BREAKING NEWS :
Loading...

Karakter Orang-orang Di Sosial Media

Karakter Orang-orang Di Sosial Media

Tiba-tiba aku terfikir untuk menuliskan tentang tema seperti pada judul di entri ini yaitu Karakter Orang-orang Di Sosial Media. Kemajuan teknologi sekarang ini semakin memudahkan orang untuk ber sosial media di berbagai jejaring sosial yang banyak sekali jenisnya. Beberapa karakterpun akan kita temui secara bertahap yang juga berdasarkan umur. 

Mungkin dimulai dari anak-anak ABG (anak baru gede) yang sekolah SMP, SMU dan usia anak kuliahan. Atau bahkan yang sudah berada di dunia kerja.


Kenalan di internet
Sebelumnya aku pernah menuliskan tentang tips kenalan di internet karena kadang orang-orang yang kenal via internet ini ada yang benar-benar kenalan sendiri dan sudah ketemu dan ada yang memang belum pernah ketemu. Jadi disini kita memang harus berhati-hati. Barusaja aku melihat orang yang berkata di salah satu jejaring sosial dan kata-kata itu sedikit tidak enak untuk dirasakan bagi orang yang membacanya.

Menanggapi sebuah share
Biarkan aku introspeksi diri saja untuk menanggapi sebuah update, share tentang kata-kata di jejaring sosial yang yang kadang tidak sreg di hati, rasanya kadang ingin marah, menghina atau....dan tidak bisa mengendalikan diri akhirnya keluar kata-kata yang....disitulah aku kadang bisa ngerem, berusaha untuk mengendalikan diri dengan menjaga-kata kata jangan sampai keluar kata-kata yang tidak enak dibaca. 

Disitulah kesabaran kita diuji, disitulah karakter kita akan terlihat. Apabila kita tidak suka dengan sebuah share, update status sebaiknya kalau ingin komen menggunakan kata-kata yang sopan.

Karakter Orang-orang Di Sosial Media

Belajar sabar dan mengendalikan diri
Sering juga terlihat di sosial media kata-kata yang gak pantas untuk ditulis, dikatakan dan itu keluar dari orang yang sebenarnya berpendidikan, orang yang berpangkat, orang yang kerja kantoran.....pasti anda semua pernah melihat juga, maaf. Aku selalu mengingatkan pada diri sendiri juga agar bisa selalu bersabar, mengendalikan diri dimanapun baik di jejaring sosial, sosial media bahkan di dunia real.

Moral
Belajar dalam kehidupan memang sampai kapanpun tidak akan habis, kita bisa belajar dari orang lain, dari pengalaman hidup diri sendiri, dari kegagalan, dari kesuksesan orang lain, dll. Jadi mari kita dibalik keterbatasan kemampuan kita mungkin, dibalik keterbatasan pendidikan, yang penting untuk selalu menjaga agar kita selalu mempunyai moral yang bagus tanpa terpengaruh dengan pengaruh-pengaruh negatif yang lain. Yang penting selalu ada niat dalam hati, tunjukkan karakter yang bagus dimanapun kita berada. 

Jangan saling membenci
Saling membenci, mengapa harus ada perasaan seperti itu? sifat dan karakter manusia yang jelas berbeda-beda. Ada karakter orang yang memang begitu dan susah diubah, kalau karakter itu baik sih bagus tapi kalau sebaliknya? Baik di dunia nyata atau dunia maya sebaiknya perasaan kebencian itu dihilangkan, misalnya tidak suka ya mending diam saja. 

Kenapa harus ada kebencian terhadap orang yang hanya kenal di sosial media atau jejaring sosial dan belum pernah ketemu, bagiku itu hanya waste time saja dan membuang energi, lebih baik energi kita, pikiran kita disalurkan ke hal-hal yang positif.


Kesimpulan
Akhir kata kita hidup di dunia ini tidak bisa sendirian, ada kalanya kita membutuhkan orang lain, membutuhkan pertolongan orang lain, jadi mari kita untuk selalu menjaga persahabatan, silaturahmi terhadap orang yang kenal di dunia nyata atau sosial media, karena siapa tahu suatu saat kita membutuhkan mereka.

Untuk pembaca yang membaca tulisan ini, maaf kalau ada kekurangan atau ada kata-kata yang tidak berkenan. (semua kata-kata di entri ini juga merupakan nasehat bagi diriku sendiri). 

Subscribe to receive free email updates: