BREAKING NEWS :
Loading...

Ucapan Selamat Jalan Untuk Eri Yunanto Yang Tak Pernah Henti

Ucapan Selamat Jalan Untuk Eri Yunanto Yang Tak Pernah Henti

Ucapan Selamat Jalan Untuk Eri Yunanto Yang Tak Pernah Henti

Almarhum Eri Yunanto (21) jatuh ke kawah merapi pada hari sabtu tanggal 16 Mei 2015. Setelah dilakukan evakuasi pencarian oleh relawan tim SAR gabungan dari Jateng dan DIY, akhirnya jenazah Eri berhasil diangkat naik pada hari selasa siang (19 Mei 2015), dan dimakamkan selasa malam hari itu juga, setelah melalui proses pemeriksaan dari kepolisian dan Rumah Sakit. Eri Yunanto merupakan mahasiswa dari Fakultas Teknik Industri Universitas Atma Jaya, yang beralamat di Dusun Biru RT 03 RW 30, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Aku mengikuti terus perkembangan beritanya dari tanggal 18 sampai pemakamannya, juga saat tim SAR bekerja untuk mengangkat korban dari kawah merapi. Alhamdulillah semua evakuasi jenazah almarhum berjalan dengan lancar, itu juga karena mengalirnya do'a dari kita semua, family dan teman Eri, juga orang-orang yang secara langsung tidak kenal dengan Eri tapi mengetahui peristiwa tersebut.

Antusias Ucapan Selamat Tinggal Dan Do'a Di Instagram Erii Yunanto

Sampai saat ini aku juga menyimak account Instagram Almarhum Erri Yunanto, dan dari awal jatuhnya dia keluar ucapan yang mengalir tanpa henti sampai sekarang. Bahkan ucapan selamat tinggal, selamat jalan dan doa dari orang-orang yang sebelumnya tidak mengenal Erri. Walau mereka belum mengenal Erri tapi terasa dekat bagaikan teman atau saudara, terharu dan....pasti banyak juga yang tidak bisa menahan air mata kesedihan.

Foto Terakhir Almarhum Erri Yunanto Di Instagram

Foto terakhir almarhum Erri di caption-nya tertulis SALAM AQIDAH!, dan di foto-fotonya yang berjumlah 85 juga terdapat komen-komen yang berisi do'a, ucapan selamat jalan, selamat tinggal dengan penuh rasa haru dan sedih. Terdapat kontra pada komen-komen di Instagram, disitu banyak keluar kata-kata yang tidak pantas, padahal harusnya upapan yang keluar untuk orang yang sudah meninggal adalah semua kebaikan saat masih hidup.

Kata-kata Hikmah Dari Caption Foto Instagram Almarhum Erri Yunanto Dan Teman-temannya

Kata-kata di caption foto-foto almarhum Erri memang kebanyakan kata-kata yang bagus, patut kita jadikan sebagai pelajaran, patut diambil hikmahnya:

SALAM AQIDAH!

Pengertian Aqidah
Aqidah secara bahasa berasal dari kata (  عقد) yang berarti ikatan. Secara istilah adalah keyakinan hati atas sesuatu. Kata ‘aqidah’ tersebut dapat digunakan untuk ajaran yang terdapat dalam Islam, dan dapat pula digunakan untuk ajaran lain di luar Islam. Sehingga ada istilah aqidah Islam, aqidah nasrani; ada aqidah yang benar atau lurus dan ada aqidah yang sesat atau menyimpang.
Dalam ajaran Islam, aqidah Islam (al-aqidah al-Islamiyah) merupakan keyakinan atas sesuatu yang terdapat dalam apa yang disebut dengan rukun iman, yaitu keyakinan kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta taqdir baik dan buruk. Hal ini didasarkan kepada Hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Shahabat Umar bin Khathab radiyallahu anha  yang dikenal dengan ‘Hadits Jibril’.
  • "Kelak semua akan terlihat kecil dihadapan Tuhan"
  • "Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi dan jangan takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya"
  • "Tetaplah bersahabat karena dari sahabat akan bisa menjadi saudara''
  • ''Tujuan pendaki adalah pulang sampai rumah dengan keadaan selamat dan bertemu kembali dengan orang tua kita yang menunggu di rumah, tetap melawan ambisi, nasfu dan ego''

Ucapan Selamat Jalan Untuk Eri Yunanto Yang Tak Pernah Henti


Hikmah Dari Kejadian Ini
  • Dalam melakukan apapun kita diharuskan untuk selalu berhati-hati, dan walaupun kita sudah berhati-hati tapi ada kalanya kita bisa apes, kesandung, tergelincir seperti pada kejadian almarhum Erri. Kejadian apapun yang berlaku kepada manusia seringkali bahkan sudah ditakdirkan oleh ALLAH. swt, dan apabila suatu kejadian sudah menjadi takdir-Nya kita tetap tidak bisa untuk mengelak.
  • Menurut berita dan kebenarannya bahwa di Puncak Merapi ada kawasan terlarang untuk pendakian, walau dalam kenyataanya masih banyak pendaki yang memasuki tempat itu.
  • Dinyatakan sebagai terlarang karena pasti ada alasan yang kuat bahwa tempat tersebut memang berbahaya.
  • Bagi teman-teman pendaki semoga dengan kejadian ini akan selalu mengutamakan safety first, keselamatan untuk diri karena dibalik pendakian Anda semua pasti banyak orang yang sayang, cinta sedang menunggu kepulangan anda di Rumah.
  • Sangat berharap semoga takdir dari kejadian yang menimpa almarhum Erri Yunanto di puncak garuda, puncak tusuk gigi merapi tidak akan menimpa orang lain lagi, jangan pernah terulang lagi.
  • Alam ini luas dan tidak bisa ditakhlukkan oleh manusia walau kita bisa mengarunginya tapi tetap harus melawan ambisi, ego dan nafsu.
  • Sumua yang ada di dunia ini tidak akan ada yang kekal, nyawa kita pada saat yang sudah ditetapkan oleh Allah akan dipanggil juga, dan cara Dia mengambilnya adalah berbeda-beda.
  • Jangan pernah ada yang menyalahkan kejadian ini karena semua itu sudah menjadi TAKDIR-NYA dan di belakang almarhum Erri Yunanto terdapat ribuan orang, bahkan mungkin lebih yang mendo'akan kedamaian-nya di alam sana. Ambil kejadian ini sebagai hikmah dan pelajaran untuk kita semua.

Semoga keluarga Almarhum Erri Yunanto dan teman-teman dekat yang mengenal secara real akan diberi kekuatan, ketabahan atas kepergian Erri. Selamat jalan Erri Yunanto, damai selalu di alam sana, selamat beristirahat dengan tenang.

Sumber:

Subscribe to receive free email updates: