BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Melestarikan Budaya Di Pedesaan

Cara Melestarikan Budaya Di Pedesaan


Cara Melestarikan Budaya Di Pedesaan

Pelestarian budaya bisa dilakukan dengan cara merayakan dan mencatat warisan dari orang yang terdahulu. Hal tersebut bisa dicapai dengan cara: mengumpulkan foto-foto, cerita budaya, silsilah keluarga, atau dengan belajar dan mengajarkan lagu-lagu tradisional, cerita dan tarian tradisional untuk generasi yang baru. Jangan sampai budaya dan peradaban akan terkikis oleh budaya Barat atau kemajuan jaman.
Harusnya kemajuan teknologi turut mendukung masyarakat dalam melestarikan budaya tradisional agar tidak lenyap.
Etnografi adalah metodologi kualitatif dimana peneliti berusaha untuk memahami budaya dari sudut pandang orang yang ada atau terlibat di dalam kebudayaan, belajar tentang apa yang benar-benar ingin eksis dalam kerangka ide tertentu, adat istiadat, tabu, agama, pikiran, dan semua lembaga yang hadir bersama-sama untuk menghasilkan budaya.


Cara Melestarikan Budaya Di Pedesaan


Dalam bidang pertanian budaya akan berkelanjutan pada proses yang sepenuhnya menggunakan bahan organik, benih non-transgenik yang tidak ada input zat kimia. Praktek penyimpanan benih, memperbanyak pembibitan pohon, semua itu adalah bagian dari kehidupan untuk mengajarkan kepada  penduduk desa tentang bagaimana mempertahankan sumber yang bergizi untuk memberikan sumber pemakanan bagi komunitas mereka.

Pertumbuhan ekonomi di pedesaan merupakan akar rumput yang cepat, dan berguna untuk mengurangi kemiskinan. Bekerja dan berusaha adalah faktor yang paling penting. Pemerintah harusnya melatih warga desa dalam mengembangkan bisnis dan rencana pemasaran yang sederhana, dan mengajarkan tentang pembukuan yang juga sederhana. Dengan demikian kita akan bisa memberdayakan masyarakat, perempuan dan pemuda khususnya ke arah kemandirian.

Subscribe to receive free email updates: