering disebabkan oleh merokok atau penggunaan tembakau lainnya. Orang yang merokok dengan pipa, menggunakan tembakau lisan atau meludah akan beresiko tinggi untuk leukoplakia. Jika tidak diobati leukoplakia bisa menjadi kanker mulut. Setiap terdapat perubahan mulut harus diperiksakan ke dokter atau bisa ke dokter gigi.

Keluarnya Perdarahan Yang Tidak Biasa

Perdarahan yang tidak biasa bisa terjadi pada kanker dini atau lanjut. Batuk darah pada sputum (phlegm/dahak) mungkin merupakan tanda awal dari kanker paru-paru. Darah dalam tinja (yang dapat terlihat seperti tinja sangat gelap atau hitam) bisa menjadi tanda dari usus besar atau kanker rektum. Kanker leher rahim atau endometrium (lapisan rahim/uterus) dapat menyebabkan perdarahan vagina abnormal. Darah dalam urin dapat menjadi tanda dari kandung kemih atau kanker ginjal. Keluarnya darah dari puting mungkin adalah tanda kanker payudara.

Penebalan Atau Benjolan Di Payudara Atau Bagian Lain Dari Tubuh

Banyak kanker yang dapat dirasakan melalui kulit. Kanker ini kebanyakan terjadi pada payudara, testis, kelenjar getah bening (glands) dan jaringan/soft tissues tubuh. Sebuah benjolan atau penebalan mungkin merupakan tanda awal atau akhir dari kanker dan harus dilaporkan kepada dokter, terutama jika Anda baru saja menemukan atau melihat itu telah tumbuh dalam ukuran yang jelas. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis kanker payudara muncul sebagai kulit merah atau menebal daripada berbentuk benjolan.

Gangguan Pencernaan Atau Kesulitan Menelan

Gangguan pencernaan atau masalah susah menelan mungkin itu tanda-tanda kanker esophagus (tabung menelan yang masuk ke perut) perut atau pharynx (tenggorokan/throat). Tapi seperti kebanyakan gejala di dalam daftar ini, mereka yang paling sering adalah disebabkan oleh sesuatu yang lain dari kanker.

Perubahan Terbaru Dalam Kutil Atau Tahi Lalat Atau Perubahan Kulit Baru

Setiap kutil, tahi lalat atau bintik yang berubah warna, ukuran/bentuk atau yang kehilangan pembatas dengan tajam harus diperlihatkan oleh dokter dengan segera dan setiap perubahan kulit lainnya harus dilaporkan juga. Perubahan kulit dapat berubah menjadi melanoma yang jika ditemukan lebih awal, akan bisa berhasil diobati.

Batuk Yang Mengganggu Atau Suara Serak

Batuk yang tidak hilang mungkin merupakan tanda dari kanker paru-paru. Suara serak bisa menjadi tanda kanker kotak suara (larynx) atau kelenjar tiroid.

Gejala Lain

Tanda-tanda dan gejala yang tercantum di atas adalah yang lebih umum dilihat sebagai kanker, walau masih ada yang belum tercantum di sini. Jika Anda melihat adanya perubahan besar dalam cara tubuh Anda bekerja atau cara Anda merasa, terutama jika berlangsung untuk waktu yang lama atau semakin memburuk, biarkanlah dokter tahu, segeralah cek ke doker. Jika tidak ada hubungannya dengan kanker, dokter akan dapat mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi dan jika diperlukan maka harus mengobatinya.

Jika kanker, Anda akan memberikan diri Anda kesempatan untuk memilikinya diobati lebih dini dengan pengobatan yang terbaik. Itulah Tanda Dan Gejala Umum Kanker Yang Perlu Diketahui via cancer org

1 comment for "Tanda Dan Gejala Umum Kanker Yang Perlu Diketahui "

  1. kalo gejalanya ada benjolan di leher,sering merasa mudah kelelahan,sering jatuh tiba'',sering pusing,kadang badan panas,jantung kadang terasa sakit

    ReplyDelete