BREAKING NEWS :
Loading...

Singapura Akan Menggunakan Drone Untuk Mengirim Paket Pos (Mail)

Singapura Akan Menggunakan Drone Untuk Mengirim Paket Pos


Singapura Akan Menggunakan Drone Untuk Mengirim Paket Pos (Mail)

Kantor pos Singapura (Singapore) atau yang dikenal sebagai SingPos yaitu penyedia layanan pos negara baru saja mengungkapkan tentang keinginannya dalam menangani beberapa pengiriman mail menggunakan robot drone.

Mereka telah menyelesaikan sebuah percobaan dalam mengirim mail (paket barang) kepada penerima dengan menggunakan drone yang dikembangkan oleh IDA (Infocomm Development Authority of Singapore) Labs yaitu organisasi di Singapura yang bertugas mengembangkan teknologi smart city.

Rinciannya uji coba tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tes atau uji coba penerbangan drone tersebut memakan waktu selama lima menit yang membawa paketan berisi muatan surat serta t-shirt dan terbang pada jarak dua kilometer.
  • Drone ini dilengkapi dengan fitur keselamatan, juga dilengkapi aplikasi prototipe yang dirancang menggunakan fitur keamanan serta verifikasi yang bisa menjamin agar surat sampai kepada penerima ke alamat yang dituju.
  • Drone atau pembawa barang paketan tersebut memiliki kapasitas untuk membawa muatan hingga setengah kilogram, bisa terbang pada ketinggian hingga 45 meter dan menempuh jarak 2,3 kilometer.
  • Fokus penerbangan tersebut adalah untuk menguji teknologi drone dan batas-batas keselamatannya.
  • Sebuah aplikasi prototipe yang sedang dikembangkan akan dapat memungkinkan pelanggan untuk memilih ketika pelanggan akan menerima dan menggunakan pengiriman paketnya melalui drone.

SingPost juga telah mengklaim dirinya sebagai layanan portal pertama di dunia yang melakukan uji coba. Terlihat bahwa sebelum SingPos resmi menggunakan layanan drone tersebut sebagai alat untuk mengirim mail atau paket, mereka telah membuat percobaan terlebih dahulu.

Alibaba yang merupakan investor di SingPost, dan Amazon adalah di antara beberapa perusahaan yang telah diujicobakan untuk mengantar barang melalui drone. Mungkin drone akan sangat membantu untuk mengirim paket ke medan yang sulit, apakan drone ini benar-benar aman?




Video tes uji coba DRONE oleh IDA Singapore

Subscribe to receive free email updates: